Cara Cleaning Printer Epson L120

Memahami cara cleaning printer Epson L120 adalah hal penting bagi seluruh pengguna. Hal ini harus diperhatikan dengan baik agar printer masih bisa melakukan proses cetak sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan mengalami masalah seperti cetakan yang buram.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara tersebut dan cenderung mengabaikan sehingga hasil cetakan yang diterima sering tidak sesuai dengan ekspektasi. Akhirnya, mereka kecewa dan menganggap jika printer itu tidak bisa bekerja secara maksimal.

Alasan Printer Wajib Cleaning

Ada beberapa alasan mengapa printer sering sekali mengalami masalah dan harus melalui proses cleaning terlebih dahulu. Berikut beberapa masalah yang harus segera diatasi dengan proses cleaning:

1. Jarang Dipakai

Alasan pertama mengapa printer harus dilakukan proses cleaning secara rutin adalah karena jarang sekali dipakai. Printer akan cepat rusak apabila jarang dipakai atau sering dipakai tetapi tidak dirawat secara baik oleh para penggunanya.

Paling tidak setiap hari harus dipakai untuk melakukan proses cetak sebanyak beberapa lembar. Apabila tidak bisa dilakukan, maka akan terjadi masalah pada tinta sehingga bisa menyebabkan proses cetak mengalami berantakan seperti banyak tinta yang tidak bisa menempel pada kertas.

2. Dipakai Print Banyak dalam Sekali Waktu

Selanjutnya, apabila menggunakan printer untuk melakukan proses cetak sebanyak ratusan lembar dalam satu kali waktu juga harus dibersihkan terlebih. Dengan dibersihkan ini, maka kualitas dari printer akan tetap terjaga secara maksimal karena tidak ada kotoran.

Itulah kenapa printer yang sering sekali digunakan untuk melakukan proses cetak sering sekali mengalami masalah seperti tinta yang tidak bisa tercetak. Padahal isi kantong tintanya masih sangat penuh atau baru saja diisi.

BACA JUGA  Cara Scan dengan Epson L3110

3. Cetak Warna dan Hitam Bergantian

Melakukan proses cetak warna secara bergantian dengan cetak monokrom juga bisa menyebabkan bagian dari tinta mengalami kotor. Itulah kenapa proses pembersihan rutin harus dilakukan setelah melakukan proses cetak ini selama berulang-ulang.

4. Kemasukan Debu

Terakhir dan biasanya paling sering terjadi adalah bagian dalam perintah terkena debu karena tidak tertutup dengan baik.

Debu yang masuk dalam jumlah banyak ini bisa menyebabkan masalah yang cukup besar salah satunya adalah tinta yang tidak bisa tercetak dengan sempurna.

Baca juga:

Cara Cleaning Printer Epson L120

Cara Cleaning Printer Epson L120

Cara cleaning printer Epson L120 bisa dilakukan dengan beberapa cara atau langkah di bawah ini. Perhatikan dengan saksama mulai dari awal hingga akhir tanpa melewati satu langkah pun.

  • Masuk ke Start Windows, lalu ketik kata kunci: Control Panel. Dalam beberapa detik akan langsung muncul.
  • Pilih menu Services and Printers.
  • Pada Printer klik kanan lalu pilih menu Printing Preference.
  • Masuk ke menu Head Cleaning, lalu tekan Start.
  • Printer mulai melakukan pembersihan selama beberapa menit.
  • Pilih menu Print Nozzle Check Pattern. Lanjutkan dengan menekan Print.
  • Tunggu hasil cetak untuk mengetahui apa saja masalah yang terjadi dan informasi lainnya.

Melakukan hal yang sudah dijelaskan membuat seluruh fungsi dari printer bisa dimaksimalkan. Dengan begitu, tidak akan mengalami masalah seperti kertas yang sering macet atau hasil cetakan yang tidak terlalu sempurna.

Itulah kenapa setiap menggunakan printer sebanyak beberapa kali atau sudah digunakan untuk mencetak beberapa ratus lembar harus dibersihkan terlebih dahulu. Dengan begitu, seluruh kotoran yang ada pada printer bisa dihapuskan tanpa terkecuali untuk memaksimalkan fungsinya.

BACA JUGA  Harga Printer Epson L565 dan Berbagai Kelebihannya

Apabila hal ini sering diabaikan maka printer akan mengalami kerusakan karena bagian untuk melakukan proses cetakan sering mengalami kotor dan berkerak. Daripada hal itu sering terjadi lebih baik dibersihkan secara langsung karena cara cleaning printer Epson L120 juga mudah.