Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

2 min read

Cara Bootable Flasdisk Windows 10 Dengan Rufus
Berikut ini adalah cara paling mudah membuat bootable flashdisk sistem operasi windows 10 dengan software Rufus gratis

Tisucoding.com – Untuk melakukan install ulang pada perangkat PC ternyata bisa dilakukan tanpa menggunakan kaset DVD. Biasanya, netbook atau notebook yang tidak dilengkapi dengan CD-room bisa membuat bootable flashdisk Windows 10. Umumnya master Windows dibuat dengan menggunakan DVD sehingga saat proses penginstallan menggunakan DVD selama prosesnya.

Sedangkan ada beberapa laptop yang memang tidak dilengkapi dengan CD-room dan harus mencari alternatif lain agar bisa diinstall.

Dengan memanfaatkan USB flashdisk dan juga aplikasi rufus, flashdisk dapat disulap menjadi media installasi windows 10 dengan sangat mudah dan simple.

Lalu bagaimana cara membuat flashdisk menjadi bootable untuk dijadikan media instalasi Windows 10. Mari simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Bootable Windows

1. Persiapan

Sebelum mulai membuat bootable flashdisk untuk install windows 10, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Apa saja?

  • Flashdisk minimal 8GB untuk diisi master Windows 10. Pastikan flashdisk benar-benar kosong.
  • Aplikasi Media Creation Tool yang bisa di download secara gratis di website resmi Microsoft.
  • Software Rufus (sebaiknya download di https://rufus.ie terlebih dahulu sebelum melakukan cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan rufus)
  • Koneksi internet untuk keperluan download file ISO Windows 10.

2. Cek Sistem Arsitektur

Sebelum memulai rangkaian membuat bootable flashdisk ini, ada hal yang tak kalah penting yang juga harus dilakukan yaitu dengan mengecek arsitektur perangkat komputer yang kamu miliki.

Sama seperti dengan sistem operasi Windows yang hadir dalam 2 versi yaitu 32-bit dan 64-bit, perangkat yang kamu gunakan pun sama.

Jadi terlebih dahulu cek apakah perangkat yang kamu miliki jenis arsitektur 32-bit atau 64-bit lalu sesuaikan dengan Windows yang akan diisntall. Jika perangkat laptop atau pc memiliki jenis arsitektur 32-bit maka install dengan Windows 10 edisi 32-bit.

Cara cek jenis arsitekturnya bagaimana?

Pertama pilih menu Windows – Buka menu Setting – Pilih menu System – Klik About

Disana akan ada beberapa informasi tentang perangkat termasuk jenis arsitektur pada perangkat yang bisa dilihat di kolom System Type. Pada detail akan tertera apakah jenis sistemnya 32-bit atau 64-bit.

3. Langkah Membuat Bootable Windows

Jika semua sudah siap dan sudah yakin, mari mulai langkah untuk membuat bootable flashdisk untuk Windows 10.

  • Download aplikasi Media Creation Tool yang bisa ditemukan di situs resmi Microsoft.

Download Media Creation Tool

  • Jika sudah berhasil download langsung buka file yang sudah berhasil terdownload dan klik “Accept” pada kotak dialog yang muncul.

 

setujui persyaratan

menunggu tool siap

  • Jika sudah kemudian akan muncul kotak dialog “What do you want to do?”. Disini kamu harus memilih pilihan “create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC” lalu klik Next.

cara bootable flashdisk

  • Pilih sistem arsitektur yang sudah disesuaikan dengan perangkat komputer yang akan diinstall. Pilih bahasa (English US), edisi windows (disini pilih Windows 10), dan pilih arsitektur perangkat komputer (32-bit atau 64-bit sesuaikan dengan perangkat yang akan diisntall).

pilih tipe arsitektur windows

  • Download ISO file Windows 10 – klik Next. Tunggu proses download selesai dan pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil untuk membuat bootable flashdisk Windows 10. File ISO ini memiliki ukuran yang cukup besar.

download file iso windows

Selanjutnya, pasangkan USB flashdisk pada perangkat komputer lalu buka software rufus yang sebelumnya sudah kamu download. Jika aplikasi sudah terbuka, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan sebelum proses dimulai.

  1. Pada bagian device, pastikan sudah sesuai dengan nama flashdisk yang digunakan.
  2. Klik bagian SELECT dan kemudian pilih ISO file Windows 10 yang tadi sudah selesai didownload.
  3. Sesuaikan partition scheme dan target system dengan perangkat. Untuk perangkat terbaru bisa memilih GPT untuk partition scheme nya dan UEFI untuk target system Sedangkan untuk perangkat lama bisa menggunakan MBR dan BIOS.

Jika semuanya sudah di cek dan disesuaikan, maka langkah berikutnya adalah klik tombol START untuk memulai membuat bootable usb flashdisk Windows.

Cara Bootable Flasdisk Windows 10 Dengan Rufus

Proses ini memakan waktu yang tidak begitu lama sekitar 5 hingga 10 menit tergantung dari performa perangkat komputer.

Jika proses sudah selesai, artinya flashdisk sudah terpasang master Windows 10 dan sudah bisa digunakan untuk instalasi pada perangkat laptop dan komputer. Jadi seperti itu cara mudah membuat bootable flashdisk Windows 10.

4. Fungsi Bootable Flashdisk

Cara ini sangat membantu bagi kamu yang memiliki masalah dengan sistem operasi dan ingin melakukan install ulang untuk membuat kinerja perangkat komputer menjadi lebih baik namun ternyata perangkat laptop yang kamu miliki tidak memiliki CD-room.

Cara ini merupakan cara paling mudah pembuatan bootable flashdisk Windows 10 dan dalam sekejap bisa digunakan install ulang windows 10 untuk perangkat laptopmu.

Yang terpenting adalah mempersiapkan semuanya dengan benar, memastikan setiap detail perangkat agar nantinya bisa diinstal dengan benar serta mengikuti step by step nya dengan tepat dan tunggu proses nya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *