Cara Setting Joystick GTA San Andreas PC

Bagaimana Cara Setting Joystick GTA San Andreas PC? Grand Theft Auto: San Andreas merupakan salah satu game atau permainan video dengan yang bergenre Action-Adventure.

Game yang lebih dikenal dengan nama GTA San Andreas ini dikembangkan oleh Rockstar North serta diterbitkan oleh Rockstar Games.

GTA San Andreas yang termasuk seri ketiga dari game Grand Theft Auto (GTA) dirilis pertama kalinya pada tahun 2004 di platform PlayStation.

Namun, di tahun berikutnya, game ini dipermortakan ke Microsoft Windows dan Xbox. Meski termasuk game lama, GTA San Andreas tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar game video.

Salah satu cara menikmati game GTA San Andreas ini adalah dengan memainkannya menggunakan PC. Namun, bagi yang belum terbiasa, bermain game menggunakan keyboard akan terasa sulit.

Oleh karena itulah Anda dapat menggunakan joystick, yaitu perangkat yang memang didesain untuk bermain game. Tentunya, Anda harus melakukan setting joystick terlebih dahulu.

Langkah Setting Joystick di PC untuk Game GTA San Andreas

Cara setting joystick di PC sebenarnya dapat dilakukan dengan langkah yang mudah melalui menu Control Panel > Game Controllers, kemudian menambahkan (add) perangkat joystick pada jendela yang bersangkutan.

Namun, cara ini tidak selalu bekerja sehingga Anda tetap membutuhkan cara setting joystick GTA San Andreas PC sebagai berikut.

1. Pasang dan buka game

Tahap pertama cara setting joystick GTA San Andreas PC adalah dengan memasang atau menginstal game yang bersangkutan di PC Anda.

Jika game GTA San Andreas yang akan dimainkan belum diunduh, maka Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dulu.

Setelah game terinstal, Anda harus membuka game yang bersangkutan untuk dapat melakukan pengaturan atau setting joystick.

Baca juga:

2. Lakukan pengaturan

Ketika game GTA San Andreas telah terbuka di PC Anda, Anda dapat memulai langkah-langkah dalam cara setting joystick GTA San Andreas PC.

Saat game terbuka, Anda akan dihadapkan pada menu utama yang terdiri dari Start Game, Options, dan Quit Game. Untuk melakukan pengaturan joystick, Anda perlu memilih menu Options kemudian Controller Setup.

Pada Controller Setup, Anda akan melihat bagian Configuration yang menunjukkan suatu perangkat. Jika pada bagian tersebut masih Mouse + Keys, Anda harus menggantinya dengan Joypad untuk dapat mengatur joystick.

Setelahnya, pilih Redefine Controls yang ada di bagian bawah Configuration. Pada bagian Redefine Control inilah Anda dapat memasukkan dan mengatur tombol-tombol joystick yang akan digunakan.

Ada dua pilihan pada bagian Redefine Controls, yaitu Foot Controls dan Vehicle Controls.

Karena GTA San Andreas merupakan game action-adventure dengan aksi kejar-kejaran baik dengan lari maupun menggunakan kendaraan, maka baik Foot Controls maupun Vehicle Controls perlu dilakukan pengaturan sehingga pergerakan karakter atau kendaraan yang digunakan tetap dapat dikontrol dengan lancar.

Apabila pengaturan tombol joystick pada Foot Controls dan Vehicle Controls telah selesai dilakukan, Anda dapat memilih opsi Back untuk kembali lagi ke menu Controller Setup. Pada menu ini, Anda akan menemukan Joypad Settings.

Pilih menu Joypad Settings tersebut, kemudian cek pada bagian Invert Right Stick X dan Invert Right Axis. Apabila keduanya masih dalam posisi OFF, ubah menjadi ON.

Jika sudah, Anda sudah bisa memainkan game GTA San Andreas di PC dengan menggunakan joystick.

Namun, sebelum melakukan pengaturan pada controller joystick, pastikan bahwa perangkat joystick telah terhubung dengan PC Anda.

Leave a Comment