Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Menambah Font di Windows 10

2 min read

cara menambahkan font di windows 10
Terkadang Anda merasa jika font pada Windows 10 terlalu sedikit variasinya. Untuk itu, disini akan dibahas bagaimana cara menginstall atau menambah jenis font pada Windows 10.

Cara Menambah Font di Windows 10 – Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan PC, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah font. Font merupakan karakter teks dengan bentuk, gaya, dan ukuran tertentu.

Font digunakan untuk berbagai kebutuhan penulisan, ada yang digunakan sebagai tulisan, ada juga yang digunakan untuk desain grafis. Untuk itu, diperlukan berbagai macam gaya font yang tersimpan di komputer Anda.

Dalam Windows 10, sebetulnya sudah ada berbagai macam font yang terinstall, seperti Times New Roman yang paling sering digunakan, Calibri, Arial, hingga yang bergaya modern seperti Segoe UI dan bergaya latin seperti Vladimir Script.

Namun, mungkin sebagian orang belum menemukan font seperti apa yang dicari dan cocok dengan karakter desain atau penulisannya.

Untungnya, Anda masih bisa install font lainnya yang tidak ada pada pre-install font Windows 10. Font tersebut bisa dipilih sesuka dan sesuai dengan kebutuhan Anda pada situs download font gratis yang banyak tersedia di internet.

Namun demikian, sebelum menambahkan font pada Windows 10, perlu diketahui hanya 3 jenis format font yang diakui oleh Windows 10, yaitu TrueType atau yang biasa berekstensi .ttf atau .ttc, OpenType yang berekstensi .otf, dan yang ketiga ada PostScript yang berekstensi .pfb dan pfm.

Selain dari pada yang disebutkan, maka tidak akan bisa terpasang pada Windows 10. Berikut ini cara menambah font di Windows 10.

Langkah-langkah Menambahkan Font pada Windows 10

Sudah pasti pertama yang harus dilakukan adalah mencari jenis font yang ingin ditambahkan ke Windows 10 Anda. Ada banyak situs gratis yang menyediakan banyak jenis font dan Anda bisa mendapatkan font di sana secara cuma-cuma, tanpa perlu khawatir akan hak cipta. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama adalah memilih fonts. Jika sudah menemukan font yang diinginkan, download file-nya. Biasanya situs download font sudah menyediakan ikon download pada font yang diinginkan.

Cara Menambah Font di Windows 10

2. Setelah berhasil melakukan download file font, cari font yang sudah diunduh pada file folder “Download”. File biasanya dikemas dalam bentuk format .rar atau .zip.

3. Selanjutnya, Anda tinggal klik kanan pada file, font tersebut dan pilih “extract file…” atau “extract here”. Jika pilihannya adalah extract file, maka disarankan untuk membuat folder khusus font baru.

ekstrak font

4. Setelah dilakukan extract file, maka Anda akan menemukan beberapa file dan pilih file dengan format .ttf. Setelah menemukannya, copy file tersebut.

5. Buka Windows Explorer > System C: > Fonts

6. Kemudian paste dalam format .ttf. Cara lainnya adalah dengan membuka file .ttf tersebut dan menginstall-nya secara langsung melalui tombol pada pojok kiri atas.

paste font pada windows 10

7. Selesai! Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan font yang tadi diunduh dan di pasangkan ke file Windows 10.  Anda dapat mengeceknya dengan Microsoft Word atau Notepad.

berhasil install font

Topik Terkait:

Anda tidak perlu khawatir, file yang sudah dipasangkan tidak akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda sudah bosan menggunakan font yang itu-itu saja dan kebingungan karena banyaknya font yang didownload, Anda bisa menghapus font dengan cara yang sangat mudah, yaitu:

  1. Buka control panel, pilih Fonts atau masuk ke folder C:\Windows\Fonts
  2. Pilih font yang akan dihapus dari Windows 10
  3. Klik tombol ‘Delete’ pada keyboard
  4. Klik ‘Yes’ saat muncul pop-up ‘Warning
  5. Selesai! Font yang sudah tidak dibutuhkan berhasil dihapuskan dari Windows 10.

Mudah sekali bukan cara menambah font di Windows 10? Silahkan dicoba tips trik diatas untuk install font di Windows komputer atau laptop Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *