Gimana Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum?

Tisucoding.com – Sebagai salah satu pengguna setia Shopee yang lumayan sering berbelanja, kamu mungkin pernah penasaran tentang gimana sih cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum oleh pihak toko alias penjual? Cari barang secara online memang gampang-gampang susah ya.

Kalau ada informasi yang kamu butuhkan terkait barang tersebut, kamu bisa cek dari review pembeli lain atau tanya langsung ke penjual. Tapi kalau balasan dari pihak toko tak kunjung datang, biasanya juga bisa membuat kesal ya? Apalagi kalau kamu lagi butuh banget sama barang itu dan harus cepat dibeli.

Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum

Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum

Sebenarnya, chat yang kamu kirim ke penjual itu sudah dibaca atau belum ya? Lalu, gimana sih cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum? Sayangnya, nggak ada cara mengetahui chat sudah dibaca di Shopee atau belum.

Sampai saat ini Shopee belum punya fitur yang bisa bantu kamu untuk tahu apakah chat yang kamu kirim ke penjual sudah dibaca atau belum. sudah dibaca atau belum sama penjual. Hal ini sebenarnya termasuk wajar ya, karena Shopee adalah marketplace dan bukan aplikasi perpesan instan seperti Whatsapp.

Tapi, nggak menutup kemungkinan juga kok kalau suatu saat developer Shopee akan menambahkan fitur Read Chat. Nah, sebelum fitur ini muncul, inilah cara untuk memprediksi apakah chat Shopee sudah dibaca atau belum oleh penjual dan beberapa informasi penting lainnya:

BACA JUGA  3 Cara Cetak Resi Shopee Anti Ribet

1. Cek Last Seen

Meskipun nggak ada fitur read chat, tapi untungnya Shopee dilengkapi dengan fitur last seen lho. Jadi, kamu bisa prediksikan sendiri nih apakah chat yang kamu kirim sudah dibaca atau belum oleh penjual dengan cara berikut:

  • Misalnya kamu mengirim chat sekitar 30 menit yang lalu, sedangkan last seen dari penjual adalah 10 jam lalu, maka sudah pasti kalau chat kamu belum dibaca.
  • Kalau penjual sedang terlihat online, atau keterangan pada last seen adalah 5 menit yang lalu misal, dan kamu sudah kirim chat sejak 30 menit lalu, maka ada kemungkinan nih kalau chat kamu sudah dibaca.

Tapi, kemungkinan ini masih 50:50% ya. Ada kemungkinan juga nih kalau penjual belum membaca chat kamu karena chat kamu tertumpuk oleh chat calon pembeli lainnya.

2. Hubungi Kontak Lain

Kalau akun penjual nggak kunjung online, atau sudah online tapi chat kamu masih belum dapat balasan, maka kamu bisa cek bagian deskripsi toko dan cari kontak lain yang bisa dihubungi seperti akun IG atau nomor Whatsapp. Biasanya kalau menghubungi lewat Whatsapp akan lebih cepat dibalas lho.

3. Auto-Reply Bukan Tanda Chat Shopee Sudah Dibaca

Beberapa akun penjual di Shopee memang memasang auto-reply sebagai salah satu bentuk layanannya pada calon pembeli. Tapi, adanya pesan auto-reply ini nggak selalu jadi tanda kalau chat kamu sudah dibaca oleh penjual ya.

Hal ini karena pesan tersebut memang akan otomatis terkirim meskipun pemilik akun sedang nggak online dan belum membaca chat dari para calon pembeli. Jadi kalau kamu dapat pesan auto-reply dan pertanyaan kamu justru belum dijawab oleh penjual, kamu jangan salah paham atau langsung marah-marah ya, hehe.

BACA JUGA  Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

4. Kenapa Penjual Shopee Belum Balas Chat

  • Sedang sibuk melakukan kegiatan offline lainnya.
  • Shopee chat error atau chat kamu belum masuk ke hp penjual karena koneksi yang nggak stabil saat penjual sedang online Shopee.
  • Chat sedang antri untuk dibaca karena ada banyak chat lain yang masuk ke hp penjual.
  • Toko baru buka / pemula dan belum punya admin.

Kesimpulannya, belum ada cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum oleh penjual / pihak toko. Tapi, kamu bisa prediksikan sendiri lewat fitur last seen tadi. Kalau ingin cepat dapat balasan, maka bisa coba hubungi ke kontak lainnya ya.