2 Cara Mengganti Nama File di Google Drive Mudah di HP dan Komputer

Google Drive adalah pilihan tepat untuk backup foto, video, dokumen, dan sebagainya secara praktis. Kamu bisa mengunggah file-file tersebut melalui HP maupun laptop. Namun, bagaimana cara mengganti nama file di Google Drive?

File yang sudah diupload ke Google Drive bisa diubah namanya dengan mudah. Hal ini penting dilakukan sebelum membagikan file tersebut melalui tautan. Terlebih jika namanya memang kurang sesuai dengan filenya.

Cara Mengganti Nama File di Google Drive

Cara Mengganti Nama File di Google Drive Mudah

Google Drive mendukung backup file dengan berbagai macam format. Dengan kapasitas 15 GB, jumlah tersebut dirasa cukup untuk penggunaan pribadi. Namun, terkadang setelah diupload ternyata pengguna ingin mengubah nama file, bagaimana caranya?

1. Menggunakan HP Android

Sebagian besar pengguna HP Android memang memanfaatkan Google Drive sebagai cloud server.

Tidak hanya bisa digunakan untuk backup data di HP, melainkan juga chatting WA. Bagi yang ingin mengubah nama file yang sudah terlanjur diupload, berikut caranya.

  • Buka aplikasi Google Drive yang terinstall di HP Android kamu.
  • Selanjutnya cari file yang hendak diubah namanya.
  • Tap dan tahan beberapa lama pada file lalu pilih Ganti Nama.
  • Silahkan ketikkan nama baru untuk file tersebut.
  • Pilih OK.

2. Menggunakan Laptop/Komputer

Cara mengganti nama file di Google Drive selanjutnya yaitu dengan menggunakan komputer atau laptop. Tidak sedikit yang lebih nyaman mengakses media penyimpanan ini melalui desktop.

BACA JUGA  Cara Mengumpulkan Tugas di Google Drive dan Membuat Link Pengumpulan

Kamu pun bisa mengubah nama file atau folder di dalamnya dengan mudah, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Pertama, buka halaman utama Google Chrome terlebih dahulu.
  • Klik ikon titik-titik di pojok kanan atas untuk menampilkan berbagai macam produk Google.
  • Pilih Google Drive dan pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google.
  • Pada halaman Drive Saya, silahkan pilih file yang hendak diganti namanya.
  • Klik kanan pada file lalu pilih Rename atau Ganti Nama.
  • Ketikkan nama file baru Google Drive sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya pilih Ok.

Cara mengubah nama file di Google Drive di atas sangat mudah dilakukan bukan? Namun perlu diingat dalam mengganti nama jangan sampai menghapus format file di belakangnya. Misalnya .mp3, .mp3, .jpg, dan sebagainya.

Cara Menambahkan File Baru di Aplikasi Google Drive

Sebagai salah satu media penyimpanan online yang praktis, membackup file di Google Drive memang mudah dilakukan. Namun, bagi pemula mungkin akan merasa bingung jika baru melakukannya.

Adapun cara menambah file ke Google Drive sendiri bisa dilakukan menggunakan smartphone maupun laptop. Kamu bisa mengupload berbagai macam file penting yang ada di galeri atau pengelola file.

  • Pertama, buka aplikasi Google Drive dan pastikan sudah login menggunakan Gmail.
  • Pada halaman utama aplikasi, silahkan ketuk ikon Tambah (+) yang berada di pokok kanan bawah.
  • Selanjutnya pilih ikon
  • Akan muncul direktori penyimpanan yang ada di HP, kemudian cari file yang hendak dibackup.
  • Tunggu sampai proses uploading selesai dilakukan, lamanya tergantung besar file.

Cara Mengurutkan File dan Folder di Google Drive

Setelah memahami cara mengganti nama file di Google Drive, kamu mungkin ingin melakukan pengaturan lebih lanjut. Adapun file dan folder di media penyimpanan ini pada dasarnya bisa diurutkan berdasarkan huruf.

BACA JUGA  Apa itu Google Drive: Pengertian, Fitur, serta Fungsinya

Baik huruf berurutan ke atas maupun ke bawah. Caranya yaitu dengan memilih ikon panah ke bawah di bagian Nama. Kamu bisa melihat opsi ini di bagian atas file-file Google Drive.

Panah ke bawah artinya file diurutkan dari huruf paling belakang. Sedangkan panah ke atas akan mengurutkan file berdasarkan huruf paling pertama dalam alfabet.

Cara Mengetahui Sisa Memori yang Digunakan di Google Drive

Seperti yang telah diketahui, Google Drive adalah cloud server rancangan Google yang menyediakan space gratis 15 GB. Jumlah tersebut sebenarnya cukup besar, terlebih jika dibandingkan media penyimpanan sejenis seperti Dropbox.

Kapasitas 15 GB biasanya cukup untuk menggunakan standar dan pribadi. Namun, tidak sedikit yang ingin mengecek berapa sisa memori yang digunakan di Google Drive. Pada dasarnya, hal ini bisa kamu ketahui dengan mudah di Google Drive.

Jika membukanya dari desktop, akan terlihat keterangan sisa memori Google Drive. Kamu bisa melihatnya di sebelah kiri, misalnya “2,56 GB dari 15GB telah digunakan”. Sedangkan di bawahnya terdapat keterangan Beli Penyimpanan jika dirasa kurang.

Cloud server Google Drive memang direkomendasikan sebagai media penyimpanan file gratis. Tidak hanya upload file yang mudah dilakukan, melainkan juga cara mengganti nama file di Google Drive. Selain file, tutorial di atas juga berlaku jika kamu ingin mengubah nama folder.