Cara Setting Joystick Need for Speed Underground 2 di PC

Bagaimana Cara Setting Joystick Need for Speed Underground 2 di PC? Meski genre game sudah banyak di masa sekarang, game dengan genre balapan masih tetap memiliki keistimewaan di hati penggemarnya.

Buktinya sampai saat ini masih ada saja game bergenre balap yang diproduksi, misalnya adalah seri game Need for Speed yang terus mengeluarkan seri baru sejak dirilis pertama kali pada tahun 1994.

Meski 25 tahun telah berlalu sejak game seri game pertamanya dirilis, pada tahun 2019 lalu, Electronic Arts mengeluarkan game yang ke-25 dari Seri Need for Speed, yaitu Need for Speed Heat.

Dari banyaknya seri game Need for Speed, salah satu yang sukses secara komersial adalah Need for Speed: Underground 2 yang dirilis pada tahun 2004.

Kesuksesan game ini dapat dilihat dari penjualannya yang memecahkan rekor di Inggris. Game balapan lintas platformini dikembangkan oleh EA Black Box dan diterbitkan oleh EA Games.

Sebagai game video lintas platform, Need for Speed: Underground 2 tersedia dalam banyak platform seperti Playstation 2, Xbox, PlayStation Portable, GameCube, Nintendo DS, Game Boy Advance, dan Microsoft Windows.

Oleh karena itulah Anda dapat memainkan game balapan ini di PC.

Namun, jika Anda lebih nyaman bermain menggunakan joystick dibanding menggunakan keyboard dan mouse, maka Anda perlu mencari cara setting joystick Need for Speed Underground 2 di PC.

Menggunakan Emulator Controller

Beberapa game PC ada yang mendukung atau support joystick sehingga perangkat dapat langsung terbaca oleh sistem game.

Namun, ada juga game PC yang tidak mendukung joystick sehingga device tetap tidak terbaca sekalipun sudah dihubungkan dengan PC.

Need for Speed: Underground 2 adalah salah satunya. Oleh karena itulah cara setting joystick Need for Speed Underground 2 di PC membutuhkan emulator controller agar joystick dapat terbaca, misalnya dengan menggunakan Xbox 360 Controller yang dapat diunduh di situs official www.x360ce.com.

Sebelum mengunduh emulator controller, Anda harus mengetahui tentang versi game yang digunakan terlebih dahulu apakah versi 32-bit atau 64-bit.

Anda hanya perlu mengecek direktori Need for Speed Underground 2 di PC Anda.

Apabila terdapat file yang namanya mengandung “x86”, maka versi game tersebut adalah 32-bit. Namun, jika terdapat “x64” pada nama file game, maka versi game tersebut adalah 64-bit.

Setelah mengetahui tentang versi game yang digunakan, selanjutnya Anda harus mengunduh emulator controller dengan versi yang sesuai. Setelah mengunduh emulator controller, ekstrak file unduhan tersebut.

Hasil dari proses ekstraksi adalah file atau berkas dengan nama x360ce. Copydan Paste file tersebut pada direktori game Need for Speed: Underground 2.

Berikutnya, jalankan program atau software emulator controller tersebut dengan cara klik kanan pada file, kemudian pilih Run as Administrator.

Selanjutnya, suatu jendela akan muncul yang menampilkan peringatan. Pilih atau klik tombol Create lalu Search Automatically for Settings.

Centang pada bagian Search the Internet untuk menjalankan pencarian otomatis. Oleh karena itulah PC Anda harus terhubung dengan internet.

Selanjutnya, klik Next. Klik Finish saat pencarian sudah selesai yang ditandai dengan munculnya 2 tanda centang berwarna hijau.

Cara setting joystick Need for Speed Underground 2 di PC berikutnya adalah menyesuaikan pengaturan pada joystick.

Jika sudah selesai, klik Save untuk menyimpan penyesuaian tersebut. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pengaturan tersebut, Anda dapat membuka game dan coba menjalankannya.

Leave a Comment