Cara Setting Joystick Bully PC

Bagaimana Cara Setting Joystick Bully PC? Game dengan genre petualangan biasanya menawarkan alur permainan yang dinamis sehingga tidak cepat membuat bosan.

Oleh karena itulah tidak aneh jika game video dengan genre ini banyak diminati. Salah satu game video dengan genre ini adalah Bully yang dirilis pada tahun 2006 oleh Rockstar Vancouver.

Game Bully yang bergenre action-adventure dan open world ini dapat dimainkan di platform Playstation 2, Wii, Microsoft Windows, dan Xbox 360; sedangkan versi android dan iOS-nya dirilis pada 8 Desember 2016.

Karena game Bully ini tersedia dalam versi PC, maka game ini pun dapat dimainkan secara langsung menggunakan PC atau komputer tanpa membutuhkan perangkat atau device tambahan.

Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal game ini di PC untuk dapat memainkannya dengan menggunakan keyboard dan mouse sebagai controller.

Namun, jika Anda merasa kurang suka dan kurang nyaman menggunakan keyboard dan mouse sebagai controller untuk bermain game Bully, Anda dapat menggunakan joystick yang lebih nyaman digunakan.

Untuk melakukannya, Anda akan membutuhkan perangkat atau controller tambahan yang berupa joystick untuk kemudian menerapkan cara setting joystick Bully PC.

Langkah-Langkah Setting Joystick Bully PC

Langkah-Langkah Setting Joystick Bully PC

Untuk dapat memainkan game ini di PC dengan menggunakan joystick, Anda harus memastikan bahwa game Bully PC yang akan dimainkan mendukung joystick yang Anda gunakan.

Jika game yang bersangkutan tidak mendukung joystick, maka Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan Xbox 360 Controller, yaitu emulator controller yang dapat membuat perintah dari tombol joystick terbaca seolah-olah berasal dari keyboard.

1. Download emulator controller

Cara setting joystick Bully PC yang harus dilakukan pertama adalah mendownload emulator controller, yaitu Xbox 360 Controller dari situs resminya di www.x360ce.com.

Saat akan memilih versi (32-bit atau 64-bit), pastikan Anda memilih versi yang sesuai dengan bit game yang akan dimainkan.

Dengan begitu, Anda tidak akan membuang waktu karena harus kembali mendownloadversi lain yang bit-nya sesuai.

Setelah proses download selesai, buka folder tempat emulator controller tersebut. Anda akan menemukan file dengan ekstensi .zip yang belum dapat digunakan dan harus Anda ekstrak (extract) terlebih dahulu.

2. Cari folder instalasi game

Langkah berikutnya setelah mengekstrak emulator controller adalah mencari folder instalasi game.

Apabila di desktop terdapat icon shortcut, Anda dapat menekan klik kanan pada icon > Properties > Open file location.

Namun, jika tidak ada shortcut, Anda bisa melihat aplikasi game di Menu Start > All Program > Properties > Open File location.

3. Jalankan emulator controller

Sebelum menjalankan emulator controller, cara setting joystick Bully PC yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyalin dan menempel (Copy Paste) hasil ekstraksi Emulator Controller, yaitu file dengan nama “x360ce” pada folder instalasi game Bully.

Jika sudah, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as administrator” hingga muncul jendela yang menampilkan peringatan.

Pilih Create > Search automatically for settings agar aplikasi melakukan pencarian secara otomatis menggunakan jaringan internet. Setelah pencarian selesai dan telah muncul dua tanda checklist hijau, klik Finish.

4. Atur tombol

Pada tahap ini, Anda dapat melakukan pengaturan tombol secara default. Caranya adalah dengan memilih opsi Auto pada jendela yang muncul.

Jangan lupa pilih opsi Save untuk menyimpan pengaturan dan penyesuaian tombol joystick. Selanjutnya, Anda dapat memainkan game Bully PC menggunakan joystick.

Baca juga:

Leave a Comment