10 Kelebihan Windows 10 Dibanding Versi Sebelumnya

Kelebihan Windows 10 Sekarang banyak sekali orang yang menggunakan Windows 10. Penasara apa saja kelebihan Windows 10? Simak penjelasan berikut ini.

Tisucoding.com – Salah satu sistem operasi yang kini sedang gencar dipromosikan oleh Microsoft adalah Windows 10. Setelah sebelumnya sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 menjadi populer dan banyak digunakan, kini Microsoft meminta para pengguna setianya beralih ke Windows 10.

Hal ini dikarenakan Microsoft sudah menghentikan dukungannya terhadap Windows 7 yang artinya, Anda tetap bisa menggunakannya, namun tidak terjamin lagi dari sisi sistem keamanannya.

Namun, mengapa dinamakan Windows 10 dengan melompatkan Windows 9?

Perlu Anda ketahui, Windows memang sengaja melompatkan Windows 9 pada penamaan sistem operasinya. Kabarnya, hal ini terjadi karena Windows 10 merupakan platform jangka panjang yang komprehensif dan merurut Microsoft, nama Windows 9 tidak cocok dalam penamaan sistem operasi yang baru.

Beberapa Kelebihan Windows 10

Lantas, dengan kepopuleran ini, Windows 10 bukan tanpa kualitas. Ada sejumlah kelebihan Windows 10 yang dipuja konsumennya. Apa saja? Simak kelebihan-kelebian Windows 10 berikut ini.

1. Kompatibel

kelebihan windows 10

Terobosan paling anyar pada sistem operasi berbasis Windows ini adalah kompatibilitasnya. Segala macam aplikasi pada Windows 10 bisa dijalankan di berbagai jenis perangkat (kompatibel).

Jadi, Anda bukan hanya bisa menggunakan aplikasi pada perangkan PC saja, melainkan juga smartphone dan juga tablet. Luar biasa sekali, para pengembang harus membuat aplikasi dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

2. Dukungan Voice, Pen, dan Gesture

fitur dukungan windows 10

Dengan menggunakan Windows 10, Anda akan dengan mudah melakukan interaksi yang lebih alami dibandingkan dnegan versi Window yang sebelum-sebelumnya.

Hal ini karena Windows 10 memiliki fitur dukungan voice, pen, dan gesture. Fitur ini sekaligus menandakan keunggulannya pada Windows versi sebelumnya.

3. Upgrade Gratis

Upgrade Gratis Windows 10

Kata gratis memang menjadi penyemangat dan kegembiraan sendiri bagi yang mendengarnya. Ya, sistem operasi Windows 10 juga menghadirkan kemampuan upgrade yang tidak memakan biaya apapun alias gratis.

Fitur upgrade gratis ini bisa dinikmati para pengguna Windows 7 dan Windows 8 dengan catatan, sistem operasi tersebut didapat secara legal atau versi asli dan berlisensi.

Jika Anda menggunakan Windows 7 dan Windows 8 bajakan, maka sudah dapat dipastikan, fitur ini tidak bisa digunakan.

Cara upgrade ke Windows yang lebih tinggi yang harus dilakukan juga cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu masuk ke halaman berjudul Windows 10 free upgrade. Kemudian, pilih tombol upgrade dan pastikan And sudah mentaati persyaratan yang berlaku.

Selanjutnya, Anda tinggal memilih tombol upgrade dan ikuti langkah demi langkah yang tertera pada layar komputer dan laptop Anda. Cara upgrade ini bisa diikuti dengan mudah.

4. Tombol Start Menu

tombol start menu

Pada OS Windows 8, ciri khas yang paling nyata adalah ditiadakannya tombol Start menu, sehingga cukup banyak pengguna Windows 7 kebingungan akan pengoprerasian Windows 8.

Alhasil, pada sistem operasi update di Windows 10, masalah ini diatasi dengan kembalinya tombol start menu ke posisi yang sebelumnya.

Meski start menu pada Windows kembali pada posisi semula, namun Anda tetap bisa merasakan sensasi Windows 8 pada PC Anda. Jadi, Anda bisa merasakan elegannya tampilan Windows 8 dengan kemudahan penggunaan pada Windows 7. Asik, kan!

5. Fitur Cortana

Fitur Cortana pada WIndows 10

Kini zamannya gadget memiliki virtual assistant, tentu Windows 10 juga tidak ketinggalan menghadirkannya untuk para pengguna setianya.

Sebuah asisten digital dihadirkan Windows 10 dengan nama Cortana (Cortana asisten digital personal windows). Fitur Cortana tidak hanya bisa memberi balasan suara saja, melainkan juga bisa memberi perntah dan pertanyaan.

Cortana juga bekerja selayaknya asisten pribadi, sehingga ia mampu berfungsi menjadi pengingat waktu maupun tempat, bahkan manusia.

Fitur asisten Cortana juga bisa menjadi pelacak jadwal penerbangan, mengirim email, mengirim pesan melalui berbagai platform digital, mencari file dan segala informasi yang kita butuhkan, hingga membukakan aplikasi yang Anda butuhkan. Semuanya, berdasarkan perintah Anda.

6. Hadirnya Windows Store Terbaru

windows store terbaru

Pada Windows 10, Anda bisa menikmati satu fitur bawaan yang cukup menarik, yaitu hadirnya Wndoes Store terbaru.

Anda sebagai pengguna tentu sudha paham, bahwa fitur ini berfungsi untuk berbelanda berbagai macam kebutuhan Windows 10, seperti aplikasi, game, film, musik, dan masih banyak lagi.

Jadi, fungsinya sama dengan Google Play Store pada perangkat Android atau App Store pada pernagkat Apple. Ini bisa dilakukan di PC, tablet, maupun smartphone.

7. Teknologi Virtual Desktop

teknologi virtual desktop

Fitur yang satu ini sangat menarik perhatian, karena belum ada di semua sistem operasi dan baru diterapkan oleh Windows 10. Teknologi tersebut adalah virtual desktop.

Dengan menggunakan teknologi virtual desktop, Anda bisa membuat layar desktop lebih dari satu layar guna keperluan yang berbeda-beda.

Para pengguna bisa menggabungkan jendela yang sejenis dengan jendela lainnya pada layar desktop lainnya, sehingga Anda bisa mengatur isi dari tiap layar desktop.

Tentu ini akan memudahkan Anda berpindah layar guna kepentingan yang berbeda. Fungsi fitur ini sangat berguna pada Anda yang memerlukan pencarian file atau folder dengan cepat dan akurat.

8. Hadirnya Microsoft Edge

Microsoft Edge

Salah satu keunggulan windows 10 lainnya terletak pada browser. Internet explorer yang merupakan web browser standard paling legenda dari Microsoft, sudah tidak dihadirkan lagi pada sistem operasi Windows 10.

Hadirnya Microsoft Edge adalah pengganti yang cukup membuat sumringah.

Sebab, web browser terbaru buatan Microsoft ini bisa digunakan juga pada semua pernagkat dengan sistem operasi Windows 10.

Kabar baiknya lagi, Microsoft Edge digadang-gadang akan menjadi web browser yang tercepat dan ringan, namun dengan tampilan browser yang standard, seperti web browser lainnya.

Microsoft Edge juga menghadirkan sejumlah fitur menarik, seperti fitur anotasi yang sangat memudahkan pengguna, mode membaca, hingga kemampuannya berintegrasi dengan Cortana.

9. Fitur Continuum

Fitur Continuum pada Windows 10

Fitur lainnya yang tak kalah menarik pada Windows 10 adalah fitur continuum yang merupakan fitur untuk menjadikan smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows 10 terasa seperti laptop atau PC. Fitur unggulan yang satu ini juga jarang dimiliki oleh berbagai sistem operasi lainnya.

Cara menggunakannya adalah dengan menyambungkan layar eksternal, mouse, dan keyboard dengan smartphone yang sering Anda gunakan.

Setelah itu, Anda bisa langsung menikmati fitur Windows ini. Namun, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin memiliki fitur ini yang berkaitan dengan spesifikasi smartphone.

Spek minimal smartphone harus memiliki layar dengan resolusi 720p, RAM 2 GB, internal storage 8 GB, Bluetooth 4.0, dan Wifi 802. 11n.

10. Adanya Xbox

adanya windows Xbox

Para pengguna Windows 10 yang merupakan game maniac tentu akan sangat senang dengan fitur game mode yang satu ini.

Ini bukanlah kali pertama Microsoft mencoba mengintegrasikan antara Xbox dengan Windows. Microsoft pernah mencobanya pada Games for Windows Live di tahun 2007 silam.

Namun, nampaknya integrasi Windows 10 dengan adanya Xbox kali ini lebih baik dibandingkan dengan percobaan sebelumnya. Dengan ini Anda dapat bermain game sepuasnya.

Bahkan, ada sejumlah fitur menarik pada hadirnya Xbox kali ini, seperti fitur pereka layar all-in, streaming XBox ke PC, aplikasi built in, Office Mobile dan sebegainya.

Itulah 10 kelebihan windows 10 yang menjadikannya sebagai pilihan tetap oleh para pengguna PC atau laptop. Kita tunggu saja apakah sistem operasi ini akan memberikan tambahan fitur pada update Windows selanjutnya!

Dan untuk pembahasan kelemahan atau kekurangan Windows 10 akan diulas lain kali.

Artikel Lainnya:

Leave a Comment