Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Secara Permanen

2 min read

cara aktivasi windows 10
Dengan cara aktivasi windows 10 yang akan kami sajikan ini mungkin akan sangat membantu untuk mengoptimalkan kinerja windows setelah diinstall.

Tisucoding.com – Semua versi windows jika tidak dilakukan aktivasi setelah dilakukan proses install tentu akan membuat windows yang digunakan menjadi kurang optimal. Dengan cara aktivasi windows 10 yang akan kami sajikan ini mungkin akan sangat membantu untuk mengoptimalkan kinerja windows setelah diinstall.

Biasanya, windows akan terlihat normal seperti biasanya hingga 30 hari setelah proses install, namun setelah itu pasti kamu akan menemukan beberapa keanehan pada windows yang tidak dilakukan aktivasi menjadi genuine. Hal ini disebabkan oleh masa free trialnya sudah berakhir.

Salah satunya adalah layar desktop menjadi berwarna hitam dan meskipun sudah diganti dengan wallpaper pasti akan kembali lagi.

Selain itu, dibagian bawah sisi kanan desktop juga akan muncul tulisan “This copy of windows is not genuine”. Jika sudah seperti itu sudah bisa dipastikan jika sistem operasi tersebut harus segera mengaktifkan windows.

Hal seperti ini terkadang membuat sebagian orang merasa panik, ada apa dengan windows yang saya gunakan, kenapa muncul tulisan seperti itu, apakah akan mempengaruhi perangkat komputer saya, dan banyak hal-hal lainnya.

Oleh karena itu sebaiknya, setelah instal Windows pada perangkat komputer segera untuk melakukan cara aktivasi windows 10 asli ini agar tidak muncul kepanikan-kepanikan lainnya.

Atau jika sudah terlanjur muncul desktop hitam dan tulisan Windows is not genuine segera lakukan aktivas agar dapat bekerja dengan tenang.

Lalu bagaimana cara untuk aktivas windows tersebut dan bisa permanen? Berikut ini adalah cara untuk bisa mengaktivasi windows 10 secara permanen dan mudah.

Sebelum mulai aktivasi, ada beberapa hal yang perlu disiapkan selama proses yaitu menyiapkan lisensi windows 10 dan juga koneksi internet.

Cara Aktivasi Windows 10

#1. Lisensi Windows 10

lisensi windows 10

Saya tidak memiliki lisensi, darimana bisa mendapatkannya? Untuk bisa mendapatkan lisensi sebenarnya sangat mudah karena bisa dibeli di beberapa marketplace yang menjual retail lisensi Windows 10.

Seperti misalnya di Tokopedia atau toko online sejenisnya. Harga lisensi cukup terjangkau, mulai dari 100ribuan. Saat membelinya, sebaiknya pilih dari penjual yang menawarkan lisensi jenis Certificate of Authenticity atau COA.

Biasanya dijual dalam bentuk DVD dan dapat digunakan secara berulang pada perangkat pc atau laptop yang sama.

Ketika membeli lisensi, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu jenis windows 10 yang terpasang pada perangkat komputer ya.

Jadi saat membeli sudah sesuai dengan jenis windows yang ada pada komputer. Windows 10 yang paling populer adalah windows home dan pro.

Untuk mengetahui apakah sistem operasi windows yang kamu gunakan apakah home atau pro bisa dilihat pada bagian menu aktivasi juga.

Jadi ketika masuk pada menu aktivasi, edisi windows yang kamu gunakan bisa dilihat pada bagian paling atas laman tersebut.

Jadi ketika aktivasi bisa cek terlebih dahulu apakah windows tersebut home atau pro sehingga bisa memilih lisensi yang tepat. Atau bisa juga sebelumnya pada saat proses menginstall windows 10 kita bisa masukkan product key langsung.

Jadi seperti itu tutorial cara aktivasi windows 10 dengan lisensi dan aman secara permanen.

#2. Internet

internet untuk aktivasi windows 10

Jika sudah mempersiapkan lisensi, jangan lupa sambungkan perangkat komputer dengan internet karena nantinya aktivasi akan membuhkan internet. Pastikan sambungan internet stabil agar cara aktivasi windows 10 online lancar.

#3. Update & Security

update and security windows

Selanjutnya, cari menu Update & Security. Caranya:

klik menu windows (gambar logo windows pada desktop atau keyboard) – setting – Update & Security.

#4. Activation

cara aktivasi windows 10

Jika sudah masuk ke menu Update & Security, selanjutnya pilih menu Activation yang ada pada bagian desktop sebelah kiri. Jika sudah di klik maka akan muncul laman Activation dan kamu akan menemukan tulisan Change Product Key. Klik bagian tersebut dan akan muncul kolom untuk mengisikan product key atau lisensi.

#5. Masukan Lisensi

masukan lisensi windows 10

Jika sudah muncul kolom untuk mengisikan Lisensi, langsung saja isikan kode lisensi yang sudah kamu miliki. Pastikan masukkan lisensi dengan benar. Jika sudah klik Next dan tunggu hingga proses aktivasi Windows selesai.

#6. Validasi Lisensi

windows 10 telah aktif

Jika sudah, tunggu beberapa saat dan jika proses validasi lisensi selesai dan berhasil maka akan muncul dialog “Windows is activated”.

Cukup mudah dan simple kan proses aktivasi untuk bisa membuat copy windows di perangkat komputer menjadi genuine dan permanen. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika nanti kebetulan suatu saat akan menginstall ulang perangkat komputer.

Dengan menggunakan lisensi yang sama yang sudah dibeli dengan jenis COA tadi, lisensi bisa digunakan secara berulang pada perangkat yang sama.

Melakukan activate Windows 10 dengan membeli lisensi lebih aman dan lebih mudah langkah-langkahnya jika dibandingkan dengan aktivasi menggunakan crack.

Jadi jika kamu ingin melakukan aktivasi windows, jangan ragu untuk menggunakan lisensi. Apalagi saat ini lisensi bisa dengan mudah dibeli bahkan di marketplace online dan harganya terjangkau. Dan jika ingin membeli langsung, silahkan kunjungi Microsoft Indonesia.

FAQ Aktivasi Windows 10

Apakah Windows 10 perlu di aktivasi?
Perlu. Karena dengan mengaktivasi Windows 10, maka Anda bisa menggunakan fitur-fitur Windows 10 secara penuh.

Bagaimana Cara Aktifkan Windows 10?
Klik menu windows–setting–Update & Security. Lalu masukan lisensi Windows 10

Bagaimana cara mendapatkan product key Windows 10?
Product key bisa didapatkan dengan membeli lisensi Windows 10 langsung di situs Microsoft. Atau bisa membeli lisensi retail di marketplace.

Jadi seperti itulah tutorial mudahnya cara aktivasi windows 10 menggunakan lisensi permanen yang aman.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *