11 Font untuk Buku dari Jenis Serif dan Sans Serif

Berencana untuk menulis buku? Buku yang akan diterbitkan di berbagai media online maupun di media tercetak sebaiknya menggunakan font untuk buku yang paling tepat.

Jenis font yang paling cocok untuk buku sendiri terbagi menjadi 2 jenis utama, yaitu font serif dan font sans serif. Apa bedanya?

Font serif dikenal sebagai font dasar dengan ciri utama berupa busur elit yang terdapat di bagian akhir huruf yang gunanya menjaga mata pembaca tetap nyaman.

Sans serif merupakan font yang tidak mempunyai busur elit. Font ini seringkali digunakan di tulisan dengan tema ilmiah.

Pilihan Font untuk Buku yang Paling Tepat

Yang termasuk dalam jenis font serif antara lain Georgia, Perpetua, Rockwell, dan Times New Roman.

Sedangkan yang termasuk dalam jenis font sans serif antara lain adalah Arial Black, Arial, Tahoma, dan yang lainnya.

Yang manakah yang paling bagus untuk digunakan dalam penulisan buku?

1. Roboto

download roboto font

Font Roboto seringkali digunakan di bagian isi buku serta di bagian halaman sampul buku. Font ini banyak digunakan di berbagai tulisan yang diterbitkan di media online.

Ada juga buku petunjuk atau manual yang ditulis dengan menggunakan Roboto. Font ini mempunyai tampilan yang ramping, mirip dengan Arial, tapi tampak lebih manis.

Download

2. Lato

lato font gratis

Berikutnya ada Lato yang termasuk dalam jenis sans serif. Font ini mempunyai tampilan yang netral serta serius saat digunakan untuk menulis bagian isi dari sebuah buku.

Tadinya font Lato ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan korporat. Tapi sekarang Anda juga bisa menggunakan font ini untuk membuat tulisan yang nantinya akan diterbitkan.

Download

3. Cambria

Cambria font terbaru

Nama font ini memang mirip dengan nama sebuah universitas terkenal di luar negeri, yaitu Cambridge. Karena pada dasarnya Cambria memang dirancang untuk tulisan bertema akademik.

Jika Anda sedang mencari sebuah font untuk membuat buku dengan tema motivasi, pengetahuan, teknologi, atau tema akademis lain, font Cambria akan sangat cocok untuk digunakan.

Download

4. Droid Sans

Droid Sans font

Termasuk dalam jenis sans serif, Droid Sans dirancang khusus untuk menjadi salah satu font yang serbaguna, terbuka, serta ramah di mata. Pembaca pun akan merasa nyaman membaca tulisan.

Droid Sans sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan buku elektronik. Gunakan font Droid Sans di perangkat web, menu web, dan halaman situs.

Download

5. PT Sans

font untuk buku terbaik

Seperti font untuk buku sebelumnya, PT Sand merupakan jenis sans serif. Font ini merupakan bagian dari suatu proyek bernama Public Types of Russian Federation.

Tujuan diciptakannya font ini adalah untuk memperagakan berbagai teks dalam berbagai bahasa yang tersedia di bumi. Font PT Sans sangat serbaguna dan bisa digunakan di buku.

Download

6. Playfair Display

font untuk buku gratis

Font ini dipengaruhi oleh proses transisi dari teknologi cetak dan tulisan di abad ke-18. Abad itu adalah saat pena bulu tidak lagi digunakan dan diganti dengan penggunaan pena baja.

Pena baja mempunyai ujung yang lebih tajam sehingga hasil tulisannya juga lebih halus. Playfair Display mempunyai tampilan yang cocok untuk headline.

Download

7. Utopia

font untuk buku

Jika Anda sedang mencari font yang tebal, lurus, tegas, proporsional, dan seimbang, Anda membutuhkan Utopia. Font ini menggambarkan keseriusan dan harapan serta cita-cita.

Font Utopia adalah pilihan yang paling cocok bagi Anda yang sedang mencari font untuk buku untuk membuat tulisan dengan tema sejarah, politik, sosial, dan agama.

Download

8. Sabon

Unduh Sabon font

Sabon merupakan font yang paling pas untuk digunakan dalam penulisan karya fiksi, misalnya cerpen atau novel dengan tema romance atau percintaan.

Sabon sendiri tersedia dalam berbagai gaya, antara lain bold italic, bold, italic, serta roman. Ada berbagai jenis font Sabon, termasuk Monotype Sabon, Linotype Sabon, dan Linotype Sabon eText.

Download

9. Candara

Candara font gratis

Sebuah font dengan lekukan yang tidak terlalu tegas ini sangat cocok untuk digunakan dalam penulisan sebuah puisi. Meskipun lekukannya tidak terlalu tegas, font ini memiliki keseriusan.

Kesan serius yang dibawa oleh Candara dikombinasikan dengan gaya non formal yang membuatnya cocok digunakan untuk menulis buku dengan tema sastra seperti sajak.

Download

10. Baskerville

Free Baskerville font

Font terbaik berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menulis sebuah buku adalah Baskerville yang dirancang untuk menulis berbagai karya cerpen, prosa sastra, dan naskah drama.

Buku yang mempunyai kesan serius, dalam, dan berat bisa menggunakan font jenis ini. Huruf di font ini mempunyai tampilan yang mirip dengan tulisan dari pena.

Download

11. Avenir

Download Avenir font

Jenis font sans serif lain yang bisa digunakan untuk membuat buku adalah Avenir buatan Adrian Frutiger tahun 1988. Avenir yang mempunyai arti ‘masa depan’ ini mempunyai tampilan geometris.

Tampilannya yang geometris ini terinspirasi dari beberapa font sans serif lainnya seperti Erbar buatan Jakob Erbar serta Futura buatan Paul Renner.

Download

Pastikan Anda memilih salah satu font untuk buku yang paling sesuai dengan tema buku Anda.

Jika buku tersebut memuat banyak sekali informasi, gunakan font yang tidak akan membuat mata pembaca kelelahan dalam memproses banyak susunan huruf yang Anda sajikan.

Leave a Comment