Apa Itu Contoh Paket Dropship Shopee dan Resi Otomatisnya?

Tisucoding.com – Dropship bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha minim modal. Bagi yang ingin mempelajarinya, sebaiknya ketahui contoh paket dropship Shopee. Mengingat aplikasi toko orange ini memang banyak digunakan di tanah air.

Jadi, kamu memiliki kesempatan besar menjadi dropshipper dengan penghasilan terbilang lumayan. Namun, tidak sedikit yang merasa bingung dengan contoh paket yang dikirim melalui dropship. Bagi yang penasaran dengan sistem penjualan satu ini, simak ulasan berikut.

Pengertian Paket Dropship Shopee

Apa itu contoh paket dropship Shopee? Pada dasarnya, paket tersebut merupakan pesanan pelanggan toko online kamu yang dikirimkan oleh supplier. Meski demikian, alamat yang tercantum bukan supplier itu sendiri.

Melainkan nama toko kamu sendiri beserta nomor HP dan alamat. Namun, untuk alamat memang harus disamakan dengan supplier agar estimasi ongkos kirimnya sama.

Bagaimana dengan Resi Paket Dropship Shopee?

Tidak sedikit yang ingin memulai dropship namun bingung dengan sistem resinya. Bagi dropshipper pemula seringkali melakukan kesalahan dengan double resi. Resi pertama berasal dari checkout yang dilakukan pembeli di toko kamu.

Sedangkan resi kedua berasal dari pembelian produk konsumen tersebut di supplier. Double resi seperti ini cenderung ribet dan sudah dilarang di Shopee. Oleh karena itu, diperlukan resi otomatis yang disediakan supplier pilihan.

Jadi ketika ada pembeli yang checkout, kamu bisa copy alamat dan namanya terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pemesanan produk yang sama ke supplier lalu aktifkan pilihan Kirim Sebagai Dropship.

BACA JUGA  2 Cara Menghapus Produk di Shopee Paling Mudah untuk Seller Pemula

Cara Jadi Dropship Shopee untuk Pemula

Contoh Paket Dropship Shopee

Shopee menjadi salah satu marketplace yang mendukung dropship untuk pemula. Namun bagi jika masih bingung, berikut beberapa tips dropship yang mudah dilakukan.

1. Tentukan Produk

Penting untuk menentukan produk mana yang sedang diminati konsumen. Kamu bisa menemukan berbagai macam produk di aplikasi orange. Mulai dari peralatan rumah tangga, baju bayi, skincare, sepatu, dan sebagainya.

2. Mencari Supplier Terpercaya

Perlu diketahui bahwa tidak semua seller welcome dengan dropshipper. Oleh karena itu, penting untuk bertanya terlebih dahulu kepada seller yang hendak dijadikan supplier. Kamu bisa menghubunginya via chat untuk menanyakan seputar dropship produk.

Tipsnya cari seller yang sudah Star Seller dengan performa chat dan rating toko memuaskan. Minimal 90% responsif membalas chat dan rating ulasan minimal 4.7. Hal ini penting dipertimbangkan karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan di toko online kamu.

3. Siapkan Pertanyaan Seputar Dropship

Masih bingung bagaimana cara yang pas menghubungi seller untuk sistem dropship. Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan penting berikut ini untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

  • Apakah bisa dropship produk di toko ini?
  • Apa sudah mendukung resi otomatis?
  • Apakah stok produk selalu ready sesuai keterangan postingan?
  • Apakah paket di-pick up jasa pengiriman atau diantar ke ekspedisi terdekat?

Jika toko menyediakan layanan dropship, selanjutnya kamu bisa meminta nomor WhatsApp. Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan proses pemesanan ke supplier tersebut.

4. Meneruskan Pesanan ke Supplier via WA

Tidak sedikit yang penasaran dengan contoh paket dropship Shopee. Namun, kamu perlu meneruskan pesanan yang masuk ke supplier melalui WA terlebih dahulu. Setelah itu, supplier akan mengemas produk menjadi paket dropship.

BACA JUGA  4 Cara Mencari Toko di Shopee Kurang dari 1 Menit

Untuk lebih jelasnya, berikut alur pemesanan paket dropship di aplikasi toko orange.

  • Pembeli checkout produk di toko Shopee kamu.
  • Teruskan pesanan ke nomor WA supplier dengan melampirkan informasi toko kamu, resi pesanan, dan informasi pembeli.
  • Selanjutnya supplier akan cetak resi otomatis.
  • Supplier akan mengirimkan total tagihan pesanan produk yang harus dibayar dropshipper.
  • Jika sudah dibayar, maka paket dropship akan segera dikirimkan supplier.
  • Apabila paket sudah sampai, otomatis dana yang dibayarkan pembeli akan masuk ke saldo toko kamu.

Dropship banyak diminati karena tidak perlu stok barang seperti yang dilakukan reseller. Kamu hanya perlu menyiapkan modal untuk menalangi dana pembelian produk konsumen ke supplier. Pada contoh paket dropship Shopee, tertera nama toko sehingga bukan informasi supplier.