5 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive di PC dan HP

Google Drive (GD) adalah salah satu file storage berbasis cloud yang banyak digunakan saat ini. Pada beberapa kesempatan kecepatan upload file ke Google Drive bisa lambat. Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa cara mempercepat upload file di Google Drive yang bisa kamu gunakan.

Mempercepat Google Drive tidak berarti membuatmu bisa meningkatkan kecepatan melebihi kecepatan internet yang digunakan.

Upaya mempercepat upload file bisa dilakukan apabila kecepatan upload terasa sangat lambat dimana kecepatan yang didapat tidak optimal sesuai kecepatan internet yang tersedia.

Penyebab Kecepatan Upload File ke Google Drive Lambat

Sebelum membahas cara mempercepat upload file di Google Drive Android maupun PC, pembahasan mengenai apa penyebab masalah tersebut perlu dilakukan.

Dengan membahas apa yang menyebabkan masalah terjadi, kamu bisa menemukan solusinya dan menghindari penyebab masalah di masa depan.

Berikut adalah beragam penyebab kecepatan upload file ke Google Drive menjadi lambat dan lama:

  • Kecepatan internet yang memang lambat akan membuat kecepatan upload menjadi lambat.
  • Terlalu banyak aplikasi yang menggunakan internet, baik disadari maupun tidak.
  • Ukuran file yang diupload terlalu besar sehingga membuat proses upload sangat lambat.
  • Terdapat masalah pada kualitas koneksi internet sehingga mengganggu proses upload.
  • Server Google sedang mengalami gangguan yang berakibat pada lambatnya proses upload.

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Berikut adalah beragam cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kecepatan upload file ke Google Drive:

BACA JUGA  4 Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive (Need Access)

1. Upgrade Paket Internet

Kecepatan download dan upload yang kamu dapatkan akan sangat bergantung pada paket internet yang kamu gunakan.

Cara terbaik menangani lambatnya upload file ke GD adalah melakukan upgrade paket internet. Semakin cepat paket internet yang digunakan, maka akan semakin cepat kecepatan uploadnya.

Kecepatan internet sudah tinggi tetapi speed masih tetap lambat? Periksa apakah kamu sudah melewati batas FUP yang diberikan pihak ISP.

Apabila sudah melewati batas, kecepatan internet yang digunakan akan berkurang. Jika sudah demikian, tidak ada cara lain selain menunggu atau membeli paket baru.

2. Gunakan Internet Wifi

Apabila kamu menggunakan paket data dengan kecepatan yang rendah atau pas-pasan, sebaiknya gunakan saja jaringan wifi yang tersedia di banyak tempat publik.

Internet dari wifi yang katakanlah “murah” sekalipun bisa memberi kecepatan internet yang lebih baik. Zaman sekarang wifi publik mudah ditemukan.

Kamu bisa berkunjung ke kafe, restoran, area publik (taman), kampus, dan warkop untuk mendapatkan wifi gratis.

Gunakan wifi jika kamu akan mengupload file dalam ukuran besar dimana paket internet yang kamu sediakan tidak memadai untuk bisa menyelesaikan proses upload file tersebut dengan cepat.

3. Matikan Aplikasi Lain

Cara mempercepat upload file di Google Drive selanjutnya adalah matikan aplikasi lain yang juga menggunakan internet.

Dengan mematikan aplikasi tersebut, maka kecepatan internet akan fokus pada aktivitas upload yang dilakukan. Tidak ada kecepatan yang dibagi karena semuanya tertuju pada upload.

Selain mengenai pemakaian internet, hal lain yang bisa memberi pengaruh adalah pemakaian RAM. Jangan sampai kamu melakukan proses upload dalam kondisi dimana beragam aktivitas dijalankan bersamaan. Hal tersebut bisa memberi pengaruh pada performa dan kenyamanan proses upload file.

BACA JUGA  3 Cara Download File di Scribd Gratis

4. Bagi File dalam Beberapa Bagian

Membagi file ke dalam beberapa bagian merupakan cara mempercepat upload Google Drive yang bisa kamu coba. Memang pada akhirnya ukuran file yang diupload tidak jauh berbeda.

Namun, mengupload file berukuran besar dalam sekali waktu bisa memakan waktu lebih lama. Belum lagi ada risiko gagal upload.

Apabila kamu membagi file ke dalam beberapa bagian, kamu bisa mendapatkan waktu upload file ke GD yang lebih baik.

Selain itu, risiko gagal upload dan proses terhenti di tengah jalan bisa dihadapi dengan lebih baik. Satu file gagal upload tidak membuat kamu harus mengulang proses upload file dari awal.

5. Kompres Ukuran File

Lelah dengan waktu dan proses upload yang lambat, kamu bisa mencoba melakukan pengompresan ukuran file.

File yang dikompres akan berkurang ukurannya sehingga akan mempercepat proses upload ke GD yang dilakukan. Gunakan aplikasi pengkompres untuk bisa mengkompres beragam jenis file.

Cara mempercepat upload file di Google Drive di atas bisa kamu gunakan dalam beragam situasi. Proses upload file ke Google Drive umumnya lebih lama dari proses download file dari Google Drive.

Karena itu, siapkan waktu yang cukup dan lakukan proses tersebut ketika kamu sedang tidak terburu-buru.