Adakah Cara Menghapus Komentar di Shopee?

Tisucoding.com – Apakah kamu termasuk pemilik toko online di Shopee dan pernah dapat review jelek dari pembeli? Lalu kamu pasti bertanya-tanya nih, gimana ya cara menghapus komentar di Shopee? Bisnis online diprediksi akan terus tumbuh. Tapi, menjalankan bisnis online juga nggak segampang kelihatannya nih.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan toko online terutama di e-commerce seperti Shopee adalah rating dan komentar / review / penilaian pembeli.

Kalau toko kamu punya banyak bintang 1 dan 2 apalagi ditambah dengan komentar buruk, maka angka penjualan kamu bisa turun lho.

Apakah Ada Cara Menghapus Komentar di Shopee?

cara menghapus komentar di Shopee

Menurut para ahli, lebih dari 80% orang yang belanja secara online akan mengecek review terlebih dulu untuk memastikan kualitas barang dan pelayanan dari toko yang bersangkutan sebelum akhirnya membeli barang.

Karena itu, bintang 1 atau 2 dan ditambah dengan komentar kurang bagus dari pembeli adalah hal serius yang nggak boleh kamu abaikan. Orang yang tadinya tertarik untuk membeli dagangan kamu bisa saja jadi kabur kalau melihat banyak bintang 1 dan 2 di lapak kamu.

Lalu, ada nggak sih cara menghapus komentar di Shopee? Jawabannya adalah “ada”, tapi sayangnya bukan kamu yang bisa melakukannya, melainkan orang yang menulis komentar alias pembeli. Sampai saat ini belum ada fitur “Delete” komen di Shopee yang bisa dipilih oleh pemilik toko.

Hal ini bertujuan untuk membuat review lebih ada padanya, dan pihak toko juga bisa selalu menjaga kualitas barang. Bayangkan jika pemilik toko bisa hapus atau edit review seenaknya, maka bisa jadi kualitas barang yang dijual atau pelayanan yang diberikan menjadi asal-asalan.

BACA JUGA  3 Cara Cetak Resi Shopee Anti Ribet

Lalu, gimana cara membuat pembeli bersedia untuk mengubah atau hapus komentar yang nggak bagus tadi? Ada dua nih caranya, yaitu:

1. Nego / Diskusi

Selain menjaga kualitas barang dan memberikan pelayanan terbaik, luangkan waktu untuk cek review pembeli secara rutin ya.

Nah, kalau kamu menemukan review yang kurang bagus, kamu bisa langsung chat pembeli tersebut lakukan nego / diskusi terkait dengan masalah yang ada.

  • Kalau alasan dari review jelek tersebut adalah karena kesalahan dari pihak toko, maka pastikan untuk meminta maaf terlebih dulu dan tawarkan solusi. Misalnya pihak toko salah kirim size / warna, atau mungkin barang yang dikirim cacat, maka toko harus mengakui kesalahan dan tawarkan retur.
  • Kalau ingin yang lebih simpel, kamu juga bisa tawarkan penggantian uang untuk nilai barang yang nggak mahal karena biasanya nggak semua pembeli bersedia untuk retur. Alasannya adalah prosesnya yang dianggap rumit dan butuh waktu lagi untuk menunggu barang pengganti datang.
  • Tapi kalau alasan dari review jelek tadi bukan kesalahan dari pihak toko, misalnya barang datang lebih lama dari estimasi karena ada kesalahan dari pihak ekspedisi, maka berikan penjelasan kepada pembeli sampai ia bersedia mengganti review jelek tadi.
  • Sebagai informasi tambahan, pembeli hanya bisa menghapus atau edit review maksimal 30 hari terhitung sejak pembeli klik “Pesanan Selesai”.

2. Hubungi CS

Kalau kamu gagal untuk membujuk atau bernegosiasi dengan pembeli, terutama kalau review jelek tadi diberikan karena kesalahan bukan dari pihak toko tapi dari pihak ekspedisi misal, maka kamu bisa ajukan penghapusan review pada CS. Caranya adalah:

  • Siapkan semua bukti berupa chat atau SS lainnya yang menunjukkan bahwa kesalahan bukan dari pihak toko.
  • Hubungi CS via livechat atau email dan tuliskan maksud dan tujuan kamu. Jangan lupa sertakan semua bukti dan kamu tinggal menunggu balasan dari CS.
BACA JUGA  8 Cara Dapat Uang dari Shopee

Kesimpulannya, cara menghapus komentar di Shopee hanya bisa dilakukan oleh pembeli. Karena itu, penting banget untuk menjaga mutu dan kualitas dagangan serta berikan layanan terbaik agar review yang didapat selalu bagus.