Berapa Kapasitas Google Drive dan Cara Mengakalinya

Google Drive adalah layanan Google untuk penyimpanan data online berbasis cloud. Dengan menggunakan Google Drive (GD), kamu bisa menyimpan beragam jenis file, dari mulai video sampai audio. Berapa kapasitas Google Drive untuk penggunanya? GD menyediakan kapasitas di bawah 16 GB.

Kapasitas tersebut masih bisa ditambah dengan menggunakan layanan berbayar yang disediakan Google.

Pengguna gratis bisa memanfaatkan beberapa trik untuk mengakali terbatasnya kapasitas penyimpanan di sana. Untuk layanan penyimpanan file gratis, Google Drive menyediakan kapasitas yang sudah besar.

Berapa Kapasitas Google Drive

Berapa kapasitas Google Drive yang disediakan secara gratis untuk penggunanya? Google Drive menyediakan kapasitas 15 GB secara gratis. 15 GB yang tersedia tersebut umum dan bisa digunakan untuk menyimpan file apapun.

Dibandingkan dengan layanan serupa, besaran kapasitas tersebut lebih besar. Kapasitas 15 GB yang tersedia di sana sudah termasuk konten yang terkait GD, Gmail, dan Google Photos.

Jika kamu termasuk menggunakan layanan-layanan Google tersebut, memenuhi kapasitas yang tersedia akan cepat terjadi. Tidak ada cara lain menambah kapasitas selain menggunakan layanan berbayar.

Kamu bisa menggunakan layanan Google One yang menyediakan kapasitas sampai 2 TB per bulan. Biayanya bervariasi dari mulai $1.99 sampai $9.99 per bulan.

Selain mendapatkan kapasitas lebih besar, kamu juga akan mendapatkan akses ke Google Experts, opsi Add Your Family, dan manfaat ekstra lainnya.

BACA JUGA  3 Cara Copy Folder di Google Drive yang Mudah Dilakukan

Cara Memeriksa Kapasitas Google Drive

Kapasitas penyimpanan yang tersedia di Google Drive dapat dengan mudah ditemukan di halaman utama Google Drive.

Di sudut kiri bawah, kamu akan menemukan ikon awan yang bertuliskan Storage. Di sana, kamu akan melihat informasi 0.0 GB of 15 GB Used. Angkanya akan berbeda bergantung GD kamu.

Untuk melihat secara rinci kapasitas Google Drive yang sudah digunakan, klik saja Upgrade Storage. Kamu akan menyaksikan gambar yang menampilkan kapasitas penyimpanan Google Drive yang tersedia dan yang sudah terpakai. Untuk melihat detail data apa dan berapa kapasitas yang digunakan, klik View Details.

Cara Mengakali Keterbatasan Kapasitas Google Drive

Berapa Kapasitas Google Drive

Setelah membahas berapa kapasitas Google Drive untuk penggunanya, saatnya kamu mengetahui trik untuk mengakali keterbatasan kapasitas di sana.

Trik ini bisa kamu gunakan jika melakukan upgrade kapasitas bukanlah sebuah pilihan. Berikut adalah beragam cara mengakali keterbatasan kapasitas GD.

1. Buat Banyak Akun Google Drive

Salah satu trik yang banyak digunakan adalah membuat banyak akun Google Drive. Google mengizinkan kamu memiliki banyak akun GD sampai 10 akun.

Kamu bisa menggunakan Multiple Cloud Storage Manager (MultCloud) untuk mengelola dan menggabungkan akun GD untuk meningkatkan kapasitasnya.

2. Hanya Upload File Penting

Hanya gunakan Google Drive untuk menyimpan file yang penting. Jangan gunakan GD untuk menyimpan file yang tidak perlu disimpan di sana.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan berkala untuk menghapus file yang sudah tidak diperlukan di sana. Jangan sampai Google Drive jadi tempat menumpuk sampah.

3. Gunakan Fitur Storage Saver

Konten atau foto yang ada di Google Photos akan dihitung sebagai konten yang ada di GD. Akibatnya, kapasitasnya pun akan terpakai.

BACA JUGA  Daftar Password Modem ZTE F660 dan F609 Indihome Terbaru

Untuk mengakali situasi mudahnya kapasitas berkurang gara-gara foto di Google Photos, kamu bisa menggunakan fitur Storage Saver.  Fitur ini akan mengkompress foto di sana.

  • Buka menu Settings di Google Photos.
  • Kemudian, pilih Storage Saver.
  • Pilih Recover Storage.
  • Di sana, kamu bisa memilih foto dan video yang ingin dikompres.

4. Bersihkan Sampah dan Spam

Attachment di Gmail dan email di Gmail ternyata akan menyita kapasitas di Google Drive. Jika jumlahnya sedikit tidak menjadi masalah. Jika banyak akan menyita banyak ruang kosong di sana.

Lakukan penghapusan berkala agar kapasitas di GD tetap lega. Lakukan hal yang sama pada file dan konten spam.

5. Gunakan Format File Google

Di GD, kamu bisa mengupload file dalam format orisinal tanpa harus melakukan konversi terlebih dahulu.

Jika kamu ingin meningkatkan ruang kosong di sana, simpan dokumen di format Google Docs sehingga GD akan menyimpan banyak dokumen. Menyimpan file di Google Docs hanya memakan sedikit ruang.

Sekarang, kamu sudah mengetahui berapa kapasitas Google Drive edisi gratis maupun edisi berbayar. 15 GB ruang kosong di sana sudah termasuk besar untuk ukuran file storage online berbasis cloud gratis.

Untuk mengoptimalkan ruang tersebut memang diperlukan pengelolaan file dan konten GD yang baik.