11 Font Kaligrafi Arab yang Mudah Dibaca

Inspirasi font kaligrafi Arab sangat dibutuhkan, terlebih lagi saat mendekati bulan Ramadhan dan hari-hari raya seperti Idul Adha atau Idul Fitri.

Tema font semacam ini adalah font musiman yang jarang digunakan tapi laris manis saat musimnya tiba. Ada berapa font Arabic yang tersedia?

Banyak sekali Arabic font yang bisa Anda pakai untuk membuat desain kartu undangan dan desain lainnya tampak lebih alami.

Tapi pastikan Anda memilih salah satu atau beberapa yang paling mudah untuk dibaca. Sehingga orang yang menerima desain tersebut tidak kesulitan mengartikannya.

Pilihan Font Kaligrafi Arab yang Nyaman Dibaca

Apa maksudnya memilih Arabic font yang mudah dibaca? Font yang enak dipandang adalah yang ukurannya tidak terlalu kecil atau tipis.

Meskipun suatu font tampak indah dan cocok untuk sebuah desain, kalau susah untuk dimengerti tentunya tidak membuat pesannya tersampaikan dengan baik.

Dari antara sekian banyak font bergaya Arabic yang tersedia, berikut ini adalah yang sudah melewati proses seleksi dan terbukti lebih mudah untuk dibaca.

1. Sketsa Ramadhan

Sketsa Ramadhan Font

Pilihan pertama datang dari Hendra Pratama. Sketsa Ramadhan mempunyai desain yang menarik, tampilan boldness atau ketebalan yang pas, serta gaya Arabic yang tidak berlebihan.

Terdapat beberapa titik yang menghiasi beberapa huruf, tidak hanya kapital tetapi juga huruf kecil. Sayangnya, Hendra Pratama belum melengkapi font angka dengan gaya Arabic yang sama.

Baca juga:

2. Bismillah

Unduh Bismillah Font

Font karya Mikrojihad Typography ini sedikit mirip dengan Sketsa Ramadhan. Misalnya gaya atau tampilan titik yang digunakan sama-sama berbentuk segi empat.

Bedanya adalah huruf kecil di font Bismillah mempunyai sedikit ekor di belakangnya. Sehingga huruf-huruf yang diketikkan akan tampak seolah tersambung dengan huruf di belakangnya.

3. Aladdin

Dapatkan Aladdin font

Aladdin adalah font bertema kaligrafi Arab yang sangat lengkap. WSI sang pencipta Aladdin tidak hanya membuat huruf kapital dan huruf kecil tampak menarik.

WSI juga menyediakan font untuk angka, berbagai tanda baca dan simbol, huruf-huruf dengan diakritik. Bahkan bentuk diakritiknya pun berbeda-beda sesuai dengan huruf aslinya.

4. Zanzibar

Zanzibar font free

Zanzibar adalah font buatan Sharkshock yang mirip dengan Aladdin. Yang membedakan Zanzabar dari Aladdin adalah bentuk font kapitalnya. Zanzibar cenderung lebih bulat.

Selain itu, font kaligrafi Arab yang satu ini kurang lengkap, tidak seperti Aladdin. Meskipun sudah tersedia font untuk angka, font untuk simbol dan tanda baca masih sangat terbatas.

5. Arabic Magic

Arabic Magic font Gratis

Arabic Magic adalah font buatan Jonathan S. Harris yang tampilannya sangat unik. Huruf-hurufnya, baik kapital maupun huruf kecil mempunyai tampilan yang agak Italic atau miring.

Semua huruf kapital dan angkanya dihiasi tanda titik di samping, atas, atau bawah font. Sayangnya, font ini juga belum dilengkapi dengan font untuk tanda baca.

6. Shaumy

Unduh Shaumy font

Banyak orang lebih suka membaca sesuatu yang tampak halus dan enak dipandang. Shaumy misalnya, adalah font yang nyaman untuk dilihat karena lengkungannya yang tampak halus.

Khurasan merancang font Shaumy ini dengan baik. Tersedia font bergaya Arabic untuk huruf besar, huruf kecil, angka, serta beberapa tanda baca dan simbol.

7. Eskindar

Download Eskindar font

Font kaligrafi Arab berikutnya adalah buatan Iconian Fonts yang lebih cenderung ke arah modern font. Semua huruf yang Anda ketik menggunakan font ini akan menjadi huruf kapital.

Tapi jika Anda mengetikkan huruf kapital, Eskindar akan menampilkan huruf tersebut dengan ukuran lebih besar daripada huruf-huruf lainnya. Font ini lengkap dengan angka.

8. Rodja

font kaligrafi Arab Gratis

Pencipta font Bismillah juga menciptakan font bergaya Arabic lain yang layak dicoba. Font Rodja ini tersedia dalam berbagai gaya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Anda bisa menggunakan font ini untuk membuat tulisan bergaya Arab yang setiap hurufnya tersambung atau memilih gaya lain tanpa sambungan di setiap hurufnya.

9. Barokah Ramadhan

Unduh font kaligrafi Arab

Selanjutnya ada font dari Gartype Studio yang mempunyai tampilan unik, menarik, tapi tetap mudah untuk dibaca. Font ini mempunyai garis-garis huruf yang tegas sehingga enak untuk dipandang.

Sayangnya, Gartype Studio masih belum melengkapi font ini dengan font khusus untuk bagian angka. Meskipun demikian, font ini sudah dilengkapi dengan tanda baca.

10. Khodijah

Download font kaligrafi Arab

Font karya Arterfak Project ini mempunyai garis-garis yang lembut dan nyaman di mata. Huruf kecilnya mempunyai ekor kecil yang membuatnya tampak terhubung dengan huruf lain setelahnya.

Lengkap dengan font angka, tanda baca, dan simbol, Anda bisa menggunakan font bergaya Arabic yang unik dan indah ini untuk melengkapi berbagai proyek desain.

11. Kareem Mubarak

Kareem Mubarak font

Terakhir, ada font kaligrafi Arab dari Double Z Studio yang sangat cocok untuk digunakan sebagai desain untuk kemasan. Dengan perpaduan garis tebal dan tipis, font ini terlihat sangat menarik.

Sayangnya, hanya font untuk huruf kapital dan huruf kecil saja yang tersedia. Belum ada font angka dan tanda baca yang bisa digunakan.

Yang manakah dari kesebelas font diatas yang akan menjadi pilihan utama Anda?

Leave a Comment