Kapan Google Drive Tanggal Diluncurkan dan Kelebihannya  

Kapan Google Drive tanggal diluncurkan untuk pertama kali? Google Drive diluncurkan di awal dekade 2010-an. Google Drive sendiri merupakan layanan sinkronisasi dan penyimpanan file yang dikembangkan oleh Google. Melalui Google Drive kamu bisa membackup file di HP, PC, dan bahkan backup chat WA.

Google Drive (GD) termasuk media penyimpanan online berbasis cloud yang populer digunakan. Untuk ukuran file storage gratis, kapasitas penyimpanan yang disediakan cukup besar, yaitu 15 GB.

Karena kompatibilitas dan integrasinya dengan beragam produk Google lain, GD semakin banyak digunakan.

Kapan Google Drive Tanggal Diluncurkan?

Google Drive diluncurkan untuk pertama kali pada 21 April 2012. File Storage dari Google ini kini sudah berumur kurang lebih 10 tahun.

Sampai saat ini, Google Drive tersedia di Windows, MacOS, Android, dan dalam bentuk website. Para pengguna iOS bisa menggunakan aplikasi Google Drive pada Juni 2012.

Google Drive gratis akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Cara beli storage Google Drive bisa dilakukan melalui Google One dimana kamu bisa mendapatkan kapasitas sampai 2 TB. Selain bekerja sebagai media penyimpanan file, GD juga dilengkapi dengan fitur backup dan produktivitas.

Fitur Utama Google Drive

Kapan Google Drive Tanggal Diluncurkan

Fitur utama Google Drive tentu saja adalah media penyimpanan. Kamu bisa menyimpan banyak konten di sana. Konten yang disimpan bisa dibuka dan dikelola sesuai keinginan.

Kamu bisa menyortir konten, membuat daftar-daftar, dan melakukan manajemen seperti yang kamu lakukan di Windows Explorer.

BACA JUGA  3 Cara Mengunci Google Drive untuk Meningkatkan Keamanan Data  

Google Drive juga bisa diandalkan sebagai media backup dan sinkronisasi antar perangkat. Fitur dokumen dan produktivitas tersedia dan bisa digunakan dengan gratis.

Fitur lain yang ada di Google Drive adalah penyimpanan konten website, konversi dokumen, berbagi dokumen, membuat survei, acara RSVP, dll.

Kelebihan Menggunakan Google Drive

Setelah mengetahui kapan Google Drive tanggal diluncurkan dan fitur utamanya, saatnya kamu mengetahui kelebihan-kelebihan GD.

Kelebihan Google Drive membuat file storage tersebut banyak digunakan saat ini. Google Drive adalah salah satu file storage berbasis cloud terbaik yang ada saat ini.

Versi gratis dari Google Drive sudah menyediakan fitur yang berkualitas. Berikut adalah beragam kelebihan dan keunggulan yang membuat Google Drive banyak diandalkan:

1. UI yang Mudah

Google Drive menawarkan User Interface (UI) yang mudah untuk dikuasai. Tidak akan butuh waktu lama untukmu mengetahui dan mahir melakukan pembuatan dokumen, berbagi file di sana, membuka dan menghapus file, mendownload serta mengupload file. Semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah.

2. Simpan Banyak Dokumen

Google Drive mendukung penyimpanan beragam dokumen. Artinya, kamu bisa menyimpan video, dokumen PDF, dokumen presentasi, foto, dan lagu.

Kamu juga bisa menyimpan Gmail attachment sampai menyimpan chat WhatsApp. Selama kapasitas masih lega maka file apapun bisa disimpan di sana.

3. Multi Perangkat

Google Drive termasuk file storage yang hadir hampir di semua perangkat masa kini. Kamu bisa membuka Google Drive di PC atau laptop dengan aplikasinya atau website-nya.

Kamu juga bisa membuka Google Drive di perangkat Android dan iOS. Adanya dukungan multi perangkat ini akan memberi banyak manfaat.

4. Kompatibel dengan Ms. Office

Kamu bisa membuka dokumen Ms. Office di GD. Dokumen Excel, Word, dan Power Point bisa digunakan di sana untuk kemudian kamu edit.

BACA JUGA  Inilah Beberapa Cara Membuka Situs yang Diblokir Kominfo

Hal ini akan memberi manfaat jika dokumen yang disiapkan untuk presentasi atau tugas masih kurang sempurna dan diperlukan pengeditan tetapi Ms. Office tidak tersedia.

5. Tersedia Aplikasi dan Template

Para pengguna GD bisa mencoba beragam aplikasi dan template yang kompatibel dengan aplikasi tersebut.

Google Docs, Sliders, dan Sheets sudah dimuat dengan beragam template profesional. Kamu bahkan bisa menggunakan alat bernama Google Forms yang bisa digunakan untuk membuat survei.

6. Enkripsi SSL

GD diproteksi oleh enkripsi SSL yang digunakan oleh beragam produk Google, termasuk Gmail. Adanya enkripsi tersebut memberi perlindungan ekstra pada penyimpanan konten di sana.

Di sektor keamanan, GD masih ada kekurangan, tetapi adanya enkripsi ini membuktikan jika GD sudah layak digunakan.

Kapan Google Drive tanggal diluncurkan dan kelebihannya sudah diketahui. Umur GD yang sudah mencapai 10 tahun cukup membuat file storage ini matang.

Fitur dan layanan yang disediakan semakin baik. GD termasuk file storage berbasis cloud yang sederhana untuk digunakan dan termasuk murah.