Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Menambah Font di Word Terbaru

2 min read

Cara Menambah Font di Word
Tutorial bagaimana cara menginstall atau menambah font di Microsoft Word untuk menambah variasi jenis font di lembar kerjamu.

Cara Menambah Font di Word – Anda yang biasa mengoperasikan komputer sudah tentu paham apa itu yang dimaksud dengan font dan tentunya sudah sering bersinggungan dengannya. Font merupakan desain untuk serangkaian karakter berupa kombinasi dari jenis huruf, angka, dan lainnya, termasuk juga ukuran, jarak, dan sebagainya.

Jika Anda membuka Microsoft Word untuk membuat tulisan, biasanya yang ditentukan pertama kali adalah font seperti apa yang ingin digunakan, misalnya ada Times New Roman, kemudian ada juga ukurannya yang berbeda, miringnya, ketebalanannya, dan sebagainya.

Di dalam word, ada banyak macam jenis huruf yang bisa digunakan. Namun, jika Anda merasa kurang, Anda bisa menambahkan font pada Word dengan cara yang mudah.

Tujuan mengganti font bermacam-macam tergantung dari kebutuhan penulisan. Ada orang yang mengganti font untuk alasan ingin mencoba jenis font lainnya yang lebih menarik, ada juga yang mengganti-ganti font karena alasan mempercantik desain grafis, dan koleksi font.

Terlebih lagi, cara menambah font di word sangat mudah dilakukan dan ada banyak situs populer yang menyediakan berbagai macam jenis huruf secara gratis, seperti:

  • Fontsquirrel.com
  • Dafont.com
  • 1001freefonts.com
  • Fontspace.com
  • Urbanfonts.com
  • Google fonts

Oleh karenanya, berikut kami akan bagikan langkah-langkah menambahkan font di Ms Word. Simak yang berikut ini.

Cara Menambahkan Font di Ms. Word

Ada banyak penyedia font gratis di internet, namun yang paling populer hanyalah segelintir, seperti Google Font dan dafont. Berikut kami akan jelaskan secara detail cara manambah font di Word:

1. Mencari jenis font yang ingin ditambahkan

Pertama yang perlu dilakukan untuk menambah font pada word tentu saja mencari font pada situs font gratis yang sudah banyak tersedia di internet.

Tidak perlu khawatir, font gratis yang disediakan ini sudah bebas hak cipta, sehingga tidak akan hilang tiba-tiba dari software Anda karena urusan hak cipta.

2. Unduh font

Cara Menambah Font di Word

Setelah menemukan jenis font yang diinginkan, selanjutnya Anda tinggal mengunduh font tersebut, biasanya sudah ada ikon download dan Anda bisa mengkliknya langsung. Tunggu file font selesai di download dan dipasangkan pada sistem Anda.

3. Ekstrak file

ekstrak font yang telah di unduh

Setelah selesai, langkah selanjutnya adalan mencari hasil download font tadi. Kalau sudah ketemu, Anda bisa langsung extract file terlebih dahulu dengan menggunakan winrar atau winzip agar file dengan format ttf ke luar.

Caranya hanya dengan meng klik kanan pada file tersebut, kemudian klik extract here atau extract files ke folder yang diinginkan.

Saran kami, sebaiknya buatlah folder baru yang khusus  berisikan font baru yang Anda download. Biasanya akan ada 4 jenis font yang terekstraksi, yaitu font tebal (bold), normal, font tipis (thin), dan font cerah (light).

4. Install font

install font yang telah di unduh

Setelah file font berhasil di-ekstrak, maka selanjutnya perlu dipasangkan atau di-install agar bisa digunakan pada Word. Caranya adalah dengan klik install pada file tersebut.

5. Periksa font pada Word

periksa font yang sudah di install

Untuk mengetahui apakah font sudah masuk ke Word, setelah di-install, periksalah terlebih dahulu pada word apakah semua font yang di-install sudah tersedia. Jika belum, restart komputer Anda.

6. Font sudah bisa digunakan

Jika sudah dipastikan font tersedia pada Word, maka selanjutnya, Anda tinggal menggunakannya untuk penulisan. Font yang sudah terpasang bisa digunakan kapan saja.

Sebelumnya, jika Anda tidak ingin menginstall font ke Microsoft Word dengan cara diatas, Anda bisa coba cara dibawah ini.

Setelah font file sudah di download dan di ekstrak,  silahkan tambahkan fonts pada komputer dengan cara mengcopy-nya ke Windows Explorer=>System C:=>Fonts lalu paste. sesimpel itu menambah font di Microsoft Word.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan cara menambah font di Word? Tentu saja siapa saja bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah tersebut di atas. Anda bisa mencari font yang sesuai dengan karakter penulisan.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *