Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk

1 min read

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Komputer

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk – Partisi hardisk sering berkaitan erat dengan komputer atau laptop. Hardisk sendiri merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada suatu komputer atau laptop.

Hal ini meliputi data yang berfungsi sebagai pengoperasian komputer atau laptop maupun data biasa seperti file dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.

Agar perngolahan hardisk lebih efektif maka partisi sangat dibutuhkan dalam pengoperasian komputer atau laptop. Saat Anda menggunakan laptop atau komputer, biasanya terdapat beberapa partisi.

Ada kalanya partisi tersebut tidak terlalu dipakai atau malah membuat tidak ringkas, sehingga akan lebih baik jika Anda menggabungkan partisi tersebut.

Nah, untuk menggabungkan harddisk internal maupun eksternal pada komputer atau laptop, terdapat berbagai cara mengembalikan partisi ke semula yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana Cara Menggabungkan Partisi Hardisk?

Apabila harddisk internal laptop atau komputer Anda memiliki banyak partisi dan Anda ingin meringkasnya, maka yang akan Anda lakukan tinggal menggabungkan partisi tersebut denga partisi lainnya.

Selain partisi harddisk internal yang terdapat pada laptop atau komputer, Anda juga bisa menggabungkan partisi hardisk eksternal.

Terdapat 2 cara menggabungkan partisi hardisk baik harddisk internal maupun eksternal. Cara pertama yaitu dapat Anda lakukan tanpa menggunakan software khusus.

Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan software pengolah partisi.

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Tanpa Software

Cara menyatukan partisi hardisk yang pertama yaitu dapat dilakukan tanpa Anda harus menginstall software khusus. Anda dapat menggunakan alat bantu pengolah partisi bawaan Windows yang bernama Disk Management.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus menghapus salah satu partisi terlebih dahulu.

Jika dalam partisi yang ingin Anda hapus terdapat file penting, maka Anda dapat memindahkan file tersebut terlebih dahulu ke partisi harddisk lain. Setelah itu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama klik kanan pada My Computer, Kemudian pilih Disk Managament

    masuk ke Disk Managament

  • Selanjutnya akan muncul jendela menu Disk Management. Di sini silahkan Anda menentukan partisi yang akan digabungkan.
  • Kemudian, pada opsi yang muncul, silahkan klik Delete Volume, lalu klik yes.

    hapus volume partisi

  • Maka Anda akan melihat partisi menjadi Free space. Pada tahap ini Anda harus mengubah partisi free space menjadi Unallocated. Caranya tinggal klik kanan pada partisi Free space tersebut, kemudian klik Delete partition, lalu klik yes.
  • Setelah partisi berstatus Unallocated, langkah selanjutnya tinggal klik kanan pada partisi lain yang akan digabungkan. Kemudian, klik Extend Volume.
    cara mengembalikan partisi ke semula
  • Pada jendela Extend Volume Wizard silahkan klik Next.
    cara gabungkan partisi hardisk
  • Selanjutnya akan muncul jendela Completing the Extend Volume Wizard, di sini tinggal klik Finish.
    menyatukan partisi hardisk

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

Cara kedua ini, Anda harus menggunakan bantuan software pengolah partisi, salah satunya Aomei Partition Assistant.

Keuntungan menggunakan cara kedua ini adalah Anda tidak perlu menghapus salah satu partiisi terlebih dahulu. Namun, jika ingin menggunakan cara ini, Anda harus menginstall software pengolah partisi tersebut.

Di sini, kami menggunakan Aomei Partition Assinstent. Setelah Anda menginstall software tersebut, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Silahkan buka software Aomei Partition Assistant, kemudian klik kanan pada salah satu partisi yang ingin Anda gabungkan, kemudian klik Merge Partition
  • Kemudian, centang pada partisi lainnya yang ingin Anda gabungkan pada jendela Merge Partitions, lalu klik Ok.
  • Setelah itu klik Apply. Kemudian, pada jendela Pending Operations, silahkan klik Procced, lalu klik yes.

Itulah uraian lengkap tentang cara menyatukan partisi harddisk yang benar agar data tidak terhapus atau hilang.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *