Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Fitur dan Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP

2 min read

Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIp

Pengertian jaringan VoIP atau voice over internet protocol merupakan jaringan yang menyediakan layanan internet multimedia. Jaringan ini memiliki struktur yang lebih rumit dari jaringan komputer. Untuk mengamankannya, perlu firewall yang diaktifkan yang memiliki berbagai fungsi penting. Fungsi firewall pada jaringan voip sendiri terdiri dari beberapa fungsi berikut.

Fungsi Firewall untuk Sebuah Jaringan Voip

1. Alat pertahanan dari hacking

pertahanan dari hacking
blog.logsign.com

Firewall pada jaringan VoIP berfungsi sebagai alat pertahanan pertama untuk mencegah percobaan peretasan atau hacking.

Pengertian hacking sendiri adalah perusakan struktur jaringan yang dapat dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Firewall akan menjaga informasi rahasia supaya tidak keluar tanpa izin dari pengguna.

2. Mengontrol paket data

Firewall harus dapat mengatur, mengawasi, memfilter, dan juga mengontrol aktivitas komputer yang terhubung ke internet. Fungsi firewall pada sebuah jaringan voip ini adalah untuk mengontrol izin akses jaringan privat.

3. Memeriksa paket data

Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP
jalantikus.com

Fungsi selanjutnya dari firewall adalah untuk memeriksa paket data yang akan melewati jaringan voip.

4. Memberikan akses

Firewall dapat memeriksa keamanan atau ancaman yang bisa masuk melalui sebuah jaringan yang terhubung ke komputer.

Firewall dapat memberi akses untuk izin dari sistem yang aman. Sedangkan jika ada ancaman dari sebuah jaringan atau sistem, firewall dapat memblokir akses tersebut.

5. Mendeteksi protokol aplikasi

fungsi firewall pada jaringan voIP
itpedia.nl

Fungsi firewall pada jaringan voip yang lainnya adalah untuk memeriksa header paket data dan juga mendeteksi protokol aplikasi dengan lebih spesifik.

6. Merekam lalu lintas

Fungsi dari firewall untuk jaringan voip adalah untuk mencatat atau merekam aktivitas atau lalu lintas yang terjadi. Hal tersebut berguna untuk mendeteksi apabila ada percobaan pembajakan jaringan.

7. Melindungi physing, deface, dan carding

Melindungi dari physing
nouveau.co.uk

Sedangkan phiysing adalah pemalsuan data yang dilakukan oleh orang yang tidak berwenang. Deface diketahui sebagai modifikasi pada sebuah website oleh pihak luar secara ilegal. Selanjutnya carding atau pencurian identitas perbankan yang dapat merugikan.

8. Meminimalkan peluang ancaman

Firewall dapat mengidentifikasi ancaman yang mungkin berbahaya dari sebuah jaringan. Fungsi ini dapat meminimalkan peluang untuk terkena serangan, baik malware, serangan hacker, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Ancaman yang Dapat Dicegah Firewall 

Ada beberapa istilah ancaman atau gangguan yang digunakan di dunia networking. Jaringan yang terhubung ke komputer selalu memiliki peluang ancaman. Firewall dipasang untuk melindungi berbagai ancaman atau serangan tersebut.

1. Fabrication

Fungsi firewall adalah untuk melindungi dari ancaman fabrication yaitu objek palsu yang disisipkan di dalam sebuah sistem. Serangan ini biasanya berbentuk pesan palsu yang dikirim ke orang lain.

2. Interruption

fungsi firewall
detik.net.id

Fungsi firewall pada jaringan voip adalah untuk melindungi dari ancaman interruption. Ancaman ini dapat menyerang sistem dan memblokir sehingga tidak dapat diakses oleh yang berwenang. Interruption dapat merusak perangkat keras dan juga saluran jaringan.

3. Modification

Ancaman yang selanjutnya adalah modification atau perubahan pada suatu aset atau data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Serangan ini biasanya berupa perubahan data hingga pesan yang diubah saat dipindahkan oleh suatu jaringan. Fungsi firewall pada jaringan voip adalah untuk mencegah hal tersebut.

4. Interception

ancaman interception
detik.net.id

Firewall untuk jaringan voip adalah untuk melindungi dari ancaman interception. Serangan ini umumnya berupa penyadapan yaitu saat pihak luar yang tidak berwenang mengambil alih akses dari suatu aset.

Hal tersebut biasanya dilakukan untuk dapat mengambil atau mengubah suatu data melalui sebuah jaringan.

Itulah beberapa fungsi firewall pada jaringan voip dan ancaman-ancaman yang dapat dicegah oleh firewall. Intinya adalah firewall berfungsi untuk mencegah berbagai gangguan seperti hacking dari melalui jaringan tertentu.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan