Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Jenis-jenis Hardware Komputer: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

5 min read

jenis jenis hardware
Mengenal jenis-jenis hardware pada komputer yang dapat membantu Anda menambah wawasan jika ingin merakit PC sendiri di rumah.

Jenis-jenis Hardware – Dalam perangkat elektronik seperti komputer, dikenal dua jenis perangkat, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras atau yang lebih dikenal dengan nama hardware merupakan suatu perangkat yang berbentuk fisik, kebalikan dari software yang tidak berwujud fisik.

Hardware memiliki banyak macam sehingga informasi terkait jenis-jenis hardware sangat dibutuhkan.

Macam-macam Hardware Komputer

Secara umum, hardware dibagi menjadi 3 (tiga) jenis: input device, process device dan output device. Ketiga jenis hardware tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

  • Input Device

Input device atau perangkat keras input merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data pada memori komputer. Hardware yang termasuk dalam kelompok input device adalah keyboard. Sebagai input device yang utama pada suatu komputer, keyboard di dukung oleh perangkat lainnya yaitu mouse dan scanner.

  • Process Device

Process device adalah perangkat keras atau hardware yang fungsinya untuk memproses atau mengolah data. Selain itu, hardware ini juga bertugas mengeksekusi atau menjalankan perintah jika ada data yang dimasukkan. Komponen utama dari hardware ini adalah Central Processing Unit (CPU), sound card atau kartu suara, motherboard dan VGA.

  • Output Device

Sama seperti namanya, output device atau perangkat keras output adalah hardware yang berfungsi sebagai penampil data dan mengeluarkannya sehingga dapat diakses oleh pengguna komputer. Perangkat utama dari perangkat keras output adalah monitor dan speaker, sedangkan perangkat pendukungnya adalah proyektor, printer dan lain-lain.

Selain ketiga jenis hardware yang telah disebutkan, ada juga hardware yang disebut perangkat keras kelistrikan untuk mengontrol tegangan pada komputer, dan perangkat keras untuk penyimpanan untuk menyimpan data pada komputer.

Contoh Hardware dan Fungsinya

Jika pengelompokkan terhadap jenis jenis hardware di atas dibedakan berdasarkan fungsinya, maka di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang beberapa contoh hardware yang sering dijumpai pada komputer.

1. Processor atau CPU (Central Processing Unit)

CPU Processor
idgesg.net

Central Processing Unit atau CPU dapat diibaratkan sebagai otak dari komputer. Hal ini bukan tanpa alasan, tetapi karena perangkat keras atau hardware yang satu ini mengendalikan seluruh proses yang berlangsung pada sebuah komputer.

Karena itulah kualitas komputer sangat dipengaruhi oleh CPU. Semakin bagus CPU yang digunakan, akan semakin baik performa komputer. Contoh dari Processor misalnya seperti Intel, Amd, ARM dan Cyrix.

2. Motherboard

Motherboard perangkat keras
76.my

Jika CPU adalah otak dari komputer, maka lain lagi dengan motherboard. Sama seperti namanya, hardware ini berbentuk papan sirkuit yang menjadi pangkal dari hardware sebuah komputer. Artinya, pada motherboard atau papan sirkuit inilah semua hardware yang ada pada suatu komputer terkoneksi.

Tanpa motherboard, seluruh hardware pada komputer tak akan bisa digunakan. Motherboard dibekali dengan chip Basic Input Output System (BIOS) untuk mendukung kinerjanya.

3. Power supply

Jenis perangkat keras
indoworx.com

Setiap perangkat komputer membutuhkan pasokan energi listrik. Karena itulah power supply sangat dibutuhkan. Perangkat keras kelistrikan ini berfungsi untuk mengelola sistem kelistrikan pada perangkat keras komputer yang lain. Tugas power supply adalah untuk menstabilkan  daya listrik atau tegangan pada komputer.

Umumnya setiap komputer dikoneksikan dengan stabilizervoltage atau stavolt yang berfungsi untuk menstabilkan daya listrik sebelum dikelola oleh power supply.

Namun, Anda juga dapat menambahkan perangkat keras kelistrikan lain seperti Uninterruptable Power Supply (UPS) untuk backup daya listrik saat mati listrik.

