Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Menambah Font di Photoshop

1 min read

cara menambah font di photoshop
Tutorial cara install, memasukan atau menambah font di Adobe Photoshop (CS3, CS4, CS5 dan CS6) dengan mudah.

Cara Menambah Font di Photoshop – Semakin berkembangnya dunia teknologi, semakin banyak pula orang mendapatkan kemudahan dalam berbagai hal. Salah satu kemudahannya adalah ketika akan mengedit foto atau gambar dan mendesain grafis.

Jika dulu foto hanya bisa dicetak dengan menggunakan mesin khusus, kini foto bisa terlebih dulu diedit dan diatur sedemikian rupa, sehingga hasilnya berbeda. Mendesain poster atau keperluan lain pun menjadi semakin mudah.

Adobe Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak populer yang bisa melakukannya. Photoshop merupakan software editor yang dikhsususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan bisa juga digunakan untuk pembuatan efek.

Sudah banyak yang memanfaatkan software yang satu ini, mulai dari fotografer digital hingga perusahaan-perusahaan iklan. Saking populernya, kini versi photoshop teranyar ada pada Photoshop CS7 (Creative Suite).

Kepopuleran photoshop tak lepas dari banyaknya fitur unggulan yang dimiliki, sehingga dapat bekerja secara maksimal. Photoshop juga dapat mendukung cukup banyak file dan bagi seorang desain grafis, hal ini sangat penting.

Hal penting lainnya yang dimiliki photoshop dan sangat dibutuhkan oleh editor atau desain grafis adalah macam-macam bentuk font.

Font berguna untuk membuat tulisan menjadi berbeda dengan yang biasanya dan bisa juga menjadikan sebuah kata menjadi lebih berkarakter. Font biasanya digunakan untuk membuat logo yang berisikan nama atau slogan yang mengharuskan kata tersebut memiliki karakter yang kuat.

Sebetulnya, di dalam software Adobe Photoshop sudah ada banyak jenis font yang bisa digunakan dengan mudah dan praktis. Namun, jika bosan menggunakan font yang itu-itu saja, tentu bisa ditambahkan dengan pilihan font yang diinginkan dengan cara mengunduhnya dari situs penyedia font.

Biasanya yang paling sering digunakan adalah dafont.com. Lantas, bagaimana cara menambahkan font untuk Adobe Photoshop yang diunduh dari dafont? Nah, berikut ini kami akan menginformasikan mengenai cara menambah font di photoshop.

Cara Install/Menambahkan Font pada Photoshop

Pertama yang harus dilakukan sebelum memulai langkah-langkah perihal cara menambah font di photoshop adalah mencari dan mengunduh font yang diinginkan terlebih dahulu. Mencari font yang cocok dan sesuai dengan kata yang akan digunakan susah-susah gampang.

Ada banyak website yang menyediakannya. Setelah berhasil mengunduh, berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Lakukan extract font di mana saja atau bisa juga dimasukkan ke folder khusus ‘Fonts’ untuk memudahkan pencarian.
    ekstrak font photoshop
  2. Jika sudah di extract, klik kanan pada file font dengan ekstensi ttf, kemudian install font dengan cara klik ‘Install’.
    install font photoshop
  3. Tunggu proses instalasi. Jika sudah selesai, buka aplikasi Photoshop untuk memastikan jika font sudah bisa digunakan.
    Proses instalasi font
  4. Tekan tombol ‘CTRL+N’ secara bersamaan, kemudian lakukan pengaturan dengan bebas, mulai dari ukuran tinggi, lebar, dan resolusi gambarnya. Jangan lupa untuk mengubah background content menjadi putih dan klik ‘Ok’.
  5. Jika sudah muncul background putih, saatnya mencoba tulisan dengan klik tool ‘Horizontal Type Tool (T)’ di sebelah kiri, lalu atur warna tulisannya yang sesuai dan bisa telihat jelas.
  6. Pada bagian atas, klik ‘Set the Font Family’.
  7. Jika sudah, silahkan cari font yang sudah di install tadi dan klik pada font, kemudian cobalah menuliskan kata-kata dengan font baru tersebut.
    Cara Menambah Font di Photoshop

Jika langkah pertama hingga ke-tujuh berhasil dilewati dengan tepat, maka sudah dipastikan berhasil menambahkan font pada photoshop.

Ulangi langkah-langkah di atas jika ingin mengunduh font baru untuk digunakan sebagai font photoshop dan rajin-rajinlah update font keren photoshop.

Itu tadi tutorial mudah cara menambah font baru ke photoshop, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *