Cara Setting Joystick Guitar Hero World Tour PC

Bagaimanakah Cara Setting Joystick Guitar Hero World Tour PC? Genre music rhythm merupakan genre yang dapat dijumpai dalam game atau permainan video, contohnya adalah seri Guitar Hero yang dirilis pertama kali pada tahun 2005.

Keunikan dari game yang satu ini adalah bentuk controller-nya yang menyerupai alat musik gitar.

Bedanya, jika pada alat musik sungguhan Anda harus memetik dawai, maka pada controller game ini Anda akan menemukan tombol-tombol berwarna pada bagian fret-nya.

Guitar Hero memiliki banyak seri salah satunya adalah Guitar Hero World Tour yang dirilis di platform Xbox 360 dan Wii pada tahun 2008.

Game yang dirilis di platform Microsoft Windows dan OS X pada tahun 2009 ini sedikit berbeda dengan seri Guitar Hero sebelumnya, yaitu dari segi controller.

Pada Guitar Hero World Tour, controller yang digunakan tidak hanya controller serupa alat musik gitar, tetapi juga ditambah drum dan mikrofon controllers yang digunakan untuk bagian perkusi dan vokal.

Meski pada versi originalnya game ini menggunakan beberapa controller tersebut, game ini dapat menggunakan controller lain seperti joystick, misalnya jika Anda memainkan game ini di PC.

Bagi Anda yang memainkannya di PC dan tidak ingin menggunakan keyboard serta mouse, Anda bisa menggunakan joystick dengan menggunakan controller emulator.

Langkah-Langkah setting joystick Guitar Hero

Sebelum memainkan game Guitar Hero World Tour di PC, Anda harus melakukan pengaturan cara setting joystick Guitar Hero World Tour PC terlebih dahulu. Langkah-langkahnya tidak sulit karena Anda dapat mengikuti tutorial berikut.

1. Unduh emulator

Langkah pertama yang harus dilakukan pada cara setting joystick Guitar Hero World Tour PC adalah mengunduh atau download controller emulator terlebih dahulu.

Fungsi dari controller emulator adalah untuk menghubungkan joystick dan PC Anda dengan benar sehingga nantinya dapat digunakan untuk bermain game.

Dengan controller emulator ini, sebagian besar game dapat mengenali controller Anda baik joystick, gamepad, maupun jenis controller lain tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan.

Controller emulator yang dapat digunakan adalah Xbox 360 Controller yang dapat diunduh di situs resminya https://www.x360ce.com.

Ada beberapa versi emulator controller yang dapat diunduh, yaitu versi 32-bit dan versi 64-bit.

Saat mengunduh, pastikan bahwa versi controller emulator yang diunduh tersebut sama dengan versi game Guitar Hero World Tour yang Anda gunakan.

Namun, jika Anda tidak mengerti versinya secara pasti, tidak masalah jika Anda mengunduh versi yang salah karena Anda bisa mengunduh versi yang lain.

2. Instal emulator

Setelah mengunduh emulator, cara setting joystick Guitar Hero World Tour PC berikutnya adalah menginstal emulator.

Sebelum dapat menginstal, Anda perlu mengekstrak berkas yang telah diunduh terlebih dahulu, baru setelahnya dapat menjalankan aplikasi atau software tersebut.

Saat menjalankan aplikasi, Anda akan melihat peringatan. Klik Create, pilih Search Automatically for Settings, checklist pada bagian Search the Internet, kemudian klik Next. Setelah proses instalasi selesai, klik Finish.

Catatan penting yang harus diingat agar cara ini berhasil adalah PC Anda harus terhubung dengan jaringan intenet. Joystick juga harus sudah dipasang sebelum melakukan pengaturan.

3. Lakukan pengaturan tombol

Untuk melakukan pengaturan tombol joystick, Anda dapat membuat semua settings menjadi default. Caranya adalah dengan menekan atau klik tombol Auto yang ada pada bagian bawah jendela.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyimpan setting joystick Guitar Hero World Tour PC tersebut dengan menekan Save.

Leave a Comment