6 Trik dan Cara Mengatasi Router Wifi Merah Internet IndiHome

Salah satu masalah yang biasa muncul pada pengguna IndiHome adalah router wifi berubah menjadi warna merah atau dikenal juga dengan wifi LOS merah. Masalah tersebut mengakibatkan internet tidak bisa digunakan. Ada banyak cara mengatasi router wifi merah yang bisa dilakukan secara mandiri.

Kamu bisa mematikan dan menghidupkan ulang modem dan bisa juga mengubah pengaturan modem ke mode semula.

Jika saat ini, kamu mengalami masalah ini tidak perlu langsung panik. Membuat laporan ke CS IndiHome merupakan langkah akhir. Jika mampu, atasi masalah ini sendiri sebelum pergi ke sana.

Cara Mengatasi Router Wifi Merah

Cara Mengatasi Router Wifi Merah

Berikut adalah 6 cara menyelesaikan masalah router modem IndiHome berwarna merah.

1. Restart Modem

Restart modem adalah solusi umum dari beragam masalah pada modem atau router. Tidak menutup kemungkinan, modem yang kamu gunakan sedang error.

Untuk mengatasi situasi tersebut, diperlukan refresh alias penyegaran. Modem akan dimatikan, diamkan beberapa menit, dan dihidupkan kembali.

Supaya lebih jelas, kamu bisa memperhatikan tutorial cara merestart mode berikut ini.

  • Tekan tombol power modem
  • Tunggu sampai semua lampu modem mati.
  • Cabut kabel listrik
  • Tunggu beberapa menit.
  • Pasangkan kembali kabel listrik
  • Tekan tombol power modem
  • Restart modem berhasil dilakukan.
  • Kamu bisa mengulangi cara ini berkali-kali.

2. Ubah Modem IndiHome ke Mode Default

Cara mengatasi router wifi merah IndiHome selanjutnya adalah dengan mengubahnya ke mode default. Kadangkala, pengaturan atau settingan pada modem IndiHome mengalami perubahan sehingga tidak tepat. Akibatnya terjadi masalah yang bisa berdampak pada konektivitas dan fungsi modem IndiHome.

BACA JUGA  Topologi Jaringan Komputer : Kelebihan dan Kekurangan

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengaturan perlu dikembalikan ke mode default. Setelah kembali ke mode default, semua pengaturan yang terpasang akan dianulir.

Modem IndiHome akan kembali ke kondisi semula sebelum masalah muncul. Berikut adalah cara mengubah modem IndiHome ke mode default.

  • Buka browser.
  • Buka alamat IP sesuai dengan merek modem
  • Contoh, ketik 192.168.1.1.
  • Kemudian, masukkan Username dan Password.
  • Jika belum diubah dan pertama kali masuk, biasanya keduanya adalah admin.
  • Setelah masuk, ubah pengaturan IndiHome ke mode Default.

3. Lepas dan Pasang Kembali Kabel Patch Cord

Kabel patch cord adalah kabel berwarna kuning dengan kepala berwarna biru. Kabel patch cord memiliki fungsi mengatur rute koneksi dari perangkat modem.

Kabel ini pasti ada pada setiap modem IndiHome. Sekarang, coba kamu cabut kabel patch cord dari modem, tunggu beberapa saat, dan pasang kembali.

Lakukan percobaan ini beberapa saat jika diperlukan. Selain mencabut dan memasang kembali kabel patch cord, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kondisi kabel.

Bukan tidak mungkin, terdapat kerusakan di sana. Jika kerusakan terlihat dan berhasil ditemukan, maka pergantian kabel patch cord harus dilakukan.

4. Periksa Kabel Optik

Cara mengatasi router wifi merah bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kabel optik. Kabel optik yang bermasalah bisa mengakibatkan router wifi berubah menjadi merah lampunya.

Pemeriksaan kabel optik meliputi 2 hal. Pertama pemeriksaan posisi kabel dan kedua pemeriksaan pemasangan kabel.

  • Kabel Jangan Sampai Tertekuk

Kabel optik adalah kabel yang menghubungkan modem ke pusat internet IndiHome dalam hal ini adalah OSP pada tiang IndiHome di kawasanmu. Periksa kabel optik yang digunakan dan pastikan tidak ada yang tertekuk. Jika ada yang tertekuk, luruskan dan atur posisinya agar tidak tertekuk di kemudian hari.

  • Kabel Jangan Sampai Rusak
BACA JUGA  6 Cara Mengatasi Error 0x80070057 Tanpa Bongkar Hardware Apapun

Jika kabel yang tertekuk saja bisa mengakibatkan masalah lampu wifi menjadi merah, apalagi kabel yang rusak. Lakukan pemeriksaan lebih jauh untuk menemukan apakah ada kabel optik yang rusak.

Kerusakan yang terjadi pada kabel bisa putus atau sudah tidak baik lagi kondisi. Jika rusak pergantian harus dilakukan.

5. Periksa Redaman Kabel

Solusi masalah wifi los merah IndiHome selanjutnya adalah memeriksa redaman kabel. Pemeriksaan redaman kabel ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat bernama Optical Power Meter. Jika tidak memilikinya, kamu bisa melihat nilai redaman kabel dengan masuk ke halaman login Admin IndiHome.

Setelah masuk ke sana, kamu pilih tab Status dan klik Optical Information. Nilai dari redaman modem kamu akan muncul di kolom RX Optical Power.

Apabila nilai redaman kabel -27 ke atas, maka segera buat laporan ke pihak IndiHome. Nilai redaman kabel tersebut mengindikasikan kabel harus diperbaiki.

6. Buat Laporan Gangguan

Setelah semua cara mengatasi masalah wifi merah pada router modem IndiHome dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil, saatnya kamu membuat laporan masalah tersebut ke pihak IndiHome. Kamu bisa langsung membuat laporan sekalipun tidak mencoba menyelesaikan masalah tersebut secara mandiri.

Untuk membuat laporan, hubungi saja nomor Call Center IndiHome atau buat laporan melalui aplikasi MyIndiHome. Nantinya, pihak CS akan melayanimu dan memproses laporan.

Bersabarlah karena bukan tidak mungkin perbaikan dan penggantian kabel akan dilakukan untuk mengatasi masalah wifi router merah.

Trik dan cara mengatasi router wifi merah sudah dijelaskan. Kamu memiliki opsi untuk menyelesaikan masalah ini sendiri dengan trik dan cara di atas.

Namun, jika sudah menyangkut kabel dan perangkat keras, sebaiknya menahan diri, tidak gegabah, dan minta bantuan dan perbaikan dari pihak IndiHome.