Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

10 Aplikasi Pemotong Video Paling Cepat dan Mudah

5 min read

aplikasi pemotong video TERBAIK
Jika ingin memotong video dengan cepat, maka gunakanlah aplikasi pemotong video berikut ini!

Tisucoding.com – Anda memiliki beberapa video dan ingin memotong beberapa bagian untuk jadikan satu? Jika iya maka saat ini Anda tidak perlu merasa khawatir lagi, sebab ada banyak sekali aplikasi pemotong video yang bisa digunakan pada perangkat Android maupun PC.

Nah, di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi di android dan PC terbaik, diantaranya:

Aplikasi Pemotong Video Terbaik di Android

Pertama Anda beberapa aplikasi yang ada di bawah ini akan mendukung aktivitas untuk memotong atau sebagai penyambung video tanpa harus menggunakan perangkat PC.

Anda bisa dengan mudah melakukannya di ponsel kesayangan Android. Langsung saja berikut beberapa aplikasi tersebut.

1. VideoShow

Aplikasi pemotong video

Aplikasi Videoshow menjadi salah satu aplikasi cutting video di android yang banyak dicari pasalnya menyuguhkan berbagai fitur editing menarik.

Para pengguna di sini dapat menikmati fitur standar untuk edit dan potong video, stiker, teks, efek, serta tema sesuai selera. Cara penggunaannya tergolong mudah, bahkan jika Anda pemula.

Selain memotong video Anda juga bisa melakukan beberapa hal seperti halnya dengan memberikan efek dubbing di video, jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai aplikasi edit video Android untuk konten vlog.

Kelebihan:

  • Memiliki opsi berbagai filter serta stiker.
  • Cukup powerful dalam berbagai kondisi
  • Memiliki user interface yang mudah, layaknya aplikasi edit video Android lainnya.

Kekurangan:

  • Opsi berbayar perbulannya.
Detail Informasi VideoShow – Video Editor
Developer VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc
Size 24M
OS Minimal Android 4.0.3
Rating 4,6 (Google Play)
Jumlah Download 100,000,000+

2. FilmoraGo

FilmoraGo aplikasi untuk android

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pemotong video di android yang bernama Filmargo dengan mengunduhnya pada playstore.

Opsi yang di sediakan di dalam video cutter yang satu ini tergolong mudah sehingga Anda pemula pun tidak perlu merasa khawatir lagi.

Bukan sekadar itu saja aplikasi ini juga didukung berbagai macam fitur praktis, yang mana akan menjadikan kemudahan lebih ketika menggunakannya. Berikut beberapa kelebihannya.

Kelebihan

  • Dukungan yang ada tidak kalah jika dibandingkan dengan versi PC/laptop
  • UI tergolong sangat mudah untuk dimengerti bagi pengguna awam
Detail Informasi FilmoraGo – Free Video Editor
Developer WONDERSHARE TECHNOLOGY CO.,LIMITED
Size 35M
OS Minimal Android 4.2
Rating 4,0 (Google Play)
Jumlah Download 10,000,000+

3. Quik

Quik aplikasi video

Quick adalah juga bisa dijadikan salah satu pilihan aplikasi pemotong video terbaik di perangkat Android yang mudah dimengerti dan dapat digunakan untuk mengedit video vlog.

Aplikasi Quik sendiri memang sudah cukup populer di kalangan vlogger. Bagi Anda yang suka dengan hobi vlog maka tidak ada salah mencoba aplikasi ini dalam membuat video. Langsung saja, silahkan di download free video cutter for android di bawah ini.

Detail Informasi Quik – Free Video Editor
Developer GoPro
Size 99M
OS Minimal Android 5.0
Rating 4,7 (Google Play)
Jumlah Download 100,000,000+

4. InShot

InShot aplikasi pemotong video

Setelah Anda punya dan menginstall aplikasi edit video InShot untuk memotong video amka langkah pertama Anda mana dapat dilakukan adalah masuk ke aplikasi.

Jika ini adalah kali pertama bagi Anda masuk maka nantinya akan disuguhkan tiga menu di antaranya adalah Video, Photo, serta juga Collage

Detail Informasi InShot – Video Maker
Developer InShot Inc.
Size 36M
OS Minimal Android 4.3
Rating 4,8 (Google Play)
Jumlah Download 100,000,000+

5. Viva Video

Aplikasi Viva Video

Saat memikirkan aplikasi pemotong video terbaik pada mobile mungkin satu aplikasi yang terlintas pada pikiran Anda adalah Viva Video.

Hal yang membuatnya populer dan disukai oleh banyak orang adalah karena Viva Video tersedia secara gratis bahkan juga didukung dengan cukup banyak filter, tema, dan juga efek video. Luar biasa bukan?

Apabila Anda ingin menggabungkan aplikasi kamera bersama video editing, maka tidak perlu merasa khawatir! Viva Video juga didukung dengan fitur tersebut juga.

Selain dapat digunakan untuk memotong video kebutuhan dan keinginan, Anda juga dapat menggunakan fitur lainnya misalnya saja seperti capture modes yang beberapa pilihan diantaranya fast motion, slow motion, FX dan music video.

Kelebihan

  • Cocok jika digunakan untuk membuat video pada Instagram
  • Ada berbagai macam pilihan filter, tema dan juga video efek gratis serta berbayar

Kelemahan

  • Ada banyak iklan
Detail Informasi VivaVideo – Video Editor
Developer InShot Inc.
Size Bervariasi (Berdasarkan Perangkat)
OS Minimal Bervariasi (Berdasarkan Perangkat)
Rating 4,5 (Google Play)
Jumlah Download 100,000,000+

Aplikasi Pemotong Video PC Ringan

1. Bandicut

Bandicut aplikasi video pc

Bandicut adalah salah satu aplikasi pemotong video mudah dan cepat yang tergolong sangat kompatibel bagi Anda dengan perangkat PC bersistem Windows.

Anda bisa melakukan pemotongan video tanpa encoding jadi kemungkinan bisa dapat memilih sekaligus memotong beberapa bagian dari video dengan cepat dan hasil kualitas video tidak diragukan lagi.

Bukan hanya itu saja, dari aplikasi Bancidut Anda pun bisa memilih beberapa bagian untuk dimotong, menghapus satu mauoun lebih bagian pada video, atau juga memisahkan video dalam beberapa jenis file.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Bandicut :

  • Video dapat dipotong secara mudah bahkan dengan waktu yang relatif cepat.
  • Bisa memotong video dengan berbagai macam format
  • Anda bisa dengan mudah memotong video kemudian membagikan file serta menggabungkannya tanpa harus mengurangi kualitasnya
  • Video dapat dipotong lebih tepat yakni antara frame pada video yang dipilih

Bukan sekadar menawarkan aplikasi dengan versi gratis saja ya, jika Anda ingin tools yang lebih bagus maka bisa menggunakan verso berbayar.

Kedua versi memiliki perbedaan terutama untuