Cara Dropship di Shopee dalam 5 Langkah Mudah

Tisucoding.com – Ingin coba jualan di Shopee tapi nggak bisa bikin produk sendiri? Tenang, di era serba gampang seperti sekarang, kamu bisa punya lapak online dengan menjadi dropship. Modalnya lebih sedikit dibanding bikin produk atau merk sendiri lho, dan cara dropship di Shopee juga nggak ribet.

Dropship sendiri adalah sistem jualan tanpa harus punya stok barang. Bahkan, pihak yang mengirim barang ke konsumen juga bukan kamu melainkan supplier. Artinya, kamu nggak harus punya gudang atau ruangan untuk menyimpan stok. Kamu juga nggak perlu juga ribet packing dan antar barang ke ekspedisi.

Tata Cara Dropship di Shopee Terbaru

Cara Dropship di Shopee

Berdasarkan definisi di atas, sistem jualan dropship cocok banget nih untuk kamu yang ingin mencoba bisnis kecil-kecilan di Shopee dan tanpa modal. Adapun cara menjadi dropshipper di Shopee adalah di bawah ini:

1. Riset Pasar

Jangan asal pilih jenis barang tapi cek dulu tren pasar saat ini agar kamu bisa tahu apa saja barang yang sedang hype dan banyak diminati. Riset pasar bisa kamu lakukan dengan Google Trends atau cek dari media sosial mengenai barang yang paling populer akhir-akhir ini.

Pilihan lainnya adalah kamu bisa jual barang yang sifatnya nggak musiman, misalnya sembako, kebutuhan kamar mandi, atau makanan dan minuman.

2. Buat Akun dan Mencari Supplier

Kalau sudah tahu akan menjual apa, sekarang buat akun / toko di Shopee dengan nama yang sebaiknya mencerminkan dagangan kamu. Lalu, carilah supplier yang tepat dengan kriteria berikut ini:

  • Sudah berpengalaman alias bukan supplier baru karena biasanya lebih profesional.
  • Fast respon, mudah dihubungi, dan informatif.
  • Review bagus
  • Harganya murah tapi dengan kualitas yang nggak buruk.
  • Pelayanan bagus.
BACA JUGA  3 Cara Bayar Shopee lewat DANA Mudah dan Cepat

Kalau sudah menemukan supplier yang sesuai kriteria, tanyakan seperti apa sistem dropshipnya karena masing-masing supplier punya aturan yang berbeda. Tanyakan juga soal garansi dan berbagai detail lain yang dibutuhkan secara lengkap, jadi jangan sampai ada miss informasi.

Lalu untuk memastikan kualitas dari produknya, termasuk juga seperti apa packing yang diberikan, berapa lama waktu pengemasan dan lainnya, kamu bisa pesan satu atau lebih barang dari supplier tadi (sebaiknya bukan atas nama kamu sendiri agar pengirimannya nggak direkayasa).

3. Isi Toko

Keuntungan lain jadi dropship adalah kamu nggak perlu ribet bikin foto dan video produk karena bisa ambil dari katalog supplier (atas seizinnya). Langkah selanjutnya dalam cara dropship di Shopee adalah menambahkan foto / video ke etalase toko dan jangan lupa tambahkan deskripsi.

4. Fitur Gratis Ongkir

Supaya toko kamu banyak diminati, manfaatkan fitur gratis ongkir dari Shopee yang bisa kamu aktifkan dengan upload foto KTP. Isi juga data rekening kamu untuk proses pencairan dana dari Shopee.

5. Promosi dan Terima Pesanan

Berhubung toko kamu ini baru, tentunya kamu butuh promosi dong. Caranya sendiri ada banyak nih, mulai dari promo online seperti di media sosial, promo dari mulut ke mulut, atau banting harga / diskon untuk pembukaan toko baru.

Kalau ada calon pembeli yang minta informasi atau menanyakan dagangan kamu, pastikan untuk memberikan layanan yang baik supaya barang kamu laku. Kalau ada pesanan yang masuk, selanjutnya kamu bisa teruskan ke supplier dan sisanya akan diurus supplier kamu.

Cara dropship di Shopee sebenarnya mudah banget ya. Tapi, kamu harus pandai memilih supplier dan bisa baca tren pasar saat ini. Kamu juga perlu jago promosi agar toko kamu banyak diserbu pembeli. Kalau ada masalah dengan supplier saat ini, jangan segan pindah ke supplier yang lebih baik ya.

BACA JUGA  Cara Tukar Tambah HP di Shopee dalam 7 Langkah Mudah