Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

15 Game PC Ringan Terbaik untuk Spek Kentang

6 min read

game pc ringan TERBAIK
Mau main game seru tapi speknya ngga kuat? Berikut adalah game PC ringan terbaik paling seru buat ram 2gb atau 4gb.

Tisucoding.com – Semakin majunya dunia digital, membuat banyak hal berkembang pula ke arah digital. Segala hal kini dilakukan secara daring, termasuk juga game. Dunia gaming kini semakin banyak mengalami perubahan dan perkembangan.

Perkembangan tersebut hadir juga dalam bentuk game PC online yang tidak hanya menawarkan game berupa video, melainkan juga interaksi antar pemain.

Dunia gaming juga kini sukses berkembang dalam hal lingkup permainan, dari yang awalnya ditujukan hanya untuk sebuah hiburan, kini sudah berkembang menjadi perlombaan diajang-ajang bergengsi kelas internasional.

Berkembangnya dunia game dan menyentuh ranah online juga menjadikan game semakin ramai diminati oleh berbagai kalangan.

Daftar Game PC Ringan Terbaik

Sayangnya, tidak semua pecinta game memiliki PC dengan spesifikasi tinggi untuk menampung game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Kabar gembiranya adalah ada beberapa game ringan keren dan seru yang tidak membutuhkan PC dengan spesifikasi yang terlalu tinggi, namun tetap bisa lancar dimainkan di PC Anda.

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi game PC ringan yang bisa dimainkan dengan PC berukuran 4GB RAM.

1. Farm Together

game Farm Together terbaik

Jika Anda pecinta permainan bercocok tanam serupa Harvest Moon, Anda mungkin akan menyukai permainan yang satu ini bernama Farm Together.

Permainan ini merupakan permainan simulasi pertanian, seperti menanam bahan makanan dan tanaman, merawat hewan, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Tentu saja Farm Together adalah permainan yang ringan untuk pc, Anda hanya perlu menyiapkan PC spek rendah dengan spesifikasi memory 2 GB RAM, DirectX version 11, dan dual core processor.

2. Stardew Valley

game ringan untuk pc

Jika pada game sebelumnya merupakan simulasi pertanian, Stardew Valley merupakan salah satu game PSP yang mengusung tema perkebunan dan perternakan. Game yang seru untuk dimainkan ini sangat simpel dan grafisnya begitu bagus dan halus, sehingga sangat nyaman saat dimainkan.

Permainan ini hanya membutuhkan processor 2 Ghz dan RAM sebesar 2 GB dengan penyimpanan storage 500 MB .

Permainan ini hanya membutuhkan processor 2 Ghz dan RAM sebesar 2 GB dengan penyimpanan storage 500 MB. OS yang dibutuhkan bisa menggunakan Windows Vista atau Greater.

Grafiknya sekitar 256 MB dengan shader model 3.0+. Permainan ini juga mendukung Direct X version 10.

3. Rocket League

game pc ringan terbaik

Bosan dengan permainan balap yang begitu-begitu saja? Anda bisa mencoba permainan bernama Rocket League yang merupakan sebuah permainan balap mobil dipadukan dengan permainan sepakbola.

Menarik, bukan? Sebetulnya, permainan ini adalah game sepakbola, namun pemainnya adalah mobil dengan bola besar. Game ini menjadi sangat menyenangkan karena tidak butuh spesifikasi PC besar.

Rocket League bisa dimainkan pada OS Windows 7 atau Newer dengan prosesor 2.4 GHz Dual Core dan memiliki kapasitas memori hanya 2 GB RAM.

Grafik menggunakan NVIDIA GTX 260 atau ATI 4850 dengan DirectX versi 9.0c. Game ini juga hanya membutuhkan memori penyimpanan atau storage sebesar 7 GB.

4. Age of Empires III

game paling seru

Anak 90-an mungkin sebagian sudah tidak asing lagi dengan permainan PC yang satu ini. Age of Empires pertama kali rilis pada tahun 90-an dan kini masih bisa dimainkan dengan PC berspesifikasi ringan.

Jalan cerita dari permainan ini mirip dengan game survival ini mengajak pemainnya untuk mempertahankan kerajaan yang sudah dibangun dari serangan lawan atau musuh dengan memanfaatkan beragam senjata.

Jika dilihat dari konsep permainannya, sekilas tampak membutuhkan spesifikasi PC yang sangat besar. Namun, ternyata tidak demikian, spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk bisa memainkan Age of Empires III hanya CPU Core Duo dengan RAM 2GB dan bersistem operasi Windows XP SP3.

Dengan grafik 64MB VRAM NVIDIA GeForce 6800 atau ATI Radeon X1300 Anda sudah bisa memainkan game seru ini.

5. Moonlighter

game terbaik Moonlighter

Pada permainan ini, Anda akan berperan menjadi seorang penjaga toko yang memiliki impian menjadi seorang pahlawan. Grafis permainan ini bisa dikatakan cukup sederhana, sehingga hanya membutuhkan spesifikasi PC ringan untuk bisa memainkannya.

Namun, bukan berarti game Moonlighter ini tidak bagus untuk dimainkan. Meski grafisnya masih sanagt sederhana, yaitu menggunakan 2D, namun animasinya sangat halus dan nyaman di mata.

Spesifikasi PC yang dibutuhkan adalah sistem operasi Windows 7 dengan prosesor Intel® Core™2 Quad 2.7 GHz, AMD Phenom™ II X4 3 GHz.

Memori RAM yang dibutuhkan hanya 4 GB dengan memori penyimpanan PC hanya 4 GB dan grafik GeForce GTX 260, Radeon HD 5770, 1024 MB, Shader Model 3.0.

6. Dead Cells

game pc dead cells

Jika dilihat dari namanya saja, mungkin Anda akan mengira ini adalah game Zombie yang membutuhkan spesifikasi laptop yang besar.

Nyatanya tidak demikian, justru Dead Cells adalah permainan serupa game Dark Souls yang ukurannya sangat ringan dan tidak memberatkan PC atau laptop saat dimainkan.

Game ini menawarkan petualangan seru dengan grafis yang keren dan gameplay yang begitu digemari.

Untuk permainan ini, spesifikasi PC yang dibutuhkan adalah Windows 7 OS dengan prosesor Intel i5+, menggunakan memori RAM 2 GB, grafik NVIDIA 450 GTS/Radeon HD 5750 dengan memori penyimpanan hanya 500 MB dan Sound Card DirectX 9.1+ atau OpenGL 3.2+.

7. Minecraft

game paling populer

Minecraft adalah sebuah permainan PC berkonsep merancang blok-blok seperti lego. Permainan ini terlihat sederhana, namun banyak orang yang memainkannya menjadi sangat candu dengan permainan ini.

Permainan yang rilis pada 2011 ini hanya memerlukan 2 GB RAM, NVIDIA GeForce 9600 GT/Intel HD Graphics, storage sebesar 10 GB, dan prosesor Intel Premium D/AMD Athlon 64.

8. Dota Underlords

Game Pc Dota Underlords

Dota Underlords yang biasa dimainkan di mobile, pada 2019 akhirnya hadir versi PC-nya. Dota Underlords membuat Anda berhadapan kembali dengan ketujuh opponent untuk mengambil kendali White Spire.

Tidak butuh PC dan laptop dengan spek berat untuk bisa mewujudkan permainan ini, hanya dengan RAM 4 GB dan prosesor intel Core i5-650 3.2 GHz/AMD Athlon II X4 610e saja, Anda bisa memainkannya.

9. Team Fortress 2

game pc ringan

Team Fortress 2 adalah sebuah permainan FPS dengan basis Free to Play. Permainan ini merupakan pilihan tepat bagi para pecinta game dengan spesifikasi PC rendah, namun tetap ingin merasakan sensasi bermain game online dengan gameplay yang mengasyikkan.

Permainan ini sebetulnya sudah cukup lama rilis, namun hingga kini masih cukup lama dimainkan.

Hanya dengan spesifikasi minimum PC, Team Fortress 2 bisa dimainkan dengan asik. Anda hanya perlu memiliki PC dengan sistem operasi Windows XP hingga Windows 7 dengan CPU 1.7 GHz/Intel Core Pentium 4 dan GPU NVIDIA GeForce GT 4+/AMD Radeon 8500+, serta RAM 512 MB hingga 1 GB.

10. Sid Meier’s Civilization V

game gratis ringan

Permainan yang dibuat oleh pengembang Firaxis ini merupakan permainan turn-based strategy yang cukup digemari. Dalam permainan ini, para pemainnya menjadi pemimpin sebuah peradaban dari zaman pra sejarah hingga masa depan.

Ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa ditemukan, seperti peningkatan budaya, diplomasi, agama, spionase, dan sebagainya.

Untuk memainkan game yang cukup membuat otak bekerja ini, Anda bisa menggunakan spesifikasi minimum pada PC. Hanya dengan CPU Intel Core2 Duo 1.8 GHz/AMD Athlon X2 64 masing-masing 2.0 GHz, GPU NVIDIA GeForce GS 7900/AMD Radeon HD 2600, dan RAM sebesar 2 GB, Anda sudah bisa memainkan permainan ini.

11. Left 4 Dead 2

game paling ringan

Left 4 Dead 2 adalah salah satu permainan yang bercerita tentang serangan para zombie. Bagi Anda yang hobi dengan permainan yang memiliki sensasi tegang disepanjang permainan, permainan ini sangat kami rekomendasikan.

Apalagi, untuk permainan dengan grafik cukup baik, Left 4 Dead 2 bisa dimainkan pada spesifikasi PC ringan.

Anda hanya butuh minimum OS Windows 7 untuk bisa memainkan permainan ini. CPU yang dibutuhkan untuk permainan ini minimal Intel Pentium 4 3GHz dengan GPU NVIDIA GeForce GT 6600/AMD Radeon X800, RAM sebesar 2 GB, dan HDD sebesar 13 GB. Irit sekali, bukan?

12. LIMBO

limbo game online

Beberapa dari Anda mungkin tidak terlalu paham dengan permainan yang satu ini. Namun, di mata para pecinta game atau gamer, permainan ini begitu menarik dan unik terutama secara visual.

LIMBO bercerita tentang seorang anak lelaki yang tersesat dan tengah mencari kakak perempuannya di tengah hutan belantara yang gelap.

Saat Anda memainkannya, Anda akan dihadapkan dengan jebakan dan teka-teki yang harus dipecahkan.

Untuk visual semenarik permainan ini, spesifikasi PC yang dibutuhkan cukup ringan. Grafik yang dibutuhkan minimal GeForce 250 GTS, AMD Radeon HD6570. Sistem Operasi yang bisa digunakan adalah Windows 7/8/10 dengan prosesor Intel Core 2 Quad Q660 2.4 GHz, AMD FX 8120 3.1 GHz dan RAM sebesar 4 GB.

13. Outlast

game pc terbaik

Game berukuran kecil selanjutnya adalah Outlast yang bisa membuat para pemainnya tegang dan berbebar-debar di sepanjang permainan. Permainan ini bergenre horror dengan nuansa gore yang cukup ekstrem dan memuat berbagai jumpscare khas film horror.

Dalam permainan ini, para pemainnya harus bertahan tanpa perlawanan. Anda hanya seperti sedang bermain hide and seek dengan menggunakan alat penerangan seadanya.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk permainan ini hanya CPU Dual Core 2.2 GHz dengan RAM sebesar 2 GB dan menggunakan Video Card NVIDIA GeForce 9800 GTX/ATI Radeon HD 3xxx series sebesar 512 MB dan OS Windows XP/Vista/7/8-64 bits.

14. Grand Theft Auto: San Andreas

game gta san andreas

Grand Theft Auto: San Andreas yang sering juga disebut dengan singkatan GTA San Andreas yang merupakan salah satu permainan PC dan video action-adventure sandbox-style.

Permainan ini merupakan permainan 3D ketiga dalam seri Grand Theft Auto. Jika dilihat secara visual, permainan ini cukup unik karena memperlihatkan latar belakang negara fiktif bernama San Andreas pada akhir 1992.

Dari visual tersebut mungkin banyak orang awam yang mengira, bahwa game PC ini akan membutuhkan spesifikasi PC yang besar agar bisa dimainkan.

Nyatanya, Anda bisa memainkan game PC ini pada sistem operasi Windows XP/7 (32/64-bit) dengan prosesor Intel Pentium III 1 GHz/AMD Athlon x2 dan Grafik Card VRAM di atas 64 MB.

15. Hearthstone

game pc online terbaik

 

Hati-hati! Game PC yang satu ini bisa membuat Anda lupa waktu karena secara konsep maupun visual permainannya memang sangat seru.

Untuk permainan semenarik Hearthstone, Anda bisa bermain dengan spesifikasi PC kentang dengan Windows XP 31-bit dengan prosesor Pentium D 805 2.67 GHz. Menarik, bukan?

Itulah tadi beberapa game PC ringan rekomendasi dari kami. Bagi Anda yang memiliki spesifikasi PC ringan dan gemar bermain game, tidak perlu khawatir lagi.

Sebab, meski bisa dimainkan pada PC dengan spesifikasi rendah, daftar permainan di atas memiliki visual yang sangat baik dan begitu menarik untuk dimainkan.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *