Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

15 Game Edukasi Anak Offline Terbaik

7 min read

Game Edukasi Anak Offline
Berikut merupakan game edukasi anak offline terbaik di android dan PC paling populer yang membantu mengasah kemampuan berfikir anak.

Game Edukasi Anak Offline – Mendidik atau mengedukasi anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan orang tua. Namun, perkembangan teknologi dan kebebasan mengakses informasi bisa memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak, walau ada juga dampak positif yang dapat diambil.

Salah satu dampak positif yang dapat diperoleh dari perkembangan teknologi adalah orang tua dapat membantu anak belajar dengan game edukasi anak offline melalui perangkat PC atau android agar anak kita tidak gampang merasa bosan.

Game Edukasi Anak Offline Terbaik

1. Maze Book

game Maze Book
target.scene7.com

Game edukasi anak PC offline yang pertama adalah Maze Book. Game ini didesain untuk anak berumur 6-11 tahununtuk menguji kemampuan evaluatif dan problem solving anak.

Dengan kata lain, Maze Book sangat cocok untuk melatih cara berpikir anak melalui kegiatan menyelesaikan labirin atau maze.

Game yang dapat diunduh secara gratis ini dibuat dengan tiga tingkat kesulitan yang dapat dipilih sesuai kemampuan anak.

Maze Book dilengkapi dengan beberapa level dan beberapa stage dengan tingkat kesulitan labirin yang berbeda-beda. Dan untuk menyelesaikan game, setiap labirin pada game ini harus diselesaikan.

Download

2. Game Edukasi Anak Lengkap

Game Edukasi Anak
play.google.com

Seperti namanya, Game Edukasi Anak Lengkap merupakan game edukasi anak android offline yang tidak hanya terdiri dari satu game, tapi banyak game sekaligus.

Game ini memuat banyak game yang dapat mengedukasi anak sehingga anak tidak akan merasa bosan.

Dengan memainkan Game Edukasi Anak Lengkap, anak dapat belajar banyak hal mulai dari angka, huruf, bahkan cara berhitung.

Game ini juga dilengkapi dengan permainan untuk mengasah memori anak. Selain ada pilihan jenis game yang cukup bervariasi, visual atau grafis game ini juga berwarna-warni sehingga sangat cocok untuk menarik minat anak.

Download

3. Trains, Cars & Games for Kids

game gratis edukasi
apkonline.net

Trains, Cars & Games for Kids merupakan game edukasi anak pada perangkat android yang cocok untuk anak kecil. Game ini didesain dengan gambar kartun yang imut dan colorful, serta sound effect yang ceria.

Trains, Cars & Games for Kids terdiri dari beberapa game yang dapat dinikmati anak-anak seperti membuat jalur kereta; permainan membangun blok hingga membentuk rumah, kereta dan lain-lain; dan masih banyak lagi game yang mengedukasi dan dapat mengasah otak serta kemampuan motorik anak.

Download

4. Kids Puzzles-Wooden Jigsaw

game android edukasi
play.google.com

Kids Puzzles-Wooden Jigsaw adalah salah satu game edukasi yang dapat dimainkan oleh anak.

Game yang menuntut anak untuk bermain puzzle dengan style kayu ini akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, persepsi visual, serta mengembangkan kemampuan motorik sehingga sangat cocok untuk tumbuh kembang anak.

Download

5. Coloring Book

game mewarnai gambar
androidgame365.com

Jika biasanya Anda memberikan buku gambar kepada anak sebagai sarana mengasah kreativitas, Anda dapat mencoba Coloring Book sebagai salah satu game edukasi anak PC offline dalam bentuk buku gambar virtual.

Game yang cocok untuk anak-anak dengan hobi mewarnai ini tersedia di PC dengan OS Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows Vista.

Game Coloring Book dapat dimainkan dengan mudah karena anak akan diminta untuk mewarnai gambar yang memang telah tersedia di game.

Selain menyediakan gambar untuk diwarnai, game ini juga menyediakan berbagai warna yang menarik agar anak dapat menuangkan imajinasi mereka. Game Coloring Book juga menyediakan fitur hapus warna.

