10 Jenis Font untuk Website HTML Terbaik Recommended

Font HTML untuk website memiliki peran penting. Pemilihan font alias jenis huruf yang digunakan di website bisa memberikan kesan positif untuk semua pengunjung websitemu, dan termasuk untukmu. Font untuk website yang tepat bisa meningkatkan sisi estetis dan memberi pengalaman pengguna yang baik.

Di luar sana, ada banyak font HTML yang bisa kamu gunakan. Tidak semua berpredikat direkomendasikan dan baik. Kualitas dan konsep font juga harus sesuai dengan konsep website.

Selera dan pilihanmu bisa bergantung pada feedback pengunjung dan tidak bisa terpaku pada favoritisme pribadi pemilik website.

Keuntungan Font HTML yang Tepat Untuk Website

Font memang bukan sesuatu yang dipandang sepenting SEO atau desain visual website. Namun, font bisa memberi banyak keuntungan jika digunakan secara tepat. Disadari atau tidak, font mampu memperkuat branding dan memberi pengalaman pengguna yang baik.

Manfaat font untuk web tidak dapat diabaikan. Berikut 2 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jenis font HTML website yang tepat.

  • Memperkuat Branding

Citra dari websitemu bisa muncul dan diperkuat oleh jenis font yang digunakan. Font yang tepat dengan citra dan konsep website akan memberi pengguna pengaruh yang kuat.

Keselarasan antara jenis font dengan konten di website sangat penting. Font yang tepat akan memberi kesan dan citra yang juga tepat.

  • Memberi UX yang Baik

UX atau User Experience (pengalaman pengguna) dapat dipengaruhi oleh pemilihan font yang tepat. Font yang jelas, nyaman dibaca, dan menarik akan membuat pengguna merespons baik konten di website mata.

BACA JUGA  Kenapa Tidak Bisa Download WA dan Cara Mengatasi

UX yang baik akan memancing lebih banyak pengunjung dan memberi penilaian positif untuk websitemu.

Daftar Font untuk Website yang Banyak Direkomendasikan

Berikut adalah daftar rekomendasi font untuk website HTML terbaik.

1. Times New Roman

Times New Roman merupakan jenis huruf yang terkenal dan merupakan bagian dari grup Serif. Times New Roman memiliki tampilan yang profesional.

Font ini bisa menjadi pilihan font favorit untuk pembuat konten serius dan lebih formal. Jika diamati seksama, beragam website berita dan lembaga menggunakan font ini.

2. Verdana

Verdana adalah jenis font yang menjadi primadona untuk ditampilkan di layar kecil. Raksasa furniture IKEA adalah salah satu perusahaan yang menggunakan Verdana.

IKEA bahkan menggunakan font ini di website dan katalog cetaknya. Verdana merupakan salah satu jenis font dengan tingkat readability yang tinggi.

3. Brush Script MT

Brush Script MT adalah font HTML yang estetis, cantik, dan termasuk mudah dibaca. Font ini dapat dikatakan seperti tulisan tangan yang dibuat dengan nilai seni.

Sepintas, font ini tampak meriah dan ramai. Namun, Brush Script MT termasuk font yang digunakan untuk konten editorial dan konten serius lainnya.

4. Garamond

Font untuk Website

Font untuk website HTML recommended selanjutnya adalah Garamond. Garamond merupakan jenis font yang mudah ditemukan di buku cetak.

Salah satu alasan kenapa jenis font ini digunakan adalah kehalusan dan kemudahannya untu dibaca. Selain itu, Garamond juga mengesankan sesuatu yang antik dan klasik.

5. Cambria

Font untuk Website

Microsoft membuat beberapa jenis font yang termasuk ClearType, dimana salah satunya adalah Cambria. Cambria merupakan jenis font yang terlihat presisi dan tegas.

Font ini didesain untuk memberi pengalaman membaca dari layar digital yang baik, bahkan ketika font ini harus ditampilkan dalam ukuran yang kecil.

BACA JUGA  Kapan Google Drive Tanggal Diluncurkan dan Kelebihannya  

6. Arial Narrow

Arial Narrow adalah versi lain dari font Arial. Dibandingkan Arial, Arial Narrow memiliki tampilan yang lebih halus.

Arial Narrow dapat ditemukan dengan mudah pada beragam sistem operasi. Font ini mempertahankan karakteristik dari Arial yang multiguna dan sesuai untuk konsep website jenis apapun.

7. Helvetica

Font untuk Website

Font HTML keren selanjutnya adalah Helvetica. Dilihat dari rupanya, Helvetica merupakan jenis font yang netral dan cocok untuk beragam jenis bisnis.

Kenetralannya tersebut membuat banyak desainer menyukainya. Helvetica digunakan oleh beragam perusahaan besar, contohnya BMW, Motorola, dan Jeep.

8. Courier New

Font untuk Website

Courier New merupakan font untuk website yang menampilkan konten dengan gaya tempo doeloe.

Kendati memancarkan kesan klasik, Courier New termasuk jenis font yang ramping dan mudah untuk dipancang di layar. Banyak perangkat elektronik menggunakan jenis font alternatif dari Courier tersebut.

9. Calibri

Para pengguna Microsoft Office pasti familiar dengan Calibri. Font tersebut merupakan font default dari Ms. Office. Font ini juga bisa ditemukan di sistem operasi Windows.

Karena kefamiliarannya, siapapun terutama pengguna Windows tidak akan kesulitan dan pasti nyaman membaca font ini di website manapun.

10. Monaco

Monaco adalah jenis font yang masuk dalam keluarga monospace. Font tersebut digunakan pada Terminal dan Xcode.

Monaco yang bisa ditemukan di MacOS memiliki desain yang unik dimana perbedaan antara huruf terlihat jelas. Font ini cocok digunakan di website-website yang bertemakan coding, hacking, dll.

Pilihlah font untuk website HTML yang terbaca jelas, memiliki bentuk yang estetis, dan menguatkan citra dari konsep website yang kamu buat.

Lakukan riset yang baik sebelum memilih jenis font. Jangan ragu untuk menilai sendiri font yang digunakan untuk website dalam sudut pandang pengunjung websitemu.