4 Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive (Need Access)

Masalah Google Drive (GD) minta akses (Need Access) yang muncul ketika kamu berusaha mengakses file memang sangat menyebalkan. Apalagi jika masalah ini kamu dapatkan ketika sudah buru-buru membuka file tersebut. Ada cara mengatasi minta akses Google Drive yang bisa kamu praktikkan.

Masalah Google Drive minta akses bersumber dari izin akses file Google Drive itu sendiri. Umumnya, masalah ini tidak disebabkan oleh adanya masalah teknis atau gangguan koneksi.

Penyelesaiannya pun akan melibatkan izin akses dari sang pemilik file. Tidak ada cara lain untuk mengakali masalah tersebut.

Penyebab Google Drive Minta Akses

Apa sebenarnya penyebab dari masalah Google Drive minta akses? Penyebab-penyebab masalah Google Drive minta akses cukup beragam walaupun berpusat pada pemberian izin akses dari pemilik file.

Berikut adalah beragam alasan kenapa kamu tidak bisa mengakses file GD dengan pesan Google meminta akses:

  • Pemilik file tidak mengaktifkan fitur berbagi. Akibatnya, file di sana sama sekali tidak dibagikan dan tidak bisa diakses oleh publik.
  • Pemilik file tidak memberikan izin akses kepada pengakses file. Tidak adanya izin akses otomatis membuat akses file tidak bisa dibuka secara bebas.
  • Akun Google yang digunakan untuk mengakses file bukan akun Google yang diberi akses. Pemiliknya mungkin mendapatkan askes file tetapi akun Google yang digunakan tidak atau salah.
  • Pemilik file memutus izin akses file yang sebelumnya sudah diberikan.

Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive

Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive

Penyebab dari masalah Google Drive minta akses akan menuntunmu menemukan solusi untuk masalah tersebut.

BACA JUGA  Macam Macam Web Browser

Masalah ini bisa diselesaikan dengan baik tanpa memerlukan adanya kemampuan dan penyelesaian masalah berbasis IT. Yang kamu perlukan adalah izin akses file yang diinginkan di sana.

Terdapat 4 cara atasi minta akses Google Drive yang bisa kamu langsung terapkan begitu menemukan masalah tersebut.

1. Dapatkan Izin Akses

File Google Drive bisa dibatasi aksesnya oleh pemilik file. Untuk bisa mengakses file yang aksesnya dibatasi, kamu bisa meminta izin akses kepada pemilik file.

Permintaan izin akses bisa dilakukan melalui halaman Google Drive-nya. Untuk melakukannya, perhatikan pesan akses ditolak ketika mengakses file.

Di bawah teks tersebut, kamu akan menemukan tombol permintaan akses kepada pemilik file.

Ketika kamu menggunakan tombol tersebut, pemilik file akan memberi notifikasi email bahwa ada permintaan akses file. Apabila pemilik memberi izin akses, maka kamu dipastikan sudah bisa mengakses file yang diinginkan.

2. Pastikan File bisa Dibagikan

File Google Drive bisa dilihat dan dibagikan ke publik hanya jika file tersebut telah disetujui oleh pemiliknya untuk dibagikan.

Apabila tidak ada izin dibagikan, maka file GD tersebut tidak akan mungkin bisa kamu akses. Kamu bisa meminta pihak pemilik file untuk mengaktifkan dan membagikan file yang diinginkan.

3. Menggunakan Akun Google yang Benar

Cara mengatasi minta akses Google Drive selanjutnya adalah dengan menggunakan akun Google yang benar.

Kadangkala kita lupa menggunakan akun Google yang benar ketika mengakses file di Google Drive. Tidak semua file yang ada di sana dibagikan secara bebas ke publik. Ada juga yang memerlukan izin.

Izin akses diberikan kepada kamu melalui identitas digital berupa akun Google. Ketika berusaha membuka file GD, pastikan kamu menggunakan akun Google yang memang mendapatkan izin untuk mengakses file yang diinginkan. Soal akun Google yang diizinkan ini memang kadang luput dari perhatian.

BACA JUGA  Penyebab Kenapa Tidak Bisa Mengirim Video di Status WA dan Trik Mengatasinya

4. Pastikan Akses Tidak Ditolak

Memastikan akses file tidak ditolak adalah cara mengatasi Google Drive minta izin akses selanjutnya.

Jika pemilik file memiliki kekuasaan untuk memberi izin akses, maka mereka pun memiliki kekuasaan untuk mencabut izin akses. Kejadian pencabutan akses file ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Ketika sedang akan membuka file di Google Drive, tiba-tiba kamu tidak bisa lagi membuka file tersebut. Tentu hal tersebut merupakan sesuatu yang mengagetkan.

Untuk mengatasinya, tidak ada pilihan lain selain kembali mendapatkan akses yang diperlukan. Hal tersebut bergantung pada kehendak pemilik file.

Cara mengatasi minta akses Google Drive memang tidak pernah jauh dari izin akses yang diberikan oleh pemilik.

Sejauh ini, tidak ada trik yang bisa “mencurangi” pemberian izin akses oleh pemilik file. Pastikan selalu mendapat izin akses file dari pemiliknya agar bisa selalu mengakses file yang diinginkan.