Cara Scan dengan Epson L3110

Cara scan dengan Epson L3110 cukup mudah untuk dilakukan, bahkan oleh mereka yang masih sangat pemula. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu mulai dari jenis laptop/komputer yang nantinya akan disambungkan dan proses scanning agar sesuai keinginan.

Dengan menggunakan printer ini, pengguna juga bisa langsung melakukan proses cetak secara otomatis. Artinya, bisa difungsikan layaknya mesin fotocopy. Pengguna bisa melakukan proses cetak dengan warna atau hitam putih secara instan.

Cara Scan dengan Epson L3110

Scan Epson L3110 dengan beberapa langkah yang akan dibahas di bawah ini. Ikuti dengan seksama, mulai dari awal hingga akhir untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Berikut cara scan dengan Epson L3110:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan dokumen terlebih dahulu yang akan di scan.
  • Setelah itu, bisa langsung masuk ke dalam laptop.
  • Disarankan untuk langsung menyambungkan printer dengan laptop atau komputer.
  • Masukkan dokumen dalam tempat scanning yang sudah disediakan.
  • Apabila posisinya sudah tepat bisa langsung membuka aplikasi Canon scan 2.
  • Tekan tombol scan yang tersedia pada aplikasi tersebut.
  • Setelah melakukannya, tunggu selama beberapa saat hingga memunculkan dokumen yang sudah dipindai.
  • Selanjutnya, bisa langsung menyimpan ke dalam folder yang sudah disediakan.
  • File yang tersimpan akan memiliki format PDF.

Baca juga:

Tips Melakukan Scanning dengan Epson L3110

cara scan dengan Epson L3110

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan apabila ingin melakukan proses scanning atau pemindaian dengan menggunakan printer Epson L3110. Simak selengkapnya di bawah ini:

BACA JUGA  Mengenal Jenis Kabel Jaringan

1. Perhatikan Ukuran Dokumen

Hal pertama yang harus benar-benar dilakukan ketika akan melakukan proses scanning dengan menggunakan printer Epson L3110 adalah memperhatikan ukuran dari dokumen itu sendiri.

Apabila dokumen yang nantinya akan dipindah memiliki ukuran yang cukup besar, maka akan sulit untuk di scanning secara langsung karena ukuran dari printer yang juga tidak terlalu besar. Tetapi apabila memiliki ukuran A4 atau sejenisnya kemungkinan masih bisa dipindai.

2. Posisi Harus Tepat

Posisi ketika menempatkan dokumen di dalam mesin printer juga harus diperhatikan. Pastikan posisinya berada di tengah-tengah dan sejajar sehingga ketika melakukan proses pembacaan atau scanning tidak akan terlihat miring dan aneh.

Itulah kenapa disarankan untuk berhati-hati atau lebih baik melakukan proses scanning secara perlahan-lahan. Dengan melakukan hal ini, kertas atau dokumen yang sedang dipindai tidak akan banyak bergeser.

3. Lakukan Pratinjau Dahulu

Sebelum melakukan proses penyimpanan, lebih baik ditinjau terlebih dahulu seperti apa hasil dari scanning. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi, maka bisa diulangi lagi. Tapi jika sudah sesuai bisa langsung disimpan.

4. Konversi Sebelum Simpan

Sebelum melakukan proses scanning atau proses penyimpanan, lebih baik diatur terlebih dahulu resolusi dari dokumen yang nantinya disimpan dalam bentuk PDF. Jadi resolusi dan juga jenis kertas yang ada disana bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara scan dengan printer ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan sama sekali. Hal paling penting ketika akan melakukan proses scanning atau fotocopy adalah harus memperhatikan posisi dari dokumen yang akan dipindai.

Hal ini dilakukan agar posisinya tepat dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Apabila tidak diposisikan dengan tepat, kemungkinan besar gambar ataupun dokumen yang ada di dalamnya tidak sesuai dengan harapan.

BACA JUGA  Cara Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Itulah kenapa lebih baik melakukan cara scan dengan Epson L3110 secara hati-hati tanpa menyebabkan dokumen tertekuk atau terpotong. Setelah hasilnya didapatkan, pengguna bisa langsung menyimpannya pada komputer.