Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

10 Rekomendasi Aplikasi Piano untuk PC Terbaik

4 min read

aplikasi piano pc terbaik gratis
Jika ingin berlatih atau mencoba sensasi memainkan piaono, maka tidak perlu beli. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi piano untuk PC

Aplikasi Piano PC – Piano merupakan salah satu alat musik yang dikenal banyak orang. Dasar memainkannya sebetulnya cukup mudah, jika Anda paham tangga nada. Apalagi, bagi Anda yang memiliki bakat atau ketertarikan di dunia musik.

Tentu piano menjadi hal yang sangat menarik untuk dimainkan dan mengisi aktivitas di rumah. Namun, Anda yang ingin memperdalam kemampuan bermain piano, tentu harus berlatih.

Sebab, jika dipelajari secara mendalam sebetulnya instrument ini cukup rumit. Butuh waktu panjang dan konsisten latihan untuk bisa mahir memainkannya.

Anda bisa mempelajari instrument ini di rumah dengan cara memainkannya terus menerus. Sayangnya, harga piano cukup mahal dan tidak semua orang memiliki budget untuk membelinya.

Nah, di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, Anda bisa lho berlatih piano tanpa perlu memiliki piano keyboard. Paling tidak, Anda paham letak tuts dan membuat iramanya menjadi harmoni.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi piano PC, yaitu aplikasi khusus bermain piano yang bisa dimainkan di PC Windows atau di laptop Anda. Hal ini tentunya cukup membantu untuk Anda yang ingin berlatih nada piano.

Daftar Aplikasi Piano PC Gratis

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi piano PC terbaik yang bisa Anda install di komputer atau di laptop Anda. Apliaksi ini juga bisa digunakan untuk Anda berlatih piano. Simak yang berikut ini!

1. A73 Piano Station

daftar aplikasi piano untuk pc

A73 Piano Station menyediakan aplikasi piano yang memiliki tuts lengkap serupa dengan piano sungguhan. Anda bisa menggunakan keyboard sebagai pengganti tuts pianonya untuk menghasilkan suara.

Ada banyak pengaturan suara juga yang bisa dihasilkan oleh aplikasi ini, seperti suara vokal, bass, dan alat musik lainnya.

Aplikasi ini bisa digunakan pada PC atau laptop berbasis Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 Namun, aplikasi ini hanya bisa dipasangkan pada PC dan laptop dengan spesifikasi prosessor 16 Hz dan resolusi layar 1024 x 768.

Di luar spesifikasi yang disebutkan, maka tidak bisa dipasangkan.

2. DigiPiano

Aplikasi DigiPiano

DigiPiano adalah aplikasi piano di Pc yang cukup mudah digunakan, karena antarmukanya begitu sederhana dan merupakan aplikasi piano yang bisa digunakan untuk para pemula.

Pada situs resminya disebutkan pula, bahwa aplikasi ini masih dalam status Pre-Alpha atau kurang stabil. Tapi, aplikasi ini tetap bisa difungsikan dan diunduh gratis.

3. ButtonBeats Piano

aplikasi piano gratis

Aplikasi belajar piano yang bisa diunduh secara gratis ini cukup mudah digunakan, Anda dapat memainkan piano dengan nyaman karena antarmukanya yang juga mudah dikenali.

ButtonBeats Piano memiliki kelebihan, yaitu suara piano yang dihasilkan sangat jernih dan lebih baik dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

JIka didengarkan dengan detail, suara piano pada aplikasi ini mirip sekali dengan suara piano asli. Ada banyak fitur juga yang menarik dari aplikasi ini, seperti fitur rekam yang bisa digunakan untuk merekam permainan piano Anda.

4. Electronic Piano

Electronic Piano gratis

Selanjutnya ada Electronic Piano yang bisa diunduh secara gratis pada PC dan laptop Anda.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi piano yang menawarkan sejumlah fitur unggulan yang menyenangkan, seperti fitur rekam permainan, fitur ragam note musik, fitur drum machine yang memungkinkan Anda bermain piano dengan diiringi drum, dan satu fitur yang paling menarik adalah fitur musik instrumental.

Terdapar sejumlah 128 instrumen musik dan 47 jenis drum pada aplikasi ini yang bisa diaktifkan.

Semua instrumen musik pada fitur ini bisa digunakan untuk mengiringi permainan piano Anda. Menariknya lagi, terdapat 12 chord gitar dan single key yang terdiri dari berbagai macam bahasan, yaitu Inggris, Portugis, dan Spanyol.

Tentu semakin menambah seru permainan Anda.

5. Everyone Piano

aplikasi piano terbaik

Everyone Piano adalah aplikasi piano yang bisa diintegrasikan dengan berbagai jenis keyboard, termasuk juga MIDI piano keyboard sebagai tuts piano.

Bagi Anda yang masih asing dalam menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini dilengkapi dengan demo tutorial untuk menunjukkan bagaimana menjalankannya.

Aplikasi ini bisa diunduh pada OS Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

6. Free Piano

Free Piano untuk pc

Sesuai dengan namanya, Free Piano. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis. Meski gratis, fitur unggulan yang disediakan begitu lengkap, seperti fitur rekam lagu dan video. Ya, aplikasi ini bisa merekam video permainan piano Anda.

Setelah direkam, video tersebut bisa juga disebarkan pada kerabat ataupun keluarga Anda.

7. Piano Booster

Aplikasi Piano Booster

Piano Booster merupakan aplikasi piano yang bisa dimainkan dengan berbagai macam keyboard, termasuk juga MIDI keyboard.

Aplikasi yang satu ini agak berbeda dengan aplikasi piano yang lainnya. Sebab, aplikasi ini bukan hanya bisa dimainkan di Windows, melainkan juga mendukung berbagai macam platform, seperti Mac dan Linux.

8. Piano Cheetah

aplikasi piano untuk pc

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda akan berpikir, bahwa aplikasi yang satu ini cukup sulit dimengerti karena memang antarmukanya tidak sesederhana aplikasi piano untuk PC lainnya.

Namun demikian, Piano Cheetah sebetulnya cukup mudah dimengerti dan digunakan, jika Anda sudah mencoba memainkannya.

Aplikasi ini tidak serumit yang Anda bayangkan, bahkan bisa dikatakan merupakan aplikasi piano yang cukup unik. Pasalnya, aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk bermain piano, melainkan juga bisa digunakan untuk bermain drum.

Selain untuk belajar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengajar bagi Anda yang sudah mahir bermain piano.

9. HS Virtual Piano

Aplikasi HS Virtual Piano

HS Virtual Piano adalah aplikasi piano virtual untuk PC dan laptop yang memiliki layout keyboard persis seperti piano asli. Aplikasi ini juga mudah dikenali, karena tampilannya “bersih” dan tidak terlalu banyak tombol-tombol yang menyulitkan.

Meski begitu, aplikasi ini memiliki 129 macam suara dan 13 jenis drum yang berbeda yang bisa dimainkan.

Dengan fitur unggulan tersebut Anda jadi memiliki lebih banyak macam pilihan untuk memainkan musik. Anda juga bisa merekam musik Anda sendiri, tentu ini akan menjadi kegiatan Anda yang sangat meyenangka.

Tidak menutup kemungkinan, Anda bisa mencipta karya hanya melalui aplikasi seru yang satu ini.

10. SimplePiano

aplikasi piano pc

Simple Piano memiliki antarmuka yang didominasi putih, sehingga terlihat terang dan nyaman digunakan. Seperti namanya, aplikasi piano ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, meski Anda baru sekali menggunakannya.

Memang aplikasi ini lebih ditujukan bagi Anda para pemula yang ingin belajar piano tahap awal. Aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yang lengkap dan memiliki lebih dari 127 instrumen musik yang mudah digunakan.

Rekomendasi aplikasi piano yang bisa dimainkan di PC atau laptop di atas tentu bisa dimainkan untuk mengekspresikan musikalitas Anda di tengah keterbatasan perangkat yang Anda miliki.

Di zaman yang serba canggih ini, Anda bisa melakukan apa saja yang Anda sukai, meski dalam kondisi yang serba terbatas.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa melampaui batas yang Anda punya. Selamat mencoba!

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi