aplikasi pengolah data terbaik
tisucoding.com

10 Aplikasi Pengolah Data Terbaik di PC dan Android

Aplikasi Pengolah Data – Di era digital seperti saat ini, pengolahan data merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebab, saat ini ada banyak sekali data yang perlu diolah dan digunakan untuk banyak keperluan.

Data adalah sebuah atau kumpulan informasi yang berupa fakta dalam bentuk apa saja, bisa angka, simbol, kata-kata, ataupun gambar yang diperoleh dari hasil pengamatan pada sumber tertentu.

Ibarat makanan, data adalah bahan mentah yang harus diolah hingga menjadi sesuatu yang informatif dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan, pengolahan data merupakan manipulasi data atau penggambaran dari sebuah fakta yang bisa diolah dan dibentuk oleh manusia ataupun mesin menjadi sebuah kesatuan yang bersifat informatif.

Sejak lama, sudah banyak orang yang memanfaatkan teknologi digital untuk pengolahan data, terlebih di era ini.

Teknologi yang dimaksud adalah sebuah perangkat lunak yang khusus dibuat untuk mengolah data menggunakan komputer.

Jika Anda memerlukan perangkat lunak atau aplikasi untuk pengolahan data, berikut ini beberapa aplikasi pengolah data rekomendasi dari Tisucoding.

Macam-macam Contoh Aplikasi Pengolah

1) Microsoft Word

Download software microsoft word

Aplikasi yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga banyak orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, dan banyak lagi lainnya membutuhkan Microsoft Word.

Aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office ini biasanya sering digunakan untuk mengolah data berupa teks, membuat laporan, dan lain sebagainya.

Microsoft Word memang dikhususkan untuk mengolah kata dan berperan untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan teks, dokumen, dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, aplikasi pengolah data yang satu ini sudah mengeluarkan banyak versi sejak tahun 90-an. Seiring dengan perkembangannya, semakin canggih pula tools Microsoft Word.

Bahkan, kini fungsinya bukan hanya sebatas untuk pengolahan data, tetapi juga sudah bisa digunakan untuk pengolahan angka.

2) Microsoft Excel

Download software Microsoft Excel

Selain Microsoft Word, aplikasi yang sangat dikenal masyarakat luas adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data yang juga didistribusikan oleh Microsoft Coorporation yang bisa digunakan untuk memproses dan menganalisis data berupa angka.

Pengolahan data ini berkaitan dengan pembuatan grafik, tabel, hingga formula atau rumus-rumus angka.

Pada Microsoft Excel, Anda bisa mengurutkan, menjumlahkan, mencari rata-rata, hingga menyusun data-data yang dibutuhkan untuk dianalisis.

Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk menyelesaikan persamaan-persamaan yang rumit.

Ada banyak fitur yang memudahkan para pengguna untuk keperluan analisis, di antaranya kolom, baris, diagram, tabel, fungsi sum, fungsi average, fungsi if, fungsi vlookup, dan masih banyak lagi lainnya.

3) Microsoft Powerpoint

Aplikasi pengolah data

Sama seperti duo Microsoft sebelumnya, yaitu Microsoft Word dan Excel, Microsoft Powerpoint juga termasuk perangkat lunak yang paling sering digunakan banyak orang.

Microsotf Powerpoint merupakan sebuah aplikasi yang juga termasuk dalam Microsoft Office dan biasa digunakan sebagai media presentasi.

Aplikasi ini cukup digemari sebagai media presentasi karena mudah digunakan, meski oleh mereka yang baru menggunakannya. Tampilannya yang berupa slide juga merupakan salah satu alasan aplikasi ini sangat diandalkan.

Kehadiran Microsoft Powerpoint membuat presentasi berjalan dengan lebih mudah. Apalagi, aplikasi ini juga didukung oleh banyak fitur yang sangat canggih.

Selain itu, latar presentasi bisa didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika membutuhkan hard copy, presentasi yang ditampilkan melalui aplikasi Powerpoint juga bisa dicetak dengan mudah.

4) Adobe Reader

Download aplikasi Adobe Reader

Adobe Reader sudah diandalkan sejak lama untuk mengolah data berupa kata. Perangkat yang satu ini merupakna satu dari sekian banyaknya aplikasi file PDF yang terbaik.

Fungsi dari Adobe Reader adalah membantu Anda dalam membuka dokumen, khususnya untuk dokumen dengan format ‘.pdf’.

Selain bisa digunakan untuk membaca file dengan format PDF, program pengolah data Adobe Reader juga bisa digunakan untuk membuat file PDF hingga mengamankan file PDF.

5) dBase IV

Aplikasi data dBase IV

DBASE merupakan salah satu program untuk mengolah data dalam jumlah besar atau banyak. DBASE biasa juga disebut Database Program.

Perangkat yang dibuat oleh Wayne Ratiff ini pertama kali dipasarkan dengan nama dBASE II dan terus berkembang seiring dengan kebutuhan.

DBASE IV yang mulai dipasarkan pada akhir 1988 merupakan perkembangan dari dBASE II, dBASE III, dan dBASE III Plus.

Software pengolah data yang satu ini memiliki operator-operator untuk mendukung pengolahan data, seperti operator matematik, operator relational, operator logika, hingga operator string.

6) Foxpro

Download aplikasi Foxpro

FoxPro adalah sebuah sistem database management yang berorientasi pada objek. FoxPro pertama kali dibuat oleh Fox Software.

Nama FoxPro sebetulnya sudah dihentikan pada tahun 1994 dan beruah menjadi Visual FoxPro. Sayangnya, Visual FoxPro juga berhenti pada tahun 2007 saat Microsoft merilis patch SP2.

7) My SQL

Aplikasi pengolah data My SQL

My SQL adalah sebuah sistem manajemen data relasional dengan menggunakan model client-server.

Cara kerjanya MY SQL pertama MY SQL membuat database untuk menyimpan, melakukan manipulasi data, dan menentukan keterkaitan antara tabel yang satu dengan tabel yang lainnya.

Selanjutnya, klien akan membuat permintaan dengan mengetikkan pernyataan SQL yang spesifik pada perangkat MY SQL.

Kemudian, aplikasi server akan merespons dengan memberikan informasi yang sesuai dengan permintaan.

Dari sisi klien, informasi ini akan muncul dan biasanya akan diberitahukan My SQL GUI informasi mana saja yang harus digunakan.

Nah, semakin ringan dan mudah dimengerti suatu GUI, semakin cepat pula aktivitas manajemen data yang dilakukan.

8) Microsoft Access

Download Microsoft Access

Microsoft Access biasanya digunakan pada komputer relasional dan bisa digunakan secara gratis.

Bukan hanya untuk keperluan kantoran, komputer-komputer rumahan yang biasa digunakan untuk kegiatan ringan pun banyak yang menggunakan Microsoft Access sebagai perangkat pengolahan datanya.

Beberapa data yang biasa dibaca oleh Microsoft Access adalah data dengan format Microsoft Access, Microsoft SQL Server, Oracle Database, MiMicrosoft Jet Database Engine, dan berbagai data yang mendukung penggunaan Oracle Database.

9) Postsgre SQL

Aplikasi Postsgre SQL

Aplikasi pengolahan data ini berfungsi sebagai alat untuk membangun database server yang sifatnya open source.

Perangkat lunak yang berlisensi General Public License (GPL) ini mampu dioperasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman, seperti C, C++, PHP, Java, dan bahasa pemrograman lainnya.

Bisa dikatakan aplikasi ini memiliki bahasa program yang cukup lengkap.

Aplikasi database gratis ini juga bisa digunakan untuk mendistribusikan atau memodifikasi data secara bebas dan tidak berbayar alias gratis.

Oleh karenanya, banyak juga yang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pribadi selain dari kepentingan umum, bahkan kepentingan perusahaan hingga instansi.

10) Oracle Database

Oracle Database Aplikasi Pengolah Data

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah ataupun belum pernah sama sekali mendengar perangkat bernama Oracle.

Namun sebetulnya, Oracle merupakan aplikasi database gratis yang sudah cukup populer dan telah banyak digunakan individu ataupun kelompok. Fungsinya masih sama, yaitu untuk mengolah data.

Hanya saja, Oracle bisa dikatakan unggul dibandingkan aplikasi sejenisnya. Kemampuannya dalam menyimpan data yang cukup besar hingga ukuran tera byte adalah keunggulannya.

Selain itu pengunduhan dan penggunaan aplikasi pengolah database ini tergolong mudah digunakan, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Sistem basis datanya juga bisa digunakan untuk berbagai jenis dan merek komputer.

Artikel Terkait

Rendra Giovani
Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan