Kenapa Gambar di Status WA Buram dan Solusi Mengatasinya

Tisucoding.com – Kadang ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan gambar di status WhatsApp menjadi buram. Lantas, kenapa gambar di status WA buram dan tidak seperti aslinya yang jernih? Ternyata, ada beberapa hal yang bisa mengurangi kualitasnya.

Oleh karena itu, kamu harus tahu agar story WA tetap sempurna dan gambarnya tidak buram. Seperti yang kita tahu, gambar status WA yang buram memang merusak estetika. Terlebih jika gambar tersebut berisi informasi penting. Tentu informasi yang disampaikan tidak akan jelas.

Kenapa Gambar di Status WA Buram dan Tidak Jernih?

Kenapa Gambar di Status WA Buram

Bagi yang belum tahu, ada beberapa hal yang membuat gambar di status WhatsApp jadi buram dan tidak seperti aslinya. Berikut beberapa alasannya:

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Penyebab gambar pada story WhatsApp jadi buram dan tidak jernih adalah karena koneksi internet yang kamu gunakan.

Biasanya, koneksi yang lambat atau tidak stabil membuat gambar di story WA jadi tidak jelas dan buram sehingga otomatis membuat gambar jadi tidak maksimal seperti aslinya.

2. File yang Sudah Terhapus

Hal lain yang menjadi penyebab story WhatsApp buram adalah file yang telah terhapus dari penyimpanan internal. Biasanya, gambar yang sudah terhapus atau hilang di galeri akan membuat story jadi buram.

BACA JUGA  Kenapa Status WA Saya Tidak Ada yang Melihat?

Jadi, sebelum menghapus gambar, pastikan gambarnya tidak digunakan untuk story di WhatsApp.

3. Auto Kompres

Penyebab gambar di status WA buram selanjutnya adalah adanya auto kompres dari sistem bawaan aplikasi. Pasalnya, di WhatsApp ada batas ukuran dan kualitas yang bisa dijadikan story. Jika ukuran dan gambar melebihi batas, otomatis akan langsung dikompres.

4. Versi WhatsApp

Alasan lain kenapa gambar di story WhatsApp bisa buram adalah versi aplikasi yang kamu gunakan. Biasanya, pengguna WhatsApp lama jika upload gambar akan sedikit buram sehingga mengurangi kualitas story yang dibagikan.

Cara Agar Gambar di Story WhatsApp Tidak Buram

Sekarang, kamu sudah tahu kenapa gambar di story WA buram. Bagaimana cara mengatasi gambar yang dijadikan story tidak buram? Ini rahasianya:

1. Menggunakan Aplikasi Kompres Story WhatsApp

Agar gambar tidak buram saat dijadikan story WhatsApp, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak pilihan aplikasi tambahan yang bisa dipakai di internet.

Tentu saja kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Bagi yang membutuhkan referensi, berikut adalah beberapa nama aplikasi yang bisa digunakan:

a. VN Video Editor

Aplikasi pertama agar gambar di story WA tidak buram adalah VN Video Editor. Aplikasi VN Video Editor ini bisa digunakan mengedit gambar maupun video sebelum dijadikan story WA.

Hasil edit VN Video ini nantinya bisa diatur ukurannya sesuai kebijakan aplikasi. Otomatis, gambar yang kamu jadikan story tidak akan buram lagi.

b. Panda Video Compressor

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Panda Video Compressor. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengecilkan gambar sebelum dijadikan status atau story WhatsApp sehingga gambar yang diupload tidak akan buram.

BACA JUGA  Cara Menghapus Cadangan WA di Google Drive dengan Mudah di Android

c. Kompresor Video & Gambar

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan agar gambar tidak buram ketika dijadikan story WhatsApp adalah Kompresor Video & Gambar.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengompres gambar sebelum diupload ke story sehingga gambar tidak buram saat dijadikan story WhatsApp.

2. Gunakan Instagram Story

Kenapa gambar di status WA buram adalah karena tidak adanya fitur yang mempertahankan kualitas gambar yang kamu upload. Agar tidak buram, gunakan fitur Instagram Story. Caranya, buat terlebih dahulu story di Instagram.

Selanjutnya, simpan story tersebut ke penyimpanan internal pada perangkat yang kamu pakai. Setelah disimpan, buatlah story WhatsApp memakai file yang sudah disimpan tadi. Nantinya, kualitas gambar yang kamu upload tidak akan berkurang sehingga gambarnya tidak buram.

3. Jangan Hapus File Story WhatsApp Terlebih Dahulu

Cara supaya gambar yang diupload di story WhatsApp tidak buram adalah dengan jangan menghapus file tersebut terlebih dahulu. File yang dimaksud biasanya disimpan WhatsApp di penyimpanan Telepon.

Biasanya, jika kamu menghapus gambar yang dijadikan story, story WhatsApp juga ikut hilang sehingga tampilannya hanya buram.

Sudah tahu kenapa gambar di status WA buram? Sebenarnya, gambar yang buram saat dijadikan status WA karena masalah resolusi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Oleh sebab itu, pastikan gambar yang diupload sesuai dengan resolusi yang disarankan pihak WhatsApp.