Cara Setting Joystick di Bluestack

Bagaimana Cara Setting Joystick di Bluestack? Sejak era smartphone dimulai, aktivitas browsing, streaming, maupun gaming kini dapat dilakukan menggunakan telepon genggam tanpa harus menggunakan perangkat komputer, PC, atau laptop.

Hal ini membuat semakin meluasnya penggunaan smartphone karena ukuran smartphone yang kecil dan lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Meski begitu, tidak sedikit pula orang yang lebih memilih menggunakan PC atau laptop untuk berselancar di internet maupun bermain game video.

Sayangnya, tidak semua game video yang dapat dimainkan di smartphone (android) dapat dimainkan juga di PC. Pasalnya, beberapa game didesain hanya untuk platform android sehingga tidak dapat dimainkan di PC.

Namun, dengan perkembangan teknologi, Anda kini dapat memainkan game android di PC, yaitu dengan menggunakan emulator android seperti Bluestacks.

Apa itu Bluestacks?

pengertian bluestacks
bukalapak.com

Bluestacks merupakan aplikasi yang dikembangkan pada tahun 2011. Saat itu, sebagian besar game populer hanya dapat dimainkan di PC karena pada saat itu smartphone tengah berkembang dengan masif.

Dengan memperluas batasan game sebagai fokus utamanya, Bluestacks kini dikenal sebagai aplikasi emulator android yang dapat membantu para gamers untuk memainkan game berbasis android di PC.

Sebagai emulator Android, Bluestacks mampu membuat lingkungan atau sistem PC mirip dengan android.

Oleh karena itulah aplikasi emulator Android ini juga dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi lain yang berbasis Android seperti WhatsApp, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Setting Joystick Guitar Hero World Tour PC

Langkah Setting Joystick di Bluestacks

Langkah Setting Joystick di Bluestacks
rahasiatekno.com

Untuk dapat menjalankan game berbasis android di PC, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Bluestacks terlebih dahulu.

Namun, untuk memainkan game berbasis Android di PC, sistem kendali atau controller pun akan berubah. Tidak lagi dengan sentuhan pada layar seperti pada smartphone, melainkan menggunakan mouse dan keyboard.

Meski begitu, Anda juga dapat menggunakan joystick untuk memainkan game android di PC, yaitu dengan cara setting joystick di Bluestack.

1. Download dan instal JoyToKey

Jika Anda telah menginstal aplikasi Bluestacks di PC, cara setting joystick di Bluestack selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi JoyToKey.

Aplikasi atau software ini bersifat gratis dan mudah didapat. Selain itu, ukurannya juga kecil sehingga tidak akan memberatkan PC.

Setelah Joytokey terinstal, buka game Android yang akan dimainkan pada Bluestacks. Pastikan bahwa Anda telah menghubungkan joystick yang akan dipakai dengan PC karena pada langkah berikutnya Anda akan melakukan pengaturan tombol.

Selain memastikan bahwa joystick telah terhubung dengan PC, Anda juga harus memperhatikan tombol-tombol yang digunakan sebagai tombol kendali permainan.

2. Lakukan pengaturan tombol

Cara setting joystick di Bluestack berikutnya adalah melakukan pengaturan tombol atau button assignment pada JoyToKey. Caranya dengan menekan atau klik Bulk Assignment Wizard.

Ketika Anda melihat tanda panah, lakukan penyesuaian dengan cara menekan tombol arah di keyboard. Langkah pengaturan lebih jelasnya bisa berbeda tergantung dari game android yang akan dimainkan.

Sebagai aplikasi yang dibuat untuk memperluas batasan game, Bluestacks sebenarnya telah dibekali dengan fitur tertentu yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game android di PC menggunakan joystick.

Namun, tidak semua game berbasis android mendukung joystick. Selain itu, joystick yang telah didukung juga umumnya bukan joystick sembarangan.

Oleh karena itulah penggunaan JoyToKey sangat penting saat Anda akan memainkan game android di PC menggunakan Bluestacks.

Terutama jika joystick yang Anda gunakan bukan dari brand terkenal yang dibanderol dengan harga mahal.

Leave a Comment