Jenis VGA Card dan Spesifikasinya Berdasarkan Fisik, Slot, dan Memori

Kartu VGA (Video Graphic Accelerator) adalah komponen pada komputer yang  berperan mengolah grafis dan memberi output visual di layar dari program di sistem operasi.

VGA card diandalkan untuk bermain game dan mengedit video, animasi, serta gambar. Jenis VGA card dan spesifikasinya cukup banyak.

Beberapa merek kartu VGA terkenal adalah ASUS, Gigabyte, Zotac, dan MSI. VGA card dapat dibedakan berdasarkan macam-macam, diantaranya berdasarkan bentuk fisiknya, berdasarkan slot motherboard, dan berdasarkan memorinya.

Perbedaan tersebut bisa berdampak pada perbedaan performa dan kualitas.

Jenis VGA Card dan Spesifikasinya

Jenis VGA Card dan Spesifikasinya

 

Berikut adalah beragam kartu VGA berdasarkan beragam kategori.

1. Berdasarkan Fisik

Berdasarkan fisiknya, VGA card bisa dibagi ke dalam dua jenis, yaitu VGA card onboard dan VGA card offboard.

  • VGA Card Onboard

VGA card onboard adalah VGA yang ditanam atau dipasang di motherboard dan merupakan VGA bawaan. VGA card onboard memiliki kualitas yang standar dan biasa saja.

Kartu VGA onboard ini memang tidak dilengkapi dengan kapabilitas tinggi dimana pekerjaan office dan game ringan bisa dikerjakan dengan baik.

  • VGA Card Offboard

VGA card offboard adalah VGA yang terpisah dari motherboard dan bisa kamu temukan dengan mudah dan bebas di beragam toko komputer.

Jenis VGA ini merupakan VGA yang populer dan bisa dibongkar pasang di komputer sesuai keinginan. Kualitas dari VGA card offboard lebih baik dari VGA card onboard.

2. Berdasarkan Slot

Jenis jenis VGA card berdasarkan slot adalah VGA card ISA, VGA card EISA, VGA card PCI, VGA card AGP, dan VGA card PCIe.

  • VGA Card ISA
BACA JUGA  Harga Printer Epson L3110

ISA (Industry Standard Architecture) adalah slot dengan sistem I/O 8 bit dan 16 bit. Jenis VGA card ISA merupakan jenis VGA yang tidak asing untuk digunakan.

VGA card ISA memang memiliki kecepatan yang bisa dikatakan sangat lambat. Selain itu, kehalusan gambar dan kombinasi warnanya juga terbatas.

  • VGA Card EISA

EISA (Extended Industry Standard Architecture) adalah slot yang umumnya digunakan pada sistem I/O 32 bit. Sama seperti VGA card jenis ISA, jenis VGA ini sudah tidak lagi dipergunakan.

Alasannya pun tidak jauh berbeda, yaitu VGA card EISA memiliki banyak keterbatasan yang sama dengan VGA card ISA.

  • VGA Card PCI

PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah slot yang digunakan pada sistem I/O 32 bit dan 64 bit. VGA PCI masih terlihat digunakan meskipun terbilang sudah jarang.

Keterbatasan adalah alasan kenapa VGA jenis ini tidak digunakan. Slot PCI memiliki tanda bagian depan memiliki lekukan dan pin lurus vertikal.

  • VGA Card AGP

AGP (Accelerated Graphics Port) adalah slot yang digunakan pada sistem I/O 128 bit dan 256 bit. Terdapat beberapa voltase pada kartu VGA jenis AGP.

Beberapa jenis voltase tersebut adalah AGP 1x dan AGP 2x (3,3 volt), AGP 4x dan AGP 8x (1,5 volt). Selain itu, ada juga AGP Universal dan AGP Pro Universal.

  • VGA Card PCIe

PCIEe (Peripheral Component Interconnect Express) adalah slot yang digunakan pada rangkaian sistem I/O dengan kecepatan transfer mencapai 32 GB/s.

Beberapa slot VGA PCIe yang beredar adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x. VGA card PCIe ini merupakan jenis VGA yang umum ditemukan saat ini.

3. Berdasarkan RAM

Jenis VGA Card dan spesifikasinya bisa dibedakan berdasarkan RAM. Berdasarkan RAM, jenis-jenis VGA card adalah VGA DRAM, VGA EDO RAM, VGA VRAM, dab VGA SGRAM.

  • VGA DRAM
BACA JUGA  Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip dengan Mudah

VGA DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis kartu VGA yang memiliki kecepatan 70-80 ns. DRAM adalah memori yang banyak digunakan untuk kartu VGA dengan ukuran 8, 16, dan 32 bit.

Pemakaian DRAM ditujukan untuk komputer dengan spek kelas entry level yang tidak memerlukan kecepatan yang tinggi.

  • VGA EDO RAM

VGA dengan jenis EDO RAM memiliki kecepatan 60-35 ns. Mayoritas kartu VGA dengan EDO RAM dipakai pada kartu grafis yang berukuran 64 bit.

VGA sebut juga digunakan pada kecepatan 60 MHz seperti kartu VGA merk Winfast S280/S600, ATI Mach64, dan Diamond Stealth.

  • VGA VRAM

VGA VRAM memiliki kecepatan 20-10 ns. Harga dari VGA dengan VRAM ini bisa dikatakan lebih mahal dengan VGA DRAM.

VGA ini umumnya digunakan untuk komputer desain grafis dan game. Beberapa merek dan model dari VGA VRAM adalah Stealth 3000 3D, Stealth 64, dan Diamond Fire GL.

  • SGRAM

Memori SGRAM (Synchronous Graphic RAM) memiliki kecepatan kurang dari 10 ns. Mayoritas kartu VGA dengan SGRAM dipakai pada kartu grafis kelas tinggi dengan kemampuan akselerator 3D, sperti Diamond Viper Stealth II S220, ASUS 3D Esplorer, ATI Rage II 3D Pro, dan Mystique 3D.

Itulah jenis VGA Card dan spesifikasinya yang cukup beragam dan dapat dibedakan berdasarkan beragam kategori.

Dari kategorinya saja, VGA sudah bisa dibedakan ke dalam banyak jenis, apalagi dari model dan mereknya. Kemampuan dan kapabilitas kartu VGA semakin hari semakin baik dan kuat.