3 Cara Mengatasi Masalah Printer Canon IP2770 Blink 3x Lampu Oranye

Salah satu masalah yang bisa kamu alami ketika menggunakan printer Canon IP2770 adalah lampu oranye berkedip 3 kali. Jika printer Canon IP2770 blink 3x kemudian disertai ketidakmampuan printer mencetak dokumen, maka printer jelas bermasalah. Solusi untuk masalah ini membutuhkan kesabaran penuh.

Masalah printer Canon IP2770 berkedip 3 kali ini umumnya diakibatkan ada masalah pada kertas dan komponen sensor serta mekanik.

Umumnya, untuk mengatasi masalah ini, kamu harus membongkar printer dan menerapkan solusinya di sini. Dalam prosesnya, kehati-hatian perlu diterapkan dengan baik.

Solusi Printer Canon IP2770 Blink 3x Paper Jam

Canon IP2770 Blink 3x

3 solusi dari masalah printer Canon seri IP2770 blink 3x menyesuaikan dengan penyebabnya. Beda penyebab, maka beda pula solusinya.

Sebelum melangkah lebih jauh, solusi masalah ini umumnya melibatkan keahlian dalam memperbaiki, membetulkan, dan membersihkan beberapa komponen dalam printer. Jika termasuk tidak ahli, kurang nyaman, dan tidak percaya diri, lebih baik kirim ke tukang servis saja.

1. Keluarkan Benda Asing yang Menyangkut

Permasalah printer Canon IP2770 blink 3 kali bisa diakibatkan oleh adanya benda asing yang menyangkut pada jalan keluar kertas atau roll penarik kertas. Umumnya, benda asing yang tersangkut tersebut adalah kertas.

Sensor pada printer Canon UP2779 sudah mampu bekerja dengan baik dan bisa diandalkan. Namun, insiden benda asing yang menyangkut bisa saja terjadi. Pada beberapa kesempatan, kamu mungkin akan mendapati adanya kertas menyangkut ketika kertas ditempatkan di tatakan kertas yang ada.

Dalam kondisi tersebut, kertas yang ditarik paksa bisa mengakibatkan kertas sobek dan tersangkut. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol Resume.
  • Proses pencetakan akan dilanjutkan dan kertas yang tersangkut akan dikeluarkan.
  • Jika cara tersebut gagal, matikan tombol Power.
  • Kemudian, hidupkan kembali printer dengan menekan tombol Power kembali.
  • Secara perlahan kertas yang menyangkut akan keluar.
BACA JUGA  Download Driver Epson L120 Gratis

Bagaimana jika cara tersebut masih gagal? Kesuksesan cara ini dapat bergantung pada kerumitan dan benda asing yang tersangkut. Semakin rumit, kusut, dan kacau, maka cara menanganinya menjadi semakin sulit.

Menghadapi situasi yang kompleks tersebut, kamu harus berhati-hati dan tidak terburu-buru. Bagaimana jika benda asing yang tersangkut adalah pensil, manik-manik, tutup pulpen, dan benda keras lainnya?

Jika yang tersangkut golongan keras dan besar, maka solusinya akan lebih sulit lagi. Kamu harus mengambil dan membersihkan benda asing tersebut tanpa merusak dan memaksa bagian mekanik printer.

2. Betulkan Posisi, Perbaiki, atau Ganti Bagian Mekanik yang Rusak

Penyebab Canon IP2770 blink 3x selanjutnya adalah adanya bagian mekanik printer yang salah posisi atau rusak. Bagian mekanik dari printer Canon IP2770 adalah rangkaian roll dimana rangkaian tersebut terdiri dari karet penarik kertas, gigi, dan penyangga kertas.

Pemeriksaan bagian tersebut harus dilakukan. Berikut adalah beberapa kondisi pada bagian mekanik yang mengakibatkan masalah muncul.

  • Penyangga kertas atau roll penarik kertas patah.
  • Karet pada roll penarik kertas sudah tipis.
  • Gigi roll atau roll penarik kertas bergeser posisinya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kesalahan manusia. Bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut?

  • Jika masalah ada pada pergeseran posisi, maka betulkan posisinya.
  • Jika terjadi kerusakan, bisa diperbaiki atau diganti

Solusi ini hanya bisa diterapkan oleh kamu yang sudah ahli dalam perbaikan printer. Jika tidak ahli, berisiko melakukan perbaikan bagian mekanik printer. Jangan memaksa dan gegabah dalam menyelesaikan masalah ini. Penggantian komponen juga bisa menjadi tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan.

Komponen di dalam printer tidak semuanya tersedia bebas. Membeli komponen-komponen di dalam mungkin di beberapa wilayah kota dan kabupaten tidak akan bisa dilakukan dengan mudah. Pembongkaran printer Canon IP2770 yang lain untuk diambil komponennya yang baik bisa dilakukan.

BACA JUGA  Perbedaan Listrik AC dan DC

3. Bersihkan, Perbaiki, atau Ganti Sensor yang Rusak

Selain komponen mekanik pada printer, komponen lain yang bisa menyebabkan masalah error printer Canon IP2770 blink 3x adalah sensor kertas. Sensor kertas printer adalah komponen yang memiliki fungsi mendeteksi seluruh proses lalu lalang kertas yang digunakan ketika pencetakan dokumen dilakukan.

Sensor kertas bekerja dari tahap awal kertas disimpan sampai selesai dicetak. Pada praktiknya, sensor ini akan memberi informasi kepada pengguna apabila ada yang salah pada kertas, termasuk posisi kertas yang salah. Sensor kertas printer bisa saja mengalami masalah atau dalam kondisi yang tidak baik.

Ketika masalah printer Canon berkedip 3 kali, sensor kertas Canon IP2770 bisa jadi kotor, berdebu, atau bahkan rusak. Jika sensor bermasalah, solusinya hanya ada 2.

  • Bersihkan sensor kertas dari kotoran yang menempel di sana dengan kain halus. Jika perlu, gunakan screen cleaning setelah sensor dilap sampai kering.
  • Jika rusak, tidak ada cara lain selain ganti dengan yang baru.

Masalah printer Canon IP2770 blink 3x tampaknya tidak bisa diselesaikan dengan terburu-buru. Diperlukan kesabaran dan ketekunan serta keahlian yang cukup untuk bisa menyelesaikannya. Jika ragu dan takut, jangan ambil risiko dan biarkan tukang servis printer memperbaiki printernya untuk kamu.