Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Mengaktifkan Windows Defender Antivirus

2 min read

cara mengaktifkan windows defender
Ada yang sudah tahu cara mengaktifkan Windows denfender? Jika belum, silahkan simak pembahasan dibawah ini!

Tisucoding.com – Bagi Anda semua yang saat ini menggunakan OS Windows pada komputer maupun PC yang dimiliki, tentu sudah tidak asing dengan Windows Defender. Di mana Windows Defender sendiri merupakan salah satu program antivirus yang sudah tersedia bahkan secara default pada sistem operasi Windows.

Nantinya Anda tidak akan mendapatkan banyak masalah ketika menggunakan aplikasi ini apalagi menunggu waktu booting pada Windows yang Anda miliki.

Pentingnya Menggunakan Windows Defender untuk PC

Meskipun Windows Defender sudah menyediakan sistem keamanan dasar, akan tetapi masih banyak pengguna Windows yang menggunakan program antivirus dari pihak ketiga. Beberapa contohnya seperti Avira, Kaspersky, BitDefender, Norton, maupun antivirus lainnya.

Adanya penggunaan antivirus lain dikarenakan para pengguna masih kurang percaya dengan Windows Defender dalam menangani virus yang kemungkinan ada pada perangkat komputer mereka.

Jadi, apabila Anda akan menginstal antivirus dari pihak ketiga, maka akan lebih baik apabila Anda sebaiknya mematikan Windows Defender terlebih dahulu, agar OS Windows Anda tidak mengalami crash atau kendala akibat adanya dua antivirus dalam satu komputer.

1. Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows Vista

windows defender pada windows vista

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan Windows Defender di beberapa Windows. Untuk cara mengaktifkan Windows Defender di Windows Vista diantaranya adalah:

  • Pertama, Klik tombol Start pada layar Windows Vista Anda atau tekan tombol Windows pada keyboard. Lalu, pilihlah “All programs”.
  • Kemudian, pilih dan buka Windows Defender. Selanjutnya, jendela Windows Defender akan muncul.
  • Kemudian buka pengaturan, yaitu klik Tools and Settings kemudian pilih Options.
  • Kemudian Anda bisa mengaktifkan Windows Defender. Caranya dengan mencentang kotak pada Use Windows Defender.
    mengaktifkan windows defender
  • Setelah semua proses selesai, maka langkah berikutnya bisa memilih save. Jadi, saat ini Windows Defender pada akhirnya sudah aktif pada sistem operasi Windows pada Windows Vista yang Anda miliki.

2. Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows 7

windows defender pada windows 7

Bukan hanya diaktifkan di Windows Vista saja, melainkan Anda juga bisa mengaktifkannya di Windows yang tingkatannya lebih tinggi.

Di mana untuk tingkatan dari Windows ini sendiri adalah Windows 7. Untuk beberapa cara mengaktifkan dari Windows Defender pada Windows 7 diantaranya adalah:

  • Pertama, bukalah Windows Defender. Untuk cara membukanya tinggal klik Start pada tampilan desktop Anda atau bisa juga dengan menekan tombol Windows yang berada di keyboard.
  • Setelah itu, ketikkan “Windows Defender” pada kolom pencarian dan pilih “Windows Defender”.
  • Langkah selanjutnya, klik fitur/menu “Tools” yang ada pada jendela Windows Defender dan pilih “Options”.
  • Lalu Anda pilih Administrator dan kemudian aktifkan Windows Defender. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencentang kotak di sebelah use this program.
    windows defender
  • Setelah semua proses selesai dilakukan, maka Anda bisa menyimpan semua pengaturannya dengan memilih tombol save.

3. Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows 8

tampilan windows 8

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan Windows Defender lainnya ada di Windows 8. Di mana untuk mengaktifkannya Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Pertama Anda bisa klik tombol Start pada layar Windows 8 atau tekan tombol Windows pada keyboard. Kemudian ketikkan Windows Defender pada kolom pencarian dan buka program tersebut.
  • Setelah program jalan, Anda akan dibawa ke jendela WIndows Defender. Klik tab “Settings”, dan klik enable pada “Real-time protection” di bagian sebelah kiri.
  • Terakhir, klik “Save changes” yang terletak pada bagian bawah jendela Windows Defender.

4. Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows 10

windows defender pada windows 10

Cara terakhir untuk mengaktifkan Windows Defender ini bisa dilakukan dalam Windows 10. Dimana kali ini akan mengaktifkan Windows Defender melalui Windows Settings dan Local Group Policy Editor.

Mengaktifkan Windows Defender Melalui Settings

  • Masuk ke Windows Settings dengan cara memilih ikon gambar yang terlihat seperti gear atau roda gigi yang ada pada start menu. Anda bisa juga masuk ke WIndows Settings dengan kombinasi tombol keyboard. Caranya dengan menekan tombol Windows + I, maka secara otomatis jendela Windows Setting akan terbuka.
    fitur settings pada windows 10
  • Kemudian, setelah pilihan jendela setting muncul, maka Anda bisa memilih Update dan Security.
    update and security windows 10
  • Langkah berikutnya, setelah jendela Update dan Security, selanjutnya pilih Windows Security. dan Virus & threat protection
    Windows security
  • Setelah itu pilih Manage Settings.
    manage setting win 10
  • Di bagian real time protection, maka Anda bisa mengubah pengaturannya dari Off ke On untuk mengaktifkan Windows Defender.
    mengaktifkan windows defender

Mengaktifkan Windows Defender Melalui Group Policy Editor

  • Di kolom pencarian Windows, ketikkan “group policy” untuk membuka Local Group Policy Editor
  • Selain dengan kolom pencarian Windows, Anda bisa juga menggunakan kombinasi Win + R pada keyboard dan ketik “gpedit.msc” lalu Enter.
    local group policy windows
  • Kemudian jendela Group Policy Editor akan muncul, lalu silahkan Anda masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus > Real-time Protection. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
    Real-time Protection pada windows
  • Langkah selanjutnya, cari file atau folder “Turn off real-time protection” yang berada pada sebelah kanan layar. Lalu klik Kanan dan Edit
  • Maka jendela baru pada layar akan muncul, Silahkan pilih opsi “Not Configured” yang berfungsi mengaktifkan kembali real-time protection yang ada pada Windows Defender, kemudian klik Apply atau OK.
    cara mengaktifkan windows defender

Jadi, itulah informasi tentang bagaimana cara untuk mengaktifkan Windows Defender pada beberapa jenis Windows pada perangkat komputer atau PC yang Anda miliki.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan