15 Game MMORPG PC Terbaik Paling Seru

Inilah beberapa daftar rekomendasi game MMORPG terbaik saat ini yang bisa dimainkan secara online maupun offline di laptop dan PC.

MMORPG merupakan akronim dari Massively Multiplayer Online Role Playing Games, yaitu game yang mengedepankan aspek interaksi, eksplorasi serta kustomisasi yang berjalan secara real time.

Akibatnya, player dapat berinteraksi dengan player lain dari berbagai belahan dunia melalui fitur chat. Sekarang ini, ada banyak game MMORPG, termasuk game MMORPG PC.

Rekomendasi Game MMORPG Terbaik

1. Neverwinter

Di antara banyaknya game MMORPG PC yang ada, Neverwinter merupakan salah satu game yang bersifat free-to-play.

Game yang didasarkan pada Forgotten Realms city dari Dugeons & Dragons ini dikembangkan oleh Cryptic Studios dan dirilis pertama kalinya oleh Perfect World Entertainment pada 2013 untuk platform Microsoft Windows.

Kini, selain di Microsoft Windows, game gratis ini juga dapat dimainkan di Xbox One dan Playstation 4.

Pemain Neverwinter dapat memilih satu dari delapan kelas karakter Dugeons & Dragons, dan membentuk kelompok yang isinya maksimal lima orang pemain.

Game ini dapat dikatakan sebagai versi modifikasi dari Dugeons & Dragons 4th Edition dengan peraturan yang dimodifikasi, termasuk action points dan penggunaan kekuatan penyembuh.

Download

2. Final Fantasy XIV

Game Final Fantasy XIV
pinterest.com

Final Fantasy XIV Online merupakan game ke-14 dari seri utama Final Fantasy yang diluncurkan oleh Square Enix.

Namun, sebagai MMORPG, game ini merupakan MMORPG ke-2 dari seri Final Rantasy setelah Final Fantasy XI Online. Game ini dirilis pertama kali pada 30 September 2010.

Game yang dapat mendukung platform Microsoft Windows, Xbox One, Plasystation 3, OS X dan Playstation 4 ini merupakan satu-satunya game online yang memiliki endgame karena adanya pemberhentian servis dari Square Enix.

Namun, cerita game ini masih memiliki lanjutan dengan dirilisnya Final fantasy XIV: A Realm Reborn di tahun 2013.

Download

3. ArcheAge

Mainkan ArcheAge PC
mmobomb.com

ArcheAge adalah sebuah game MMORPG yang dirilis pertama kalinya di Korea pada 15 januari 2013.

Game ini dikembangkan oleh Jake Song yang sebelumnya pernah mengembangkan Lineage di bawah naungan perusahaannya, XL Games.

Setelah dirilis di Korea pada tahun 2013, game ini kemudian dirilis di Eropa dan Amerika Utara pada 16 September 2014.

ArcheAge dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti combat, PvP, housing, crafting, questing, hingga hewan peliharaan dan tunggangan (mounts and pets).

Download

4. MapleStory 2

Game MMORPG PC
cloudfront.net

Sama seperti Neverwinter, MapleStory 2 merupakan game free-to-play MMORPG. Game ini dikembangkan oleh Nsquare yang berasosiasi dengan Nexon dan NCSoft.

MapleStory 2 dirilis pertama kali di Korea pada 7 July 2015.

Fitur-fitur yang ada di game gratis ini banyak diambil dari original game-nya, yaitu MapleStory yang kemudian diaplikasikan ke dalam lingkungan berbasis 3D voxel.

Sebagian besar NPC, mobs dan lokasi di MapleStory 2 sama dengan game pertamanya, walaupun ada beberapa perubahan.

Download

5. Dungeons & Dragons Online

Game PC Dungeons & Dragons Online
gamivo.com

Dugeons & Dragons Online atau DDO adalah game MMORPG yang dirilis untuk pertama kalinya pada 28 Februari 2006.

Game ini dikembangkan oleh Turbine sebelum akhirnya diambil alih oleh Standing Alone Games. Platform yang mendukung Dugeons & Dragons Online adalah Microsoft Windows dan OS X.

Game ini dibuat oleh Turbine sebagai adaptasi online dari game RPG populer Dugeon & Dragons (D&D).

Setting yang digunakan di game MMORPG ini adalah continent Xen’drik yang belum tereksplor di Eberron dan Kingdom of Cormy di Forgotten Realms.

Download

6. New World

Game New World
redbull.com

Jika MMORPG sebelumnya telah rilis dan sudah dapat dimainkan di PC, game MMORPG PC berikutnya, New World adalah game yang belum dirilis.

New World akan dirilih oleh Amazon Game Studios di awal tahun 2021.

Sebelumnya, game ini dijadwalkan rilis di bulan Mei 2020, kemudian ditunda perilisannya dan dijadwalkan rilis pada Agustus 2020, walau akhirnya waktu perilisannya kembali ditunda.

New World menggunakan setting dunia virtual dengan model British Amerika di dalam Samudera Atlantik. Di game ini, pemain dapat melawan player lain, membuat item, dan mencari sumber daya yang ada.

Game ini akan menggunakan sistem buy-to-play sehingga Anda tidak perlu membayar biaya bulanan untuk memainkannya.

Download

7. World of Warcraft

World of Warcraft atau yang biasa disebut WoW adalah game MMORPG PC yang dirilis pertama kalinya oleh Blizzard Entertainment di tahun 2004.

Dalam dunia Warcraft, game ini adalah yang ke-4 di mana seri pertamanya adalah Warcraft: Orcs & Humans yang diperkenalkan di tahun 1994.

Setting game ini adalah di dunia Azeroth, empat tahun setelah selesainya seri Warcraft III: The Frozen Throne.

Di game ini, pemain dapat memilih ras yang sebagian besar dikelompokkan menjadi dua fraksi, Alliance atau Horde.

Ras yang tergabung dalam fraksi Alliance adalah humans, dwarves, gnomes, night elves, void elf, pandaren, draenei, lightforged draenei dan worgen.

Di fraksi horde, pemain dapat memilih di antara ras undead, orcs, trolls, blood elves, goblins, highmountain tauren, nightborne, pandaren dan tauren.

Download

8. EverQuest II

EverQuest II Game MMORPG
mmobomb.com

EverQuest II merupakan 3D fantasy MMORPG yang dirilis pada November 2004.

Game yang dikembangkan dan dirilis oleh Sony Online Entertainment untuk Microsoft Windows ini adalah lanjutan dari seri sebelumnya, EverQuest yang dirilis lima tahun sebelum EverQuest II.

Grafik dan gameplay yang ditawarkan pada game ini tentunya lebih baik dibanding EverQuest.

Walau dikembangkan oleh Sony Online Entertainment, pada Februari 2015, perusahaan induk dari Sony Online Entertainment, Sony Computer Entertainment, menjual investasinya sehingga EverQuest II kini dikembangkan oleh Daybreak Game Company.

Setting yang digunakan game ini adalah alternate future atau masa depan 500 tahun setelah game pertamanya, EverQuest.

Dengan kata lain, EverQuest II memiliki cerita sendiri yang tidak mengganggu jalan cerita game sebelumnya.

Karakter dan lokasi yang digunakan pun didasarkan pada game sebelumnya, namun telah berubah karena perang dan destruksi katalismik.

Di game ini, pemain dapat menjelajah, menyelesaikan quest, memburu monster dan berburu harta karun.

Download

9. Star Wars: The Old Republic

Game MMORPG PC
gamivo.com

Game MMORPG PC yang satu ini merupakan game yang menggunakan alam Star Wars.

Game yang diumumkan pertama kali pada 2008 ini dikembangkan oleh BioWare Austin bersama sebuah tim suplemental di BioWare Edmonton, kemudian dirilis di Amerika Utara dan sebagian Eropa pada tahun 2011 di platform Microsoft Windows.

Seperti namanya, game ini menggunakan setting Star Wars universe tidak lama setelah kedamaian tercipta di antara Sith Empire dan Galactic Republic.

Player dapat bergabung dengan Sith atau Republic, tapi setiap pemain dapat terus berkembang tergantung spektrum cahaya atau kegelapan yang dimiliki.

Download

10. Rift

Game Rift PC Ringan
riongames.com

Game MMORPG PC yang dikenal dengan nama Rift ini sebelumnya dikenal dengan nama Rift: Planes of Telara dan Heroes of Telara selama alpha testing.

Game fantasy yang bersifat free-to-play ini dikembangkan oleh Trion Worlds dengan setting dunia fantasy Telara. Game ini dirilis pertama kalinya pada bulan Maret 2011.

Di game ini, ada dua faksi yang saling berkompetisi, Defiant dan Guardians, masing-masing terdiri dari ras dan kelas tertentu.

Faksi Guardians terdiri dari high elves, Mathosians dan Dwarves, yang mengikuti ajaran The Vigil, Dewa Telara.

Sebaliknya, faksi Defiant adalah mereka yang tidak mengikuti ajaran The Vigil dan lebih percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti Eth, Bahmi dan Kelari.

Download

11. EVE Online

EVE Online merupakan game MMORPG PC ringan yang menggunakan latar fiksi ilmiah.

Di game yang dikembangkan oleh CCP Games dan dirilis pertama kalinya pada tahun 2003 ini, pemain dapat mengendalikan pesawat hingga melewati 7500 sistem bintang di alam semesta.

Kebanyakan sistem bintang yang ada di game ini saling terhubung dengan satu sistem bintang atau bahkan lebih melalui jump gate.

Setiap sistem bintang memiliki berbagai peristiwa seperti lubang cacing, sabuk asteroid, bulan, planet dan stasiun luar angkasa.

Download

12. The Lord of The Ring Online

Free Download The Lord of The Ring Online
akamaihd.net

The Lord of The Rings Online merupakan game MMORPG PC online yang sebelumnya diberi judul The Lord of The Rings Online: Shadows of Angmar yang menggunakan latar middle-earth pada masa The Lord of The Rings di cerita J. R. R Tolkien.

Game PC yang satu ini dikembangkan oleh Turbine, Inc. dan dirilis di Amerika Utara, Australia, Jepang dan Eropa pada tahun 2007.

Di game ini, pemain dapat membuat karakter dari empat ras yang ada dan tujuh kelas di area Eriador.

Beberapa update telah dilakukan di game ini, menambahkan area baru yang dapat dieksplor oleh pemain.

Empat ras yang ada di game ini adalah manusia, hobbit, elves dan dwarves.

Di tahun 2014, ras baru ditambahkan di game ini, yaitu Beornings, dan ada pula penambahan ras lain yaitu High Elf di tahun 2017.

Download

13. Guild Wars 2

game mmorpg pc
twimg.com

Guild Wars 2 merupakan salah satu game MMORPG PC terbaik yang berlatar di dunia fantasi Tyria.

Game yang dikembangkan oleh AreaNet ini kemudian dipublikasikan oleh NCSOFT pada 12 Agustus 2012.

Selain mendukung platform Microsoft Windows, Guild Wars 2 juga dapat dimainkan di platform OS X.

Sebagai sekuel dari Guild Wars, Guild Wars 2 menggunakan sistem subscription seperti seri sebelumnya.

Guild Wars 2 menggunakan setting dunia fantasi Tyria 250 tahun setelah pemain mengalahkan The Great Destroyer di ekspansi The Eye of North. L

ima Elder Dragons yang tertidur di benua terbangun sejak masa Guild Wars dan menyebabkan berbagai bencana di Tyria.

Di game ini, pemain akan diberi tugas untuk menyatukan kembali member Destiny’s Edge, sebuah guild beranggotakan berbagai ras yang telah dibubarkan.

Download

14. DC Universe Online

Game MMORPG PC
tutomoviles.com

DC Universe Online atau DCUO merupakan free-to-play MMORPG yang menggunakan dunia fiksi yang ada di DC Comics.

Game ini dikembangkan oleh Dimensional Ink Games dan dipublikasikan oleh Daybreak Company dan WB Games untuk pertama kalinya pada 11 Januari 2011 di platform Microsoft Windows dan Playstation 3, walau kini, game ini sudah tidak dapat dimainkan lagi di platform playstation 3.

Download

15. Blade & Soul

Game Blade & Soul
mmoculture.com

Blade & Soul merupakan game MMORPG PC yang dipublikasikan oleh NCSOFT di Korea pada tahun 2012.

Game ini mengombinasikan combat yang terinspirasi dari martial art dan qinggong di dunia terbuka.

Pemain game ini dapat menciptakan karakter untuk menjelajah dunia dengan menyelesaikan quest yang diberikan oleh berbagai NPC.

Download

Itu tadi beberapa game MMORPG yang bisa kamu download dan mainkan di PC kesayanganmu. Jika Anda tertarik langsung saja kunjungi steam atau situs resmi dari game tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment