Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Komputer / Bagaimana Cara Memperbesar Ukuran JPG Tanpa Pecah? Simak Ulasannya Disini

Bagaimana Cara Memperbesar Ukuran JPG Tanpa Pecah? Simak Ulasannya Disini

Memasuki dunia digital, penggunaan foto atau file gambar menggunakan ekstensi JPG bisa ditemukan dimana saja seperti brosur, media sosial, ataupun website.

Terkadang file JPG yang dibutuhkan ternyata tidak sesuai karena ukurannya terlalu kecil. Lalu bagaimana cara memperbesar ukuran JPG?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah ukuran JPG tanpa membuat gambar pecah.

Cara mengubah ukuran JPG bisa dilakukan menggunakan aplikasi maupun situs-situs tertentu. Penasaran bagaimana prosedur untuk mengubah ukuran JPG? Simak pembahasan lengkapnya kali ini.

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menggunakan Situs Gratis

Cara memperbesar ukuran gambar

Memperbesar ukuran gambar JPG bisa dilakukan dengan koneksi internet. Ada beberapa rekomendasi situs untuk memperbesar dan mengubah ukuran foto dalam waktu yang lebih cepat dan mudah dilakukan.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan edit foto, simak penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Menggunakan Situs PicResize.com

PicResize.com merupakan salah satu situs yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran dan format gambar dengan mudah.

Pengguna bisa memanfaatkannya untuk memperbesar ukuran gambar JPG dengan opsi Choose Special Effect yang bisa ditemukan di dalamnya.

  1. Silahkan kunjungi situs picresize.com melalui browser yang biasa digunakan.
  2. Setelah berhasil masuk ke website tersebut, maka coba untuk melakukan upload gambar melalui URL atau komputer kemudian klik “Continue”.
  3. Langkah selanjutnya, pengguna bisa langsung menaikkan resolusi format JPG sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memilih format JPG dengan kualitas terbaik agar gambar yang diubah tidak mudah pecah.
  4. Jika sudah selesai, klik tombol “Resize My Picture” untuk mengubah ukuran JPG.
  5. Tidak perlu menunggu lama, gambar JPG ukurannya akan menjadi lebih besar dari file sebelumnya.

2. Memperbesar Ukuran JPG Menggunakan Pixlr

Siapa yang tidak tahu dengan situs web Pixlr? Pixlr merupakan salah satu tools editing online yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar dan foto secara gratis.

Sama dengan situs lainnya, Pixlr bisa mengubah ukuran gambar JPG dalam waktu yang lebih cepat.

  1. Silahkan kunjungi situs web Pixlr, kemudian nantinya akan muncul dashboard utama.
  2. Silahkan pilih menu “Open Image” dan pilih gambar yang ingin di edit. Kemudian klik menu “File” dan pilih “Save”.
  3. Geser bar ke bagian kanan tepatnya pada menu “Quality” sampai ukuran berubah 200 kb. Sebaiknya ukuran jangan sampai lebih 200 kb ya!
  4. Jika sudah selesai di proses, maka klik “Download”. Coba cek kembali gambar yang sudah di upload untuk memastikan ukurannya sudah berubah atau belum.

3. Memperbesar Ukuran JPG Dengan Adobe Photoshop

Cara memperbesar ukuran JPG juga bisa dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop. Memang beberapa fitur Adobe Photoshop bisa di akses secara gratis, namun untuk mendapatkan fitur lengkap yang lebih menarik membutuhkan biaya dan juga koneksi internet stabil.

  1. Silahkan kunjungi situs Adobe Photoshop, lalu klik menu File dan opsi Open untuk mengubah gambar JPG sesuai kebutuhan.
  2. Jika gambar sudah berhasil terbuka, selanjutnya klik menu Image dan klik Image Size.
  3. Coba masukkan ukuran resolusi yang diinginkan kemudian klik Ok. Selanjutnya klik menu File-Save As dan pilih format JPG atau JPEG.

4. Memperbesar Ukuran JPG Dengan Let’s Enhance

Untuk merubah ukuran JPG online juga bisa dilakukan melalui situs Let’s Enhance. Setiap pengguna bisa memanfaatkan situs secara gratis, namun ada juga beberapa fitur yang membutuhkan update premium. Bagaimana caranya?

  1. Silahkan klik https://letsenhance.io kemudian lakukan proses registrasi terlebih dahulu agar bisa login dengan mudah.
  2. Kalau sudah berhasil melakukan login, maka klik opsi Click Here To Upload Image untuk mengunggah gambar yang ingin diperbesar ukurannya.
  3. Ketika proses unggahan sudah berhasil dilakukan, silahkan klik menu Upscaling lalu opsi Photos and Art.
  4. Klik menu “Advance Setting” lalu tentukan tingkat ukuran gambar yang dibutuhkan. Setiap penggunanya hanya diberi kesempatan 4 kali perbesaran untuk menggunakan website secara gratis. Bagaimana tertarik untuk menggunakannya?

Cara Memperbesar Ukuran JPG Secara Offline

Cara memperbesar ukuran JPG

Jika tidak memungkinkan untuk merubah gambar JPG dengan menggunakan koneksi internet, maka bisa mencoba cara lain tanpa koneksi internet.

Pasti mayoritas orang akan lebih memilih untuk menggunakan cara memperbesar gambar JPG secara offline karena lebih cepat dan stabil.

1. Menggunakan Fitur Paint Laptop

Memperbesar ukuran gambar JPG menggunakan Paint memang sering kali dipilih karena bisa dilakukan oleh siapa saja. Tanpa skill khusus sekalipun, para pengguna bisa melakukan editing gambar pada Paint tersebut tanpa ribet.

  1. Silahkan buka folder gambar yang ingin diperbesar, kemudian klik Open With-Paint.
  2. Ketika aplikasi Paint sudah muncul, maka klik Resize yang terdapat pada menu
  3. Pada bagian Resize, klik menu Pixels kemudian masukkan nilai yang lebih besar dari foto-foto sebelumnya. Agar lebih cepat, coba ubah resolusi gambar JPG menjadi ukuran 2x lipat.
  4. Para pengguna Paint juga bisa langsung mengubah persentase gambar menjadi 100%. Klik tanda centang pada bagian Maintain Aspect Ratio untuk menentukan perbandingan tinggi dan lebar gambar agar tetap terlihat sama.
  5. Jika edit gambar sudah selesai, klik File-Save As-JPEG Picture kemudian beri nama file yang ingin diperbesar. Menaikkan gambar JPG mudah dengan cara ini, bukan?

2. Mengubah Ukuran JPG dengan Preview MacOS

Bagi pengguna MacOS bisa memanfaatkan fitur Preview untuk mengubah ukuran gambar JPG. Untuk bisa melakukannya, para pengguna tidak perlu memanfaatkan aplikasi lain. Jadi cukup memanfaatkan aplikasi bawaan yang dinamakan Preview.

  1. Silahkan buka folder file JPG yang sudah tersimpan, kemudian klik kanan foto Open With-Preview.
  2. Saat menggunakan aplikasi Preview, silahkan tambahkan Tools-Adjust Size. Pada bagian kolom Height, Width, dan Resolution.
  3. Ubah bagian nilainya menjadi lebih besar untuk memperbesar file JPG tersebut. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan Scale Proportionally dan Resample Image. Fitur-fitur tersebut bisa membuat gambar JPG tetap seimbang seperti kondisi semula.
  4. Jika sudah selesai merubah gambar JPG di HP, silahkan klik OK. Simpan gambar yang sudah di edit dengan cara klik menu File-Save.

3. Memanfaatkan Aplikasi Photoshop

Aplikasi Photoshop juga bisa membantu memperbesar ukuran gambar JPG. Namun tidak semua fiturnya bisa digunakan secara gratis. Bagaimana langkah editing gambar JPG pada Photoshop?

  1. Masuk aplikasi Photoshop, kemudian klik File-Open untuk memilih gambar yang ingin diperbesar ukurannya.
  2. Jika gambar sudah dibuka, silahkan pilih opsi Image-Image Size. Masuk halaman Pixel Dimensions, silahkan ubah ukuran Width dan Height sesuai dengan ukuran gambar yang diinginkan.
  3. Ketika sudah tercukupi, silahkan klik tombol Ok. Cara menyimpan file gambar JPG yang sudah diperbesar dengan klik File-Save as. Tekan tombol Ctrl + Shift + S dan beri nama file JPG untuk menyimpannya.
  4. Setelah muncul JPEG Options, pada halaman Quality silahkan pilih kualitas gambar yang dibutuhkan agar tidak pecah.

Cara memperbesar ukuran JPG bisa menggunakan situs dan aplikasi bawaan laptop.

Namun memang tidak semua situs ataupun aplikasi editing gambar bisa memberikan hasil sesuai keinginan. Oleh sebab itu lakukan pengecekan pada gambar JPG terlebih dahulu sebelum mengirimnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text