Download

6. World of Zoo

Game kebun binatang
imgix.net

World of Zoo merupakan game edukasi anak PC offline yang dapat mengasah kreativitas anak. Di game ini, anak akan diminta untuk membangun kebun binatang virtual yang tentunya, terdiri dari berbagai spesies satwa.

Namun, game ini tidak hanya menuntut anak untuk mengumpulkan binatang, tapi juga mengasah kreativitas anak dengan fitur animal editor.

Dengan fitur ini, anak dapat berkreasi dan mengubah warna, pola bulu, bahkan ukuran telinga, ekor, hidung dan cakar satwa-satwa yang ada di kebun binatang.

Selain dapat menciptakan satwa sesuai dengan kreasi sendiri, game World of Zoo yang berupa simulator kebun binatang ini juga dapat melatih rasa tanggung jawab anak melalui interaksi dengan satwa yang dibuat sendiri mulai dari memberinya makan hingga merawatnya.

Download

7. Nancy Drew

game detektif anak
listchallenges.com

Nancy Drew merupakan salah satu game edukasi anak PC offline yang cocok dimainkan oleh anak ketika usianya sudah lebih besar.

Ini karena game Nancy Drew bertema detektif dan anak akan berperan sebagai Nancy Drew saat memainkan game ini.

Untuk menyelidiki sesuatu yang mencurigakan di sekolahnya, Nancy Drew akan menyamar dan berusaha menyelesaikan kasus.

Kasus yang akan diselidiki oleh Nancy Drew di game ini adalah seorang siswa yang ingin menjadi pembaca pidato perpisahan hingga mengancam akan membunuh demi mewujudkan keinginannya.

Di game ini, anak akan membantu Nancy Drew menyelidiki kasus tersebut, membantunya bergerak, serta mengecek ruangan satu per satu demi memecahkan misteri.

Untuk memperoleh game ini, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 19,99 US dolar.

Download

8. Kids Farm

Game peternakan
play.google.com

Game edukasi anak android yang satu ini akan mengenalkan dan mengajari anak tentang berbagai hal yang dapat ditemukan di ladang.

Game Kids Farm ini dilengkapi dengan visual grafik yang colorful, menampilkan berbagai jenis hewan, bangunan, makanan, serta peralatan yang dapat menarik perhatian anak.

Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan answermode di mana Anda dapat mengaktifkan mode tersebut dan anak harus menebak gambar terlebih dahulu sebelum berpindah ke gambar berikutnya.

Download

9. Children’s Doctor: Dentist

game edukasi anak offline
play.google.com

Children’s Doctor: Dentist merupakan game yang dapat mengedukasi anak tentang betapa pentingnya kesehatan mulut dan gigi.

Di game ini, anak akan berperan sebagai dokter gigi yang memeriksa gigi pasien. Anak dapat belajar tentang berbagai peralatan untuk menjaga kesehatan gigi, termasuk mencabut gigi yang harus dicabut.

Dengan game ini, anak tidak hanya belajar tentang apa saja peralatan yang digunakan dokter gigi, tetapi juga belajar tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, serta tanggung jawab yang harus diemban sebagai dokter gigi.

Pada dasarnya, game ini merupakan game yang mendukung platform Android. Namun, anak Anda masih dapat memainkannya dengan cara memasang emulator android di PC dan mengunduh game tersebut melalui Play Store.

Download

10. Babysitting Mania

Mainkan Babysitting Mania
ghstatic.com

Seperti namanya, anak akan memerankan karakter babysitter atau pengurus anak di game ini.

Karakter yang akan diperankan oleh anak di game Babysitting Mania adalah seorang gadis remaja bernama Stacy yang bekerja freelance sebagai pengurus anak demi membeli teleskop.

Namun, tugas sebagai babysitter tentunya tidak mudah dan Stacy harus mencuci baju, memungut sampah, dan mengepel muntahan.

Melalui game ini, anak akan belajar cara manajemen waktu yang menyenangkan.

Game yang menuntut kecepatan berpikir dan merespon situasi ini akan melatih kecepatan serta ketangkasan anak untuk menyelesaikan pekerjaan Stacy dalam waktu yang ditentukan.

Namun, Anda perlu membayar kurang lebih 6,99 US dolar untuk mendapatkan game ini.

Download

11. Cake Mania 3

Game Cake Mania 3
gamerevolution.com

Di Cake Mania 3, anak-anak akan diajak untuk mengelola usaha sendiri yang berupa toko kue dengan berperan sebagai Jill Evans.

Jill Evans yang menjadi karakter utama di game edukasi anak PC offline Cake Mania 3 adalah seorang pastry chef yang harus mengelola toko kue sekaligus mempersiapkan pernikahannya.

Untuk bisa menikah, tentunya Jill Evans harus pulang ke rumah.

Namun, untuk bisa pulang ke rumah, Jill Evans harus membangun toko kue di berbagai tempat yang mengagumkan, mulai dari Cina Kuno, revolusioner Perancis, dan pertengahan Inggris.

Dengan kata lain, game ini dibumbui dengan unsur sci-fi sehingga sangat menarik untuk dimainkan.

Melalui game ini, kecepatan respon anak akan diuji karena situasi di toko kue akan kacau setelah pelanggan mulai memesan dan Jill Evans harus memanggang dan memberi icing pada kue.

Download

12. Itzabitza

Game edukasi offline
softpedia.com

Jika Anda memiliki anak balita, game edukasi anak PC offline seperti Itzabitza dapat dijadikan pilihan. Pasalnya, game ini sangat cocok untuk anak yang masih belajar membaca.

Saat memainkan game ini, kemampuan membaca anak akan diuji dengan permintaan tulis dari game. Anak akan diminta untuk menggambar sesuatu di mana objek yang digambar tersebut akan menjadi bagian dari adegan animasi dan berinteraksi dengan karakter di dalam game.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda perlu membimbing anak saat menggambar. Dengan begitu, anak dapat menikmati hasil gambarnya sendiri yang berubah menjadi animasi di sepanjang permainan.

Game ini akan mengasah kemampuan membaca anak sekaligus melatih saraf motoriknya dengan cara menggambar.

Download

`13. Lucidity

Download Game Lucidity
akamaihd.net

Inti dari game Lucidity adalah pemain harus membantu karakter di dalam buku dongeng yang tiba-tiba hidup. Pemain harus membantu karakter tersebut untuk melanjutkan perjalanan dengan bermacam cara.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu karakter tersebut adalah dengan menempatkan barang di tempat yang tepat mulai dari tangga, spring boards, dan jembatan.

Selain itu, pemain game ini juga bertugas untuk membantu karakter untuk menghindari perangkap serta hewan berbahaya.

Walau tampak sederhana, Lucidity adalah game edukasi yang menantang dan bermanfaat untuk mengasah otak anak.

Download

14. Crayon Physics

Game Crayon Physics
pinterest.com

Di antara game edukasi anak PC offline yang ada, Crayon Physics adalah salah satu yang menuntut anak untuk berimajinasi dengan memutar otak.

Dengan visual grafik yang menyerupai goresan crayon di atas kertas, inti dari game bertingkat ini adalah anak yang memainkannya harus memindahkan bola ke tempat tertentu. Dengan cara inilah mereka bisa menang.

Agar bisa menang, pemain diharuskan untuk menggambar sketsa objek baru seperti tangga, slide atau apa pun sebagai trik untuk memindahkan bola.

Game Crayon Physics tidak memberikan aturan atau ketentuan tentang objek yang harus digambar sehingga anak dapat menggambar apa pun untuk menyelesaikan game ini.

Download

15. Littlest Pet Shop

game edukasi anak
pinterest.com

Umumnya, kepolosan anak-anak membuat mereka menyukai binatang, terutama binatang peliharaan.

Untuk anak yang menyukai binatang, Anda bisa mencoba mengenalkannya kepada Littlest Pet Shop, suatu game edukasi anak pada perangkat android offline yang sangat direkomendasikan.

Di game ini, anak dapat melakukan banyak hal, terutama membangun petshop atau toko hewan sendiri dan menjelajahi tiga lingkungan unik yang tersedia.

Ada 16 teka-teki yang harus diselesaikan dan mini game yang dapat memberikan playset, aksesoris, dan hewan peliharaan baru dari 32 jenis hewan peliharaan populer yang ada di dalam game ini.

Download

Itu tadi rekomendasi game edukasi untuk anak yang bisa dimainkan pada perangkat PC dan android Anda. Meski begitu, Anda sebagai orangtua harus tetap mengawasi anak Anda agar tetap terkontrol.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan