Kelebihan dan Kekurangan Google Drive Lengkap

Ada berbagai macam cloud server yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data. Salah satunya adalah Google Drive yang menyediakan kapasitas penyimpanan gratis. Sebelum menggunakannya, sebaiknya kenali kelebihan dan kekurangan Google Drive terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu, layanan penyimpanan cloud semakin bermunculan. Namun, hal ini belum menyingkirkan Google Drive sebagai salah satu yang terpopuler. Platform ini banyak disukai karena mudah digunakan dan tersedia di berbagai tipe HP.

Kelebihan Google Drive

Sebagai salah satu produk Google, kualitas media penyimpanan cloud ini tentu tidak perlu diragukan.

Banyak yang memanfaatkannya untuk menyimpan data seperti foto, video, lagu, dokumen, dan sebagainya. Lalu, apa saja kelebihan dari Google Drive yang sebaiknya diketahui?

1. Sinkronisasi Cepat dan Mudah

Jika ingin mencoba Google Drive, kamu tidak akan dipusingkan dengan pembuatan akun. Bagaimana tidak, pengguna cukup mensinkronisasikannya dengan akun Google.

Proses ini mudah dan cepat karena akun Gmail akan terhubung langsung dengan platform penyimpanan cloud tersebut.

2. Support Berbagai Macam Format

Kelebihan Google Drive berikutnya yaitu dapat menyimpan file banyak format. Jadi, kamu bisa menyimpan foto, video, dokumen dengan format yang tidak biasa sekalipun. Bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan cloud server ini untuk menyimpan script coding.

BACA JUGA  6 Cara Membuat Tulisan Bio Instagram Keren di HP Android

3. Memiliki Fungsi Sebagai Hosting Website

Google Drive memiliki keunggulan spesial karena dapat dipakai sebagai hosting website.

Perlu diingat bahwa kebanyakan cloud computing berbayar, bahkan banyak yang cukup mahal. Sementara itu, produk Google ini menyediakannya secara gratis sehingga banyak dimanfaatkan web developer.

4. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Bagi yang sudah beberapa kali mencoba cloud server, pasti akan paham mengenai kelebihan dan kekurangan Google Drive satu ini. Kapasitas penyimpanan yang bisa digunakan secara gratis mencapai 15GB per akun.

Jumlah tersebut terhitung lebih besar dibanding cloud server populer lain. Contoh Dropbox hanya menyediakan kapasitas 2GB dan Microsoft OneDrive 7GB per akun.

5. Sharing File dengan Mudah dan Fleksibel

Salah satu yang membuat Google Drive banyak digunakan pekerja maupun pendidik adalah proses sharing file mudah dilakukan.

Cukup kirimkan tautan atau undang orang-orang terkait sehingga bisa mengedit file yang ditentukan.

6. Pencadangan Data secara Otomatis

Proses backup data dengan Google Drive dikenal bisa dilakukan secara otomatis. Tidak sedikit yang ‘mengamankan’ berbagai macam file di platform yang satu ini. Bahkan kamu juga bisa mengatur foto yang diambil bisa tersimpan langsung di Google Drive.

7. Backup dan Pemulihan Data WhatsApp

Pengguna Android banyak yang membackup data WA ke Google Drive. Hal ini akan sangat memudahkan ketika hendak ganti HP atau install ulang WA. Kamu bisa melakukannya di menu Pengaturan WA lalu pilih chat lalu backup chat.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga bisa diatur agar bisa melakukan backup otomatis dengan periode yang bisa ditentukan sendiri.

Proses pemulihan data juga mudah dilakukan sehingga kamu tidak akan kehilangan riwayat chatting, panggilan, kontak WA, dan sebagainya.

BACA JUGA  Penyebab Kenapa Google Drive Tidak Bisa Diakses dan Cara Mengatasinya

8. Bisa Membuka dan Mengedit File

Kelebihan Google Drive yang satu ini memang tidak terbantahkan karena sangat bermanfaat. Tidak hanya menyimpan, kamu juga bisa membuka dan mengedit file di dalamnya langsung di platform tersebut.

9. Keamanan Terjamin

Mengingat Google Drive sendiri merupakan salah satu produk Google, maka tingkat keamanannya tidak perlu dipertanyakan.

Saat sharing dokumen melalui platform ini, kamu bisa mengatur agar penerimanya bisa mengedit atau sekedar melihatnya saja.

Kekurangan Google Drive

Kelebihan dan kekurangan Google Drive

Sebelum menggunakannya untuk menyimpan data pribadi, memang penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Drive. Hal tersebut menjadi pertimbangan sebelum menyimpan data pribadi di cloud server ini.

1. Sangat Tergantung dengan Koneksi Internet

Platform penyimpanan ini menggunakan sistem cloud sehingga untuk mengaksesnya perlu koneksi internet yang baik.

Oleh karena itu, kamu tidak bisa membuka, membagikan, maupun mengupload file ke Google Drive tanpa internet di HP.

2. Pencadangan Data di Desktop Belum Maksimal

Pada dasarnya, akses offline pada Google Drive bisa dilakukan melalui PC/laptop. Namun, aktivitas ini sangat terbatas, yaitu pada proses backup foto dan video saja. Sedangkan untuk format file lainnya belum mendukung diakses secara offline.

3. Proses Backup di HP Berlangsung Cukup Lama

Jika ingin membackup berbagai macam file di HP, maka proses loadingnya cukup lama di Google Drive. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mencadangkan semuanya sekaligus sehingga bisa dicicil sebagian terlebih dahulu.

Sebagai cloud server populer, penting bagi penggunanya memahami kelebihan dan kekurangan Google Drive. Namun dibalik kelemahannya, terdapat banyak kelebihan yang ditawarkan sehingga terbilang worth it digunakan saat ini.