Cara Setting Joystick Naruto Ninja Storm 4

Bagaimana Cara Setting Joystick Naruto Ninja Storm 4 – Siapa yang tidak kenal dengan Naruto? Karakter ninja ciptaan Masashi Kishimoto ini sangat terkenal melalui manganya hingga diadaptasi menjadi serial anime dengan ratusan episode.

Salah satu yang menjadi daya tarik yang membuat Naruto sangat populer adalah banyaknya variasi jurus pada karya originalnya.

Dengan popularitas tersebut, Bandai Namco Entertainment pun merilis game series yang diadaptasi dari kisah Naruto, yaitu Naruto: Ultimate Ninja.

Game yang dikembangkan oleh CyberConnect2 ini terus merilis seri baru seiring dengan popularitas Naruto, salah satunya adalah Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4.

Game ini dirilis untuk platform PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows pada tahun 2016. Pada 2020, game ini dihadirkan di platform Nintendo Switch.

Pada platform seperti PlayStation 4 dan Xbox One, memainkan game Naruto Ultimate Ninja Storm 4 yang bergenre action (fighting game) jelas akan lebih nyaman karena adanya bantalan karet pada controller.

Namun, hal ini tidak dapat ditemukan pada keyboard PC. Oleh karena itulah Anda perlu menghubungkan PC dengan joystick untuk dapat memainkan game ini dengan lebih nyaman.

Langkah-Langkah Setting Joystick Naruto Ninja Storm 4

Untuk dapat memainkan game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 di PC menggunakan joystick, Anda membutuhkan Xbox 360 Controller yang merupakan controller emulator.

Mirip seperti Android emulator yang dapat membantu Anda menjalankan program atau aplikasi khusus Android di PC, controller emulator dapat membantu Anda agar joystick dapat digunakan untuk memainkan game di PC.

Artinya, controller emulator ini sangat penting dalam setting joystick Naruto Ninja Storm 4.

1. Download Xbox 360 Controller

Langkah pertama adalah mengunduh atau download Xbox 360 Controller. Emulator ini dapat diunduh di https://www.x360ce.com.

Ketika masuk ke halaman website tersebut, Anda akan menemukan beberapa pilihan download, yaitu download for all games, download for 32-bit games, dan download for 64-bit games. Pilih yang sesuai dengan bit PC, kemudian klik download.

Jika Anda tidak tahu berapa bit PC Anda, Anda bisa menekan tombol berlogo Windows + R di keyboard PC kemudian ketik “msinfo32” lalu OK.

Anda akan dibawa ke sintem informasi yang menampilkan spesifikasi PC secara lengkap. Lihat di bagian System Type untuk mengetahui bit PC.

2. Ekstrak file

Setelah dowload selesai, buka folder tempat berkas emulator tersebut. Ekstrak berkas tersebut dengan cara klik kanan >Extract.

Saat proses ekstraksi selesai, Anda akan menemukan folder baru hasil ekstraksi. Masuk ke folder tersebut, kemudian Copy atau salin file yang ada di dalamnya.

Selanjutnya, masuklah ke folder tempat data game Naruto Ultimate Ninja Storm 4 disimpan, kemudian klik Paste atau tempel.

Baca juga:

3. Operasikan program

Setting joystick Naruto Ninja Storm 4 dapat dilakukan dengan mengoperasikan program yang baru saja di-copy paste tersebut.

Caranya dengan melakukan double click pada file tersebut hingga muncul jendela. Selanjutnya, pilih Create>Next.

Sebelum mengoperasikan program tersebut, pastikan Anda telah memasang joystick pada PC. Pastikan juga PC Anda terhubung dengan internet agar program melakukan pencarian joystick secara otomatis.

Apabila dua tanda checklist berwarna hijau telah muncul, klik Finish. Lakukan pengaturan tombol controller pada setting joystick Naruto Ninja Storm 4 kemudian Save.

Rename file dengan nama xinput1_3.dll menjadi xinput9_1_0.dll. Setelahnya, Anda dapat masuk ke game Naruto Ninja Storm 4 dan mencoba bermain menggunakan joystick.

Leave a Comment