UPS sangat disarankan untuk dipasang agar komputer tidak mati tiba-tiba saat aliran listriknya mati karena mati listrik. Pemasangan perangkat ini juga dapat mencegah kerusakan pada perangkat keras komputer.

4. Hardisk

Perangkat Keras Hardisk
mencaricara.com

Harddisk termasuk dalam kelompok perangkat keras untuk penyimpanan yang fungsinya untuk menyimpan data dari pengguna. Secara umum, hardware penyimpanan yang termasuk jenis jenis hardware ini dihadirkan dalam 2 bentuk, yaitu penyimpanan volatile dan non-volatile.

Harddisk termasuk dalam media penyimpanan non-volatile. Artinya, data yang tersimpan pada perangkat keras  ini tidak akan hilang jika komputer dimatikan.

Selain harddisk ada juga media penyimpanan yang bersifat volatile yang hanya menyimpan data untuk sementara. Artinya, saat komputer mati karena mati listrik atau dimatikan data yang tersimpan pada media penyimpanan volatile akan hilang. Hardware yang termasuk media penyimpanan volatile adalah Random Access Memory (RAM).

Selain harddisk, ada juga jenis memori penyimpanan non-volatile lain yang disebut dengan Read Only Memory yang lebih dikenal dengan mana ROM. Seperti namanya, media penyimpanan ini hanya dapat menampilkan data dalam bentuk read only.

5. Sound card

jenis-jenis hardware
amazon.com

Sound card atau kartu suara termasuk jenis jenis hardware yang berperan dalam pemrosesan data dengan format suara seperti memutar dan merekam suara atau audio.

Artinya, perangkat keras yang satu ini akan bekerja dan menunjukkan manfaatnya saat komputer melakukan perekaman suara atau mengeluarkan suara. Audio yang telah diproses oleh sound card akan muncul atau terdengar dari perangkat output yang disebut speaker atau headset.

Berdasarkan cara memasangnya, ada tiga jenis sound card yaitu sound card onboard, soundcard offboard dan soundcard external.  

6. GPU atau VGA Card

Hardware VGA Card
bigcommerce.com

Video Graphic Array atau VGA merupakan perangkat keras yang memproses visualisasi atau menampilkan data yang berbentuk grafis. Hardware yang satu ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan semakin pesatnya industri desain grafis, multimedia dan game.

7. Casing

Hardware Casing
pinterest.com

Casing atau selubung pada komputer berbentuk balok dan menjadi tempat berkumpulnya sebagian besar perangkat keras yang digunakan oleh komputer. Komponen ini sering disalahartikan sebagai CPU.

8. Monitor

Hardware Monitor
gizmologi.id

Monitor atau layar komputer termasuk perangkat keras output utama dalam jenis jenis hardware. Perangkat keras yang berupa layar berbentuk segi empat ini berfungsi untuk menayangkan atau menunjukkan hasil dari proses data grafis yang didukung oleh VGA.

Dalam perkembangannya, monitor memiliki sejarah yang panjang. Monitor tertua yang digunakan pada komputer adalah monitor Chatode Ray Tube (CRT).

Monitor ini memanfaatkan teknologi sinar katoda yang di letakkan di dalam tabung. Jenis jenis hardware yang kerap disebut monitor tabung ini masih cukup banyak digunakan dalam perangkat elektronik seperti televisi walau sudah jarang dijumpai pada komputer.

Selain monitor CRT, ada juga jenis-jenis monitor lain yang lebih canggih seperti monitor Liquid Crystal Display (LCD), monitor Light Emiting Diode (LED) dan monitor plasma.

Monitor plasma adalah jenis monitor yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik di antara keempat jenis monitor yang ada. Namun, harganya jauh lebih mahal.

10. Speaker dan Head Set

Hardware Speaker
moedah.com

Perangkat keras yang satu ini memiliki hubungan erat dengan kartu suara atau sound card. Fungsi speaker adalah untuk mengeluarkan suara yang telah diproses oleh kartu suara. Selain speaker ada juga perangkat keras yang masih berkaitan dengan audio atau suara.

Perangkat ini disebut sebagai headset, yaitu sebuah perangkat audio yang menggabungkan dua device menjadi satu: input device dan output device. Perangkat input atau input device pada headset adalah microphone, sedangkan perangkat output-nya adalah speaker.

Berdasarkan bentuknya, headset merujuk pada perangkat berukuran besar yang speaker-nya menutupi bagian telinga pengguna. Kelebihan headset adalah suara yang dihasilkan dapat didengar dengan lebih jelas oleh pemakai.

Umumnya, headset digunakan dengan cara memasangkannya pada PC, laptop atau MP3. Headset tersambung dengan komputer menggunakan jack yang dipasangkan pada sound card komputer.

11. Mouse dan Touchpad

Hardware Mouse
shopify.com

Mouse adalah perangkat keras pendukung yang dimanfaatkan dalam proses input data dan memasukkan instruksi untuk mengoperasikan komputer.

Jenis jenis hardware yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan kursor, scroll dan fungsi klik. Sama seperti keyboard, mouse masa kini juga hadir dalam dua bentuk: menggunakan kabel dan wireless.

Mouse umum digunakan pada Personal Computer atau PC. Namun, perkembangan zaman membuat PC hadir dalam bentuk portabel yang dapat dibawa ke mana-mana yaitu laptop. Pada laptop, fungsi mouse digantikan dengan touchpad yang biasanya berada pada bagian bawah keyboard.

Sama seperti mouse, touchpad dapat membantu pengguna untuk melakukan scroll, fungsi klik, atau mengendalikan kursor. Perbedaannya adalah pengguna cukup menggerakkan jari-jarinya untuk menggerakkan kursor, atau melakukan perintah lain.

12. Keyboard

Hardware Keyboard
shopee.co.id

Keyboard atau papan ketik adalah satu dari jenis jenis hardware dalam kelompok input device. Perangkat keras ini berbentuk papan dengan banyak tombol yang akan mempermudah pengguna komputer untuk mengoperasikan dan input data pada komputer.

Awalnya, keyboard hanya tersedia dalam bentuk perangkat keras yang mengandalkan kabel agar dapat terkoneksi dengan komputer.

Namun, perkembangan teknologi membuat perangkat keras yang satu ini semakin berkembang hingga memunculkan keyboard wireless yang tidak mengandalkan kabel untuk terkoneksi dengan komputer.

Berdasarkan tata letak hurufnya, keyboard memiliki banyak jenis yaitu, QWERTY keyboard, Dvorak, Numeric, Alphabetic, Chord, KLOCKENBERG, dan Maltron.

Walau jenisnya banyak, keyboard yang dipakai secara luas oleh pengguna komputer adalah QWERTY keyboard. Keyboard jenis inilah yang paling umum dan mungkin menjadi satu-satunya keyboard komputer yang dikenal oleh orang awam.

Namun, selain QWERTY keyboard, jenis keyboard lain juga memiliki penggemar tersendiri walaupun sedikit. Misalnya keyboard Dvorak yang digemari di Amerika.

13. Printer

Hardware Printer
gadgetren.com

Printer termasuk dalam perangkat keras output yang berguna untuk menampilkan data di dalam sebuah komputer. Walau bukan perangkat keras output yang utama, printer memiliki andil yang sangat besar karena sifatnya yang mampu menampilkan data yang awalnya digital menjadi data fisik pada media kertas.

Printer dapat digunakan pada media lain, tetapi media yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah kertas.

Printer membutuhkan tinta untuk mencetak suatu data. Tanpa adanya tinta, printer tidak akan mampu menampilkan atau mencetak suatu data ke dalam kertas atau media lain.

Walau fungsi utamanya mencetak data pada sebuah media, dewasa ini ada juga perangkat yang menggabungkan tiga fungsi sekaligus pada sebuah printer untuk mencetak, scan dan fotocopy. Printer jenis ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan kerap dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Ukuran printer bermacam-macam, tergantung pabrikan dan fungsinya. Printer berukuran kecil hanya dapat mencetak data pada media yang kecil.

Karena itulah printer dengan ukuran besar hadir untuk mempermudah pengguna agar dapat mencetak dalam media yang lebih besar.

Kesimpulan dari materi hardware komputer di atas adalah hardware atau perangkat keras pada komputer memiliki banyak macam. Jenis jenis hardware tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing dalam pengoperasian suatu komputer.

Artikel Terkait

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *