Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Komputer / 4 Cara Menginstal Printer Dengan Aman dan Mudah Dilakukan

4 Cara Menginstal Printer Dengan Aman dan Mudah Dilakukan

Printer merupakan alat yang sangat berguna untuk kebutuhan cetak dokumen. Printer yang sudah terintegrasi dengan PC, akan memudahkan penggunanya untuk keperluan cetak dokumen. Namun masih banyak orang yang belum paham cara menginstal printer yang mudah dan aman.

Jika printer belum terinstal, maka pengguna akan mengalami kesulitan saat akan mencetak dokumen. Daripada harus bolak-balik ke warnet untuk numpang print dokumen, lebih baik gunakan printer pribadi dan tinggal menginstallnya dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Menginstal Printer dengan Menggunakan Kabel USB

Cara Menginstal Printer dengan Menggunakan Kabel USB

Dengan menginstal printer pada PC, maka akan memudahkan tiap penggunanya untuk print dokumen dalam waktu singkat. Pengguna bisa lebih mudah melakukan kontrol fungsi printer sesuai dengan kebutuhan cetak dokumen. Bagaimana install printer menggunakan kabel USB?

Bisa dikatakan install printer menggunakan kabel USB sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi kabel USB termasuk benda yang sangat mudah ditemukan, sehingga OS Windows akan lebih mudah mendeteksi secara otomatis ketika hardware baru mencoba untuk menyambungkan.

Ketika sudah tersambung, maka instalasi akan segera dimulai saat kabel USB sudah dicolokkan pada port yang sesuai. Agar tidak terjadi kesalahan saat instal printer menggunakan kabel USB, maka ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

  • Pilih menu Hardware and Sound kemudian klik Printers untuk menambahkan printer baru.
  • Silahkan hubungkan printer pada PC dengan menggunakan kabel USB. Klik menu Start dan Control Panel.
  • Masuk menu Add a Printer dan klik Use an existing port saat masuk halaman Choose a Printer Port.Pilih Port Printer yang sudah sesuai dengan PC, lalu aktifkan dan pilih model printer.
  • Pilihan model printer pada halaman Install the Printer Driver, lalu klik dan ikuti instruksi mudah yang dijelaskan sebelumnya.

Ketika printer sudah dilengkapi dengan teknologi Wifi, maka cara menginstallnya akan jauh lebih mudah.

Tinggal klik Start, kemudian Control Panel dan pilih opsi Hardware and Sound. Klik pilihan Add a Device untuk memunculkan printer secara otomatis sehingga bisa digunakan.

Menghubungkan Printer Dengan Menggunakan CD Drive

proses instalasi printer

Instalasi printer selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi CD Drive. Caranya dengan meletakkan printer dekat dengan posisi PC, kemudian memanfaatkan kabel USB yang kompatibel untuk memastikan jaraknya dekat dengan semua perangkat yang digunakan.

Sebelumnya pastikan untuk menginstal CD Drive yang bisa ditemukan pada menu Control Panel tepatnya di bagian Printer Box. Pastikan sebelumnya sudah memiliki CD Driver yang sesuai dengan merek printer yang biasa digunakan. Berikut ini langkah instalasi printer dengan menggunakan CD Drive.

  • Coba masukkan CD Driver pada ROM Driver yang bisa ditemukan pada PC. Nantinya Windows akan segera mendeteksi file Autorun CD yang dimasukkan, lalu segera klik exe.
  • Misalnya file tidak muncul, maka segera masuk pada bagian file master installer dan klik file setup.exe sebanyak dua kali.
  • Nantinya akan muncul tampilan program installer driver printer. Ketika memasuki tahapan ini, pengguna akan diminta untuk memilih tempat tinggal dan input informasi yang sudah dibutuhkan.
  • Pilih metode penginstalan yang sesuai kebutuhan seperti Custom, Easy Installation untuk bisa menyeleksi program. Klik jendela baru berupa Licence Agreement dari semua produk printer yang sudah diinstall, kemudian klik.
  • Proses instalasi akan segera dilakukan, tunggu sampai proses selesai 100%. Coba hubungkan printer dengan pada PC menggunakan kabel USB. Silahkan nyalakan printer dengan menekan tombol agak lama.
  • Selanjutnya akan ada instruksi berupa persetujuan untuk mendapatkan informasi terkait produk printer yang akan digunakan, kemudian tekan Next.

Metode satu ini bisa dilakukan jika produk printer yang akan digunakan menyediakan fasilitas CD Driver.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena mayoritas printer sudah dilengkapi dengan komponen tersebut. Hal ini dikarenakan fungsi CD Driver dianggap penting untuk kebutuhan install laptop.

Cara Menginstal Printer Dengan Menggunakan Driver Printer

Cara Mudah Menginstal Printer

Driver printer adalah sebuah software yang biasa digunakan untuk merancang PC agar bisa mengoperasikan printer dengan baik. Saat perintah untuk cetak dokumen sudah diberikan ke printer, maka software ini bisa digunakan sebagai perantara.

Hampir semua jenis printer menyediakan printer driver untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan penginstalan. Jenis printer yang biasa digunakan yaitu Brother, Canon, Xerox, Epson, dan Canon. Masing-masing driver printer tentunya sudah terpasang pada sistem operasi yang digunakan.

Tidak hanya bisa memudahkan keperluan cetak dokumen, namun driver printer juga mempermudah penggunanya dalam melakukan fungsi kontrol. Driver printer bisa mengontrol cetak halaman, pencetakan dokumen, margin halaman, dan tugas penting lainnya. Bagaimana cara kerja driver printer?

  • Untuk bisa melakukan instalasi printer pada laptop, maka pengguna printer bisa membuka website resmi dari merek printer yang sudah digunakan. Biasanya masing-masing merek printer sudah menyediakan situs resmi software driver sesuai dengan tipe yang digunakan.
  • Manfaatkan menu Search Bar yang biasanya ditemukan dalam website resmi printer untuk mengakses software driver printer. File yang nantinya diunduh usahakan masih dalam bentuk format Winrar kemudian ekstrak file yang ada didalamnya.
  • Klik kanan pada bagian file driver yang sudah diunduh, kemudian klik Extract Here. Temukan file Exe lalu double klik untuk memulai proses instalasi driver printer.
  • Ikuti setiap instruksi yang muncul pada layar komputer kemudian sambungkan pada komputer menggunakan kabel USB.
  • Setelah itu lakukan pemeriksaan untuk memastikan printer sudah terdeteksi dengan baik pada PC yang sedang digunakan.

Fungsi lain dari software yaitu untuk mengirim sinyal atau semacam peringatan tertentu yang berhubungan dengan printer.

Misalnya software akan membantu memberikan peringatan level tinta yang hampir habis, pesan error, paper jam, dan sebagainya.

Instalasi Printer dengan Jaringan Lokal

Instalasi Printer dengan Jaringan Lokal

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pengguna printer bisa melakukan instalasi menggunakan jaringan lokal. Jaringan yang dimaksud disini berupa WiFi maupun Ethernet yang bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi pengaturan, kemudian klik opsi printer. Metode ini hanya bisa digunakan ketika printer menemukan jaringan lokal yang tersedia. Jika tidak ada jaringan yang tersambung, maka metode tidak bisa dijalankan.
  • Pilih gambar gembok yang terdapat pada bagian kanan atas untuk memudahkan dalam mengubah pengaturan. Silahkan pilih tombol “+” pada bagian bawah sisi panel.
  • Nantinya akan muncul jendela baru yang namanya “Tambah Printer Baru”. Sistem pada printer akan segera muncul, kemudian klik “Tambah”.
  • Proses instalasi akan segera berjalan dan tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai 100%, maka pengguna printer akan lebih mudah menghubungkan PC pada mesin printer.

Cara menginstal printer bisa dilakukan dengan menggunakan 4 cara yaitu memanfaatkan jaringan lokal, CD Drive, Kabel USB, dan Driver Printer.

Sesuaikan metode instalasi printer sesuai dengan merek agar bisa berjalan dengan lancar dan tidak mudah mengalami error. ketika digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text