Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

10 Jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya

4 min read

jenis jenis keyboard
Selama ini pasti kamu hanya tahu keyboard Qwerty. Padahal keyboard memiliki banyak jenis berdasarkan bentuk ataupun port. Berikut adalah jenis-jenis keyboard yang dibahas secara lengkap.

Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat keras sebagai alat input yang tentunya tidak asing di era digital seperti sekarang. Mungkin bagi orang awam, keyboard yang biasa digunakan hanya ada satu jenis. Namun, sebenarnya ada banyak jenis-jenis keyboard yang dibedakan berdasarkan tata letak huruf dan berdasarkan konektornya.

Jenis-Jenis Keyboard Komputer Beserta Gambarnya

A. Jenis Keyboard Berdasarkan Tata Letak

1. Qwerty

Jenis jenis keyboard
gambar keyboard qwerty

QWERTY Keyboard merupakan jenis keyboard yang dibuat oleh Sholes. Awalnya, keyboard ini memiliki urutan huruf yang berbeda dari QWERTY keyboard yang sekarang.

Sholes merasa bingung pada awal pemakaian keyboard ini karena selalu salah dalam pengetikan. Kesalahan tersebut disebabkan karena letak tuts yang sangat berdekatan.

Akhirnya, Sholes membongkarnya kembali dan mengacak letak hurufnya hingga menemukan susunan huruf pada QWERTY keyboard seperti sekarang.

Keyboard jenis ini mulai digunakan secara umum pada tahun 1874 setelah dilakukan perbaikan dari teknik gerak hingga deretan tuts-nya.

2. Dvorak

Keyboard Dvorak
gambar keyboard dvorak

Dvorak Keyboard merupakan papan ketik yang pertama kali ditemukan dan dipatenkan oleh William Dealey dan August Dvorak, yang juga seorang professor dan psikolog pendidik di University of Washington, Seattle.

Walau gagal menggantikan tata letak keyboard QWERTY, tata letak Dvorak yang dipatenkan pada tahun 1936 ini didukung oleh semua sistem operasi besar seperti Mac OS X, Microsoft Windows, Linux dan BSD dengan menyertakan akses bagi pengguna papan ketik dengan tata letak ini di samping tata letak QWERTY.

Keyboard yang lebih efisien 10 hingga 15 persen dibanding keyboard QWERTY ini lebih banyak membebankan tangan kanan dibanding tangan kiri.

Karena hal tersebut, banyak Programmer yang menggunakan keyboard jenis Dvorak. Tapi, sayangnya pengguna keyboard Dvorak masih sedikit dan umumnya berasal dari Amerika.

3. Maltron

Keyboard Maltron
gambar keyboard maltron

Keyboard Maltron adalah jenis keyboard dari segi bentuknya berbeda dari jenis jenis keyboard pada umumnya. Tidak seperti jenis keyboard lain yang tampilannya datar, keyboard Maltron justru dibuat agak cekung ke dalam.

Produsen Maltron mengklaim bahwa keyboard tersebut dapat menjamin kenyamanan jari tangan saat mengetik dan tidak akan menyebabkan Repetitive Stress Injuries (RSI). Produsen Maltron juga menyebutkan bahwa keyboard ini dapat meningkatkan kecepaatan mengetik.

4. Klockenberg

Keyboard Klockenberg
gambar keyboard klockenberg

Keyboard KLOCKENBERG merupakan papan ketik yang dibuat untuk menyempurnakan jenis keyboard sebelumnya dengan cara memisahkan keyboard menjadi dua bagian: bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta miring ke bawah.

Keyboard KLOCKENBERG dilengkapi tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja. Tujuannya adalah agar terasa lebih nyaman saat digunakan.

Keyboard jenis ini dirancang untuk mengurangi beban otot pada bahu dan tangan. Sayangnya, terpisahnya bagian kiri dan kanan membuat keyboard ini lebih banyak memakan ruang.

5. Alphabetic

Jenis keyboard Alphabetic
gambar keyboard alphabetic

Keyboard alphabetik adalah satu dari jenis jenis keyboard yang memberikan  manfaat bagi anak-anak. Tata letak keyboard ini sesuai dengan namanya, yaitu berurutan seperti huruf alphabet.

Namun, keyboard ini tidak dapat menyaingi keyboard QWERTY dan biasanya hanya terdapat pada mainan anak-anak sebagai bahan belajar.

Walau tata letak keyboard ini justru memperlambat kecepatan pengetikan, tata letaknya cukup membantu tangan pengguna yang tidak terlalu banyak mengandalkan keyboard untuk mengetik.

6. Chord

Keyboard Chord
gambar keyboard chrod

Tidak seperti jenis jenis keyboard lainnya, keyboard Chord hanya memiliki beberapa tombol, yaitu antara 4 sampai 5 tombol. Keyboard ini dapat digunakan dengan cara menekan beberapa tombol sekaligus untuk memasukkan huruf.

Hal ini menyebabkan papan ketik ini kurang populer karena cenderung menimbulkan kelelahan pada tangan dan menuntut pengguna untuk mengetahui kombinasi tombolnya.

6. Numeric

Keyboard Numeric
gambar keyboard numeric

Sama seperti namanya, keyboard numeric merupakan keyboard yang terdiri dari angka dan arrow key. Keyboard jenis ini sangat digemari untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar. Hal ini bukan tanpa alasan, tetapi karena tata letak tombol-tombolnya yang dapat dijangkau dengan mudah.

Keyboard numerik juga dapat ditemukan pada bagian kanan keyboard yang biasa digunakan. Keyboard ini akan berfungsi sebagai angka jika indikator num lock menyala. Namun, jika indikator num lock mati, maka keyboard ini berfungsi sebagai arrow key.

B. Jenis Keyboard Berdasarkan Konektor

1. Keyboard Serial

Berdasarkan Konektor
gambar keyboard serial

Keyboard serial adalah jenis keyboard yang menggunakan DIN 5 Male, yaitu port serial yang memiliki 5 jarum. Jarum tersebut berfungsi untuk menghubungkan keyboard dengan komputer. Port pada keyboard ini memiliki ukuran yang besar dengan kabel yang cukup tebal.

Jenis keyboard ini sudah jarang sekali digunakan dan biasanya digunakan untuk komputer tipe AT. Jenis konektor pada keyboard ini adalah konektor serial sehingga keyboard ini harus dimasukkan ke port serial agar dapat terhubung dengan komputer.

Kelebihan keyboard serial adalah socketnya tidak mudah lepas karena menggunakan port serial yang memiliki jarum. Namun, kekurangannya adalah keyboard ini termasuk model lama yang bentuknya besar dan tombolnya agak keras.

2. Keyboard USB

port USB
gambar keyboard usb

Jenis jenis keyboard konektor salah satunya adalah keyboard USB. Keyboard jenis ini menggunakan port Universal Serial Bus (USB) sebagai konektor untuk menghubungkannya dengan komputer.

Jenis keyboard USB sudah banyak digunakan karena pemasangannya yang sangat mudah dibanding keyboard jenis lain dan konektornya yang menjamin transfer data lebih cepat.

Kelebihan keyboard USB adalah tombolnya yang lebih empuk, tetapi kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal.

3. Keyboard PS/2

port ps2
gambar keyboard ps2

Keyboard PS/2 adalah satu dari jenis-jenis keyboard yang menggunakan port PS/2 untuk terhubung ke komputer. Keyboard jenis ini biasanya digunakan pada komputer ATX dan masih sering digunakan pada komputer hingga sekarang. Port keyboard PS/2 biasanya berwarna ungu.

Keyboard tipe ini harus dipasang pada motherboard dan proses pemasangannya harus dilakukan dengan cermat karena port-nya sama dengan port untuk mouse. Port berwarna ungu adalah untuk keyboard, sedangkan port berwarna hijau adalah untuk mouse.

Kelebihan keyboard jenis ini adalah bentuknya yang ringan dan ramping sehingga keyboard PS/2 menjadi keyboard yang paling banyak digunakan. Kekurangan keyboard ini adalah susunan tombolnya yang dapat dilepas dan dipindah.

4. Keyboard Wireless

keyboard terbaik saat ini
gambar keyboard wireless

Sama seperti namanya, keyboard wireless adalah keyboard yang tidak menggunakan kabel untuk menghubungkannya dengan komputer. Koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah wifi, infra red dan bluetooth.

Agar keyboard wireless dapat terhubung dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Biasanya, unit pemancar terdapat pada keyboard dan unit penerima dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Kelebihan keyboard wireless adalah lebih mudah untuk digunakan karena tidak menggunakan kabel. Karena hal itu keyboard gaming juga banyak yang menggunakan keyboard wireless karena keyboard jenis ini dianggap praktis, tidak perlu repot menggunakan kabel.

Memang keyboard wireless ini masih menjadi favorit pengguna komputer walau harganya lebih mahal.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis jenis keyboard dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan tata letak dan konektornya.

Jenis keyboard berdasarkan tata letak terdiri dari keyboard QWERTY, Dvorak, KLOCKENBERG, Alphabet, Numeric, Maltron, dan Chord. Berdasarkan konektornya, keyboard dibedakan menjadi keyboard PS/2, serial, wireless, dan USB.

Artikel Terkait

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *