Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Tisucoding.com – Ingin punya toko online di Shopee tapi nggak punya banyak modal dan nggak ada tempat untuk stok barang dagangan di rumah? Tenang, nggak perlu berkecil hati ya, karena sekarang sudah ada cara jualan di Shopee tanpa stok barang dan bahkan nggak harus keluar modal untuk beli barang lho.

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang seperti ini dikenal dengan dropship, cocok buat kamu yang ingin bisnis online tanpa modal besar. Buat kamu yang mungkin baru pertama kali tahu istilah dropship, bisa cek informasi selengkapnya di bawah ini sekaligus bagaimana cara jadi dropship di Shopee.

Apa Itu Dropship / Dropshipper?

Dropshipper adalah sebutan untuk penjual (biasanya secara online) yang menjual barang tanpa harus membuatnya sendiri dan bahkan juga nggak ada stok barang. Lantas, barang dagangannya disimpan dimana? Jawabannya adalah disimpan oleh supplier.

Jadi sebagai dropshipper, kamu akan menjual produk / merek milik orang lain, yang bisa kamu dapat dari supplier / pemasok. Dalam hal ini, kamu tetap punya toko online dan katalog / etalase toko virtual kamu juga tetap ada isinya (berupa foto / video).

Saat ada pesanan masuk, kamu bisa teruskan pesanan itu kepada supplier kamu, dan sisanya akan diurus oleh supplier, seperti packing dan pengiriman.

Bagaimana Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang?

cara jualan di Shopee tanpa stok barang

Caranya gampang banget kok, dan dijamin bisa dilakukan oleh setiap orang meskipun dalam hal ini kamu adalah pemula.

Soalnya, caranya nggak jauh beda dengan kamu belanja di Shopee untuk diri sendiri, tapi bedanya kamu perlu centang bagian dropship saat checkout barang. Detail langkah-langkahnya adalah berikut ini:

BACA JUGA  4 Cara Mencari Toko di Shopee Kurang dari 1 Menit
  • Agar bisa jadi dropshipper Shopee, pertama kamu wajib punya akun Shopee lalu daftar sebagai seller. Cara jadi seller Shopee gampang banget 100% gratis. Cukup dengan masuk ke menu Saya pada akun Shopee kamu, lalu klik tombol Toko Saya yang ada di sisi atas bagian kiri.
  • Kamu bisa buat nama toko, tambahkan voucher gratis ongkir, tambahkan foto dan video dagangan lengkap dengan deskripsi produk, dan sebagainya.
  • Sebelum upload dagangan tadi, kamu sebaiknya pikirkan dulu nih dengan matang barang apa yang akan kamu jual (sebaiknya barang yang sedang banyak diminati ya, atau yang sifatnya nggak musiman).
  • Kalau sudah menentukan barang, selanjutnya cari supplier dengan cara ketik nama barang di Kolom Pencarian Shopee dan temukan toko yang menjual dengan harga murah tapi kualitas barang dan layanannya bagus.
  • Nah, kalau sudah punya supplier pilihan, sekarang kamu bisa mulai jalankan toko online kamu dengan menambah foto katalog dan promosi.
  • Lalu saat ada pesanan dari pembeli, kamu bisa checkout barang dari supplier yang sebelumnya sudah kamu pilih tadi.
  • Tapi kali ini untuk alamat pembeli jangan isi dengan alamat kamu ya, melainkan dengan alamat orang yang beli dagangan kamu tadi.
  • Selanjutnya aktifkan toggle di samping tulisan Kirim Sebagai Dropshipper dan akan muncul kolom nama dan nomor telepon, isi dengan nama toko kamu dan nomor kamu,lalu klik tombol Buat Pesanan.
  • Selanjutnya bayar pesanan seperti biasa dengan uang kamu terlebih dulu.
  • Sekarang pesanan dari toko kamu akan diurus oleh supplier tadi, dan uang kamu akan kembali sekalian dengan labanya setelah barang diterima oleh pembeli kamu.

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang ini cocok ditiru kalau kamu nggak ingin repot mengatur stok barang. Tergantung pada barang apa yang kamu jual, modalnya bisa banyak atau sedang. Kalau kamu jualan barang-barang kecil seperti bros, pensil, atau tisu misal, tentunya modalnya sedikit ya.

BACA JUGA  Gimana Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum?