Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Menghapus Partisi Hardisk di Windows

1 min read

Cara Menghapus Partisi Hardisk Terbaru

Cara Menghapus Partisi Hardisk – Hardisk merupakan salah satu komponen penting yang ada pada komputer, yaitu sebagai tempat penyimpanan data.

Sebelum diformat dan digunakan, hardisk pasti sudah dipartisi karena fungsi partisi adalah untuk membagi penyimpanan drive ke beberapa bagian yang diinginkan sehingga pengelompokkan data atau file menjadi lebih mudah.

Tutorial Mudah Cara Menghapus Partisi Hardisk

Fungsi Partisi Hardisk

Fungsi Partisi Hardisk untuk Apa
crucial.com

Partisi hardisk memiliki beberapa fungsi penting walau terkesan sepele, mulai dari mengurangi file sampah sistem, memperluas space yang dapat diisi data, hingga mempermudah Anda yang menggunakan multiple OS.

  1. Ukuran partisi

Ukuran maksimal partisi pada sistem operasi lama lebih terbatas. Oleh karena itu, langkah partisi untuk membagi hardisk menjadi ukuran yang lebih kecil diperlukan.

  1. Multiple sistem operasi

Satu komputer dapat dipasangi lebih dari satu sistem operasi di mana tidak semua sistem operasi dapat membaca partisi di sistem operasi lain.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat dua partisi yang berbeda serta mengunduh installboot loader agar sistem operasi dapat berjalan.

  1. Multiple filesystem

Saat membuat partisi, Anda harus melakukan format terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan komputer.

Filesystem harus dipilih terlebih dahulu saat melakukan format, karena ada beberapa tipe filesystem yang memiliki keunggulan masing-masing, seperti NTFS, FAT, dan FAT32.

  1. Ruang hardisk yang lebih

Semakin besar ukuran partisi, semakin besar pula ruang kosong yang diperlukan. Artinya, dengan membagi hardisk menjadi beberapa partisi kecil, jumlah sampah filesystem dapat dikurangi.

  1. Filesystem terpisah dengan filesystem user

Sama seperti user yang membutuhkan partisi ruang sendiri, beberapa komponen sistem operasi juga membutuhkan ruang tersendiri.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat partisi yang terpisah dari partisi filesystem sistem operasi.

Menghapus Partisi Hardisk di Windows

Cara Menghapus Partisi Hardisk
pinterest.com

Partisi hardisk dapat dibuat, tapi juga dapat dihapus atau diformat. Untuk membuat partisi, menghapus atau melakukan format di Windows, Anda harus masuk ke Disk Management Administrative Tool yang dimiliki semua versi Windows.

Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda dapat memanfaatkan Start Screen dan mengetik Disk Management. Namun, jika Anda menggunakan Windows XP, Vista, atau Windows 7, Anda bisa klik Start Menu, lalu klik Control Panel.

Setelah itu, ubah view menjadi small icons, klik Administrative Tool, klik dua kali di bagian Computer Management kemudian klik Disk Management setelah jendela Computer Management terbuka.

Sebenarnya, cara menghapus partisi hardisk di Windows sangat mudah, terutama jika Anda sudah mengetahui letak menu Disk Management. Berikut adalah step by step cara menghapus partisi hardisk di Windows.

  1. Masuk ke jendela Disk Management

Jika Anda sudah masuk ke jendela Disk Management, Anda sudah bisa menghapus partisi disk dengan cepat.

Namun, jika belum, maka Anda harus mencari menunya terlebih dahulu seperti yang telah diuraikan sebelumnya, sesuai dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

  1. Pilih partisi yang ingin di hapus

Jika Anda sudah berada di jendela Disk Management, Anda akan menemukan daftar partisi yang ada di dalam komputer Anda.

Pilih partisi yang ingin dihapus dengan melakukan klik kanan pada partisi tersebut, kemudian pilih delete partition.

  1. Konfirmasi penghapusan

Sebelum partisi hardisk benar-benar dihapus, akan muncul jendela peringatan yang membutuhkan konfirmasi Anda, apakah Anda benar-benar ingin menghapus partisi tersebut atau tidak.

Jika Anda benar-benar yakin untuk menghapus partisi tersebut, klik Yes. Partisi hardisk sudah terhapus.

Cukup itu saja tutorial mudah menghapus partisi hardisk untuk mengembalikan partisi ke semula. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *