Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Update Windows 10 Terbaru

2 min read

cara update windows 10
Banyak orang yang tidak tahu, padahal cara update Windows 10 sangat mudah. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan!

Tisucoding.com – Sejak Januari 2020 lalu, Microsoft mulai menghentikan dukungan sistem operasi Windows 7 yang sudah 10 tahun populer digunakan banyak orang. Meski hingga kini popularitas Windows 7 belum juga surut, Windows sudah mempersiapkan sistem operasi yang lebih baru lagi, yaitu Windows 10.

Meski begitu, bukan berarti sistem operasi Windows 7 tidak bisa sama sekali digunakan. Sistem ini masih bisa digunakan pada PC, namun tidak ada lagi dukungan dari Microsoft akan membuat keamanan pada perangkat PC lebih rentan terhadap serangan virus dan semacamnya.

Jika Anda ingin PC Anda mendapatkan dukungan keamanan, maka Anda bisa meng-update sistem operasi ke Windows 10. Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mendapatkannya secara gratis.

Hanya saja, Anda perlu memiliki sistem operasi Windows 7 atau Windows 8 versi asli atau legal. Anda yang memiliki sistem operasi Windows 7 Home akan di-update menjadi Windows 10 Home dan Windows 7 Pro akan di-update menjadi Windows 10 Pro.

Namun, tidak semua orang paham cara update Windows 10. Padahal, sebagai pengguna Anda sebaiknya harus paham cara meng-update Windows 10 sendiri.

Cara Update Sistem Operasi Windows 10

Dengan mengupdate Windows 10, Anda dapat meningkatkan keamanan, memperbaiki kesalahan atau error, menjamin kualitas sistem operasi, dan mempertahankan kompatibilitas PC Anda.

Oleh karenanya, berikut ini kami beritahukan beberapa cara update Windows 10 Terbaru.

Update Windows melalui Media Creation Tool

Cara yang pertama untuk mengupdate Windows 10 adalah dengan update Windows melalui Media Creation Tool atau lebih dikenal dengan singkatan MCT.

MCT merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk update Windows 10 langsung dari server Microsoft. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Step 1. Unduh aplikasi Media Creation Tool, pilih yang khusus versi Windows 10.

Step 2. Setelah terpasang pada PC atau laptop Anda, tekan tombol “Upgrade this PC now”. Klik “Next” untuk mengunduh file upgrade.

Upgrade this PC now

Step 3. Setelahnya akan muncul halaman ketentuan lisensi, bacalah jika ingin paham lebih detil. Kemudian kik “Accept” untuk menuju proses selanjutnya.

ketentuan windows 10

Step 4. MCT akan melakukan cek ketersediaan update Windows 10. Jika ada, maka sistem akan mengunduhnya secara otomatis.

cek ketersediaan windows

Step 5. Selanjutnya akan muncul halaman bertuliskan “Ready to Install”, serta pastikan Anda check list “Install Windows 10 Pro” dan “Keep Personal Files ans Apps”. Fungsinya, agar mencegah dokumen dan aplikasi tidak hilang saat proses update sedang berjalan.

cara update windows 10

Step 6. Selanjutnya, klik “Install” dan tunggu hasil proses hingga tuntas. Kemudian, install hasil unduhan tadi.

menginstall windows 10

Update Windows melalui Update Assistant

Update Windows melalui update assistant dianggap merupakan dara yang paling mudah, karenanya cara ini adalah yang paling umum dilakukan. Syarat utama untuk melakukan update dengan cara ini adalah memiliki koneksi internet yang stabil.

Namun, saran kami gunakanlah wifi dan bukan paket data. Tujuannya untuk menghemat penggunaan kuota. Sebab, cara yang satu ini memiliki unduhan memori file yang cukup besar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sekali lagi, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Unduh file-nya dari situs yang terpercaya. Jangan lupa untuk membuat salinan atau back up file untuk data-data penting Anda.
  • Sebagai opsi, Anda juga bisa membuat recovery file.
  • Setelah file selesai diunduh, temukan hasil unduhan tersebut dan lakukan pemasangan pada PC.
  • Setelah aplikasi terpasang, Anda bisa langsung memulai proses update ke Windows 10 dengan cara menjalankan aplikasi Update Assistant.
  • Setelah aplikasi terbuka klik tombol “Update Now”, sistem akan melakukan pemeriksaan terhadap perangkat untuk memastikan bahwa perangkat Anda sudah memenuhi syarat yang kompetibel untuk sistem operasi ini. Jika proses ini sudah selesai, maka secara otomatis proses unduhan akan berlangsung.
    update windows 10 dengan update assistant
  • Selesai melakukan pengunduhan, klik “Next” dan tunggu proses update selesai dilakukan.
    update assistant
    restart update assistant
  • Kemudian, sistem akan melakukan restart PC dengan persetujuan Anda dan ini merupakan langkah akhir dari update sistem operasi Windows 10.
  • Setelah PC menyala kembali, Anda bisa langsung menggunakan PC dengan sistem operasi yang baru atau sudah ter-update.

Update Windows melalui Windows Update

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan update Windows melalui Windows Update yang merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi pada PC Anda.

Artinya, Anda tidak perlu lagi mengunduh software apapun. Berikut langkah sederhana menggunakan metode ini:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan”.
  • Klik tombol ‘Check for Updates/Periksa Ketersediaan Pembaharuan”. Jika ada, sistem akan otomatis melakukan pengunduhan.
    update windows melalui windows update
  • Setelah selesai diunduh, restart PC.
  • Selanjutnya, sistem operasi Windows 10 secara otomatis akan melakukan proses update dan Anda tinggal menunggu hingga proses update selesai.

Untuk cara yang satu ini, disarankan untuk melakukan update setelah ada notifikasi update. Anda bisa saja meng-update tanpa menunggu notifikasi update, namun ini bukan saran terbaik dari kami. Sebaiknya, update saat ada notifikasi yang memerintahkan Anda untuk update.

Jika Anda tidak menginginkan windows update, silahkan baca cara mematikan auto update windows 10.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *