Cara Setting Joystick di Nox

Bagaimana Cara Setting Joystick di Nox? Memainkan game berbasis android di PC dapat dilakukan dengan mudah.

Pasalnya, kini tidak sulit menemukan software emulator android yang dapat menghadirkan aplikasi berbasis Android ke PC.

Dengan software inilah Anda dapat memainkan game android tanpa menggunakan smartphone android, melainkan menggunakan PC.

Salah satu emulator android yang dapat digunakan untuk memainkan game android di PC adalah Nox Player.

Aplikasi atau software ini memiliki beberapa kelebihan dibanding emulator android lainnya, seperti mendukung operasi emulator lebih dari satu, kompatibel dengan prosesor Intel maupun AMD, mendukung keymapping, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Nox Player yang sangat penting bagi para gamer adalah software ini telah mendukung controller joystick sehingga Anda dapat mermainkan game android di PC dengan menggunakan joystick.

Sayangnya, tidak semua joystick yang dapat ditemui di pasaran didukung oleh Nox Player.

Oleh karena itulah Anda akan membutuhkan software tambahan untuk dapat memainkan game android di PC menggunakan joystick. Aplikasi tersebut adalah JoyToKey.

Mengenal JoyToKey dan Fungsinya

Cara Setting Joystick di Nox

Apa itu JoyToKey? Sebelum lanjut ke cara setting joystick di Nox, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang JoyToKey.

JoyToKey merupakan kependekan dari joystick to keyboard, yaitu suatu software yang dapat membuat PC mengenali tombol-tombol di joystick seperti halnya tombol-tombol keyboard dan mouse.

Dengan menggunakan sofware ini, Anda pun dapat memainkan game di PC dengan menggunakan joystick.

Oleh karena itulah software ini sangat penting, terutama bagi Anda yang merasa lebih nyaman bermain game di PC menggunakan joystick daripada menggunakan keyboard dan mouse.

Untuk dapat  memainkan game android di PC menggunakan joystick, Anda harus download software atau aplikasi JoyToKey terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat di-download di situs resminya, yaitu https://joytokey.net/en/.

Langkah-Langkah Setting Joystick di Nox Player

cara install nox dengan mudah

Agar lebih jelas, cara setting joystick di Nox serta langkah-langkahnya akan dirangkum menjadi satu, yaitu sebagai berikut:

1. Install JoyToKey

Nox Player sebagai emulator android memiliki suatu kelebihan, yaitu telah mendukung atau support joystick sehingga para gamer dapat memainkan game berbasis Android di PC menggunakan controller joystick.

Namun, Nox Player belum mendukung semua joystick, terutama joystick murah yang kisaran harganya di bawah Rp100 ribu.

Artinya, bagi Anda pengguna joystick yang telah didukung oleh Nox Player, maka cara setting joystick di Nox pun lebih mudahdan tidak memerlukan perangkat tambahan.

Namun, bagi Anda yang joystick-nya tidak didukung oleh Nox Player, Anda harus mengunduh aplikasi JoyToKey kemudian menginstal atau memasangnya di PC Anda.

2. Buka game dan atur tombol

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi JoyToKey, Anda bisa melakukan cara setting joystick di Nox berikutnya, yaitu membuka game berbasis Android yang ingin dimainkan di Nox Player.

Pengaturan tombol pada setiap game android yang dimainkan di PC bisa berbeda-beda. Namun, sebelum melakukan pengaturan tombol, Anda disarankan untuk membuka atau melihat pengaturan keyboard atau controller yang digunakan di game.

Cek dan catat huruf atau tombol keyboard yang sebelumnya Anda setting pada game yang bersangkutan karena langkah ini sangat penting untuk pengaturan tombol joystick pada aplikasi JoyToKey.

Jika sudah selesai mencatat, buka aplikasi JoyToKey untuk mengatur dan menyesuaikan tombol.

Anda akan dihadapkan pada jendela yang berisi kolom tombol atau Button dan Function. Ubah “Disabled” pada kolom Function menjadi tombol keyboard yang telah dicatat.

Baca juga:

Leave a Comment