Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Internet / Inilah Beberapa Cara Membuka Situs yang Diblokir Kominfo

Inilah Beberapa Cara Membuka Situs yang Diblokir Kominfo

Cara membuka situs yang diblokir kominfo menjadi salah satu solusi yang bisa dicoba, terutama saat sedang ingin membuka situs-situs penting yang krusial. Apalagi, bila PayPal, WhatsApp, Facebook, TikTok, YouTube, Yahoo dan platform game seperti Epic games dan Steam benar-benar diblokir Kominfo.

Beberapa situs yang diblokir pemerintah umumnya memiliki kandungan unsur berbahaya, seperti konten dewasa, perjudian, dan lainnya. Sejauh ini, dalam membuka situs diblokir dianggap sebagai tindakan ilegal serta melanggar peraturan pemerintah.

1. Menggunakan Situs Proxy

Di sini, Anda bisa menggunakan situs bernama CroxyProxy karena dianggap lebih ringan dan stabil digunakan untuk Android dan iOS. Inilah beberapa langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pertama, kunjungi situs CroxyProxy (https://www.croxyproxy.com/). Lalu masukkan link situs web yang telah diblokir server dan ingin dikunjungi pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik tombol Go. Lalu tunggu sampai situs ditampilkan.

Untuk dapat mengunjungi situs yang diblokir lainnya, maka bisa masukkan URL di kolom pencarian pada bar CroxyProxy bagian atas. Apabila memori atau RAM HP hampir penuh dan sudah tidak dapat ditambah aplikasi VPN, maka bisa memakai Google Chrome HP di atas menjadi alternatif.

2. Menggunakan SSH

Anda juga dapat langsung membuka situs yang diblokir hanya dengan menggunakan SSH (Secure Shell). SSH sebenarnya memiliki fungsi sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus.

Mulai dari VPN maupun SSH bisa dibilang memiliki karakteristik yang hampir sama. Bedanya, di sini Anda hanya akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling.

Untuk dapat langsung menggunakan metode SSH, maka bisa langsung menggunakan HP Android. Cara membuka situs yang diblokir kominfo sebenarnya terbilang sangat mudah dan bisa ikuti sebagai berikut.

  • Pertama, bisa langsung buka situs FastSSH, pilih server Indonesia (https://www.fastssh.com/page/secure-shell-servers/continent/asia/indonesia). Klik langsung Create SSH Account Indonesia, lalu buat akun dengan mengetikkan username dan password.
  • Kemudian, bisa klik Create Account dan catat username SSH, password SSH, dan host IP address.
  • Lalu lakukan install terlebih dahulu aplikasi KPN Tunnel Revolution. Kemudian, bisa buka aplikasi KPN Tunnel Rev > Settings > aktifkan SSH Tunnel.
  • Lalu lanjut geser ke bawah dan pada bagian Host/IP isi seperti pada format yang Anda catat tadi. Kemudian, aktifkan Auto Reconnect dan isi URL Pinger dengan menggunakan “bing.com“.
  • Selanjutnya, bisa langsung aktifkan Custom DNS dan gunakan settingan default pada aplikasi. Kembali langsung ke halaman utama dan ketuk Start untuk memulai menggunakan SSH.

3. Menggunakan Situs Proxy

Alih-alih harus menggunakan aplikasi VPN PC terbaik, Anda juga menggunakan web proxy bernama ProxySite. Situs ini dapat membantu Anda membuka situs yang terblokir dengan mudah.

Cara membuka situs yang diblokir kominfo ini sebenarnya sangat mudah seperti l membuka internet positif Android tanpa aplikasi yang sudah ada di atas. Berikut ini sudah ada langkah-langkah yang wajib diketahui.

  • Pertama, bisa langsung kunjungi situs ProxySite (https://www.proxysite.com/). Lalu pilih server proxy yang ingin digunakan pada menu dropdown.
  • Kemudian, bisa langsung masukkan URL situs terblokir yang ingin dikunjungi dan klik Go. Tunggu sampai halaman situs berhasil telah ditampilkan.

4. Menggunakan Ekstensi VPN Google Chrome

Selain busa menggunakan situs proxy, Anda juga bisa memanfaatkan ekstensi VPN di Google Chrome untuk membuka blokir situs. Enaknya ekstensi ini tidak membutuhkan space untuk instalasi. Berikut ini sudah ada Cara membuka situs yang diblokir kominfo:

  • Pertama, bisa langsung kunjungi situs ekstensi Chrome melalui link berikut. Pada kolom search bar, maka bisa cari nama ekstensi VPN yang kamu inginkan.
  • Lalu klik pada hasil pencarian yang muncul, dan pilih opsi Add to Chrome di pojok kanan atas.
  • Lalu ekstensi yang Anda tambahkan akan muncul yang ada di toolbar Google Chrome. Lalu klik pada ekstensi VPN tersebut, dan pilih opsi untuk mengaktifkan.

5. Cara Akses Situs Diblokir Menggunakan Google Translate

Situs penerjemah bahasa asing milik Google ini ternyata dapat langsung dimanfaatkan untuk membuka website yang diblokir tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan apapun. Namun, sayangnya cara untuk membuka situs yang diblokir ini cuma dapat dilakukan melalui perangkat PC atau laptop saja, bukan dari HP.

Berikut ini sudah ada beberapa Cara membuka situs yang diblokir kominfo di bawah ini:

  • Pertama, buka situs Google Translate dari aplikasi browser di PC dan pilih bahasa Indonesia ke Inggris atau apa pun.
  • Lalu ketikkan situs yang telah diblokir dan ingin Anda kunjungi. Kemudian, bisa langsung klik pada ikon kotak tautan yang muncul, tunggu sampai situs tersebut terbuka.

6. Cara Membuka Situs Terblokir Melalui Server DNS

Cara membuka situs yang diblokir kominfo tanpa aplikasi lainnya di laptop atau PC, yaitu dengan memanfaatkan DNS di laptop kamu. Berikut ini sudah ada berbagai macam langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pertama, bisa langsung klik Pengaturan Jaringan dalam Control Panel. Lalu membuka langsung Network & Internet > Network & Sharing Center.
  • Kemudian, klik kanan di Connection > Properties dan klik Properties TCP/IPv4.
  • Lalu klik Use the Following DNS Servers dan ketik Server DNS Google secara manual (8.8.8.8; 8.8.4.4).
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan dan keluar.

Saat ini dapat menggunakan server DNS Google. Situs yang telah diblokir oleh penyedia layanan internet sekarang bisa untuk kamu lihat.

7. Cara Membuka Situs Terblokir Menggunakan Alamat IP

Ada kemungkinan jika situs yang telah diblokir merupakan uniform resource locator (URL) bukan berupa alamat IP. Apabila hal ini menjadi masalahnya, maka bisa membuka situs terblokir menggunakan alamat IP-nya.

Agar dapat langsung mengakses sebuah situs memakai cara tersebut, maka cukup temukan dan salin IP tersebut ke dalam browser milikmu. Untuk menemukan alamat IP sebuah situs, berikut ini cara cepatnya, yaitu:

  • Pertama, bisa langsung ketuk kunci Windows + R di keyboard dan ketik cmd dan klik OK. Lalu command Prompt akan muncul.
  • Lalu ketik ping diikuti situs web yang diblokir. Contohnya saja ping situsweb.com dan tekan Enter.
  • Nantinya akan muncul alamat IP dari web itu. Lalu copy dan paste alamat IP ke browser.

Cara membuka situs yang diblokir kominfo yang benar ini sebenarnya tidak berfungsi untuk seluruh situs lantaran sejumlah alamat IP tidak selalu bisa diandalkan. Ada kemungkinan juga yang diblokir tidak hanya URL saja, namun juga alamat IP dari situs terkait.


Itu saja beberapa penjelasan cara membuka situs diblokir tanpa dan menggunakan aplikasi. Anda dapat mengaplikasikan cara-cara di atas baik melalui PC, laptop, dan HP dengan mudah dan dijamin dapat membuka semua situs.

Saat ini Anda bisa dengan bebas mengakses situs apapun tanpa perlu khawatir lagi deh. Selamat mencoba cara membuka situs yang diblokir kominfo semoga bisa berhasil ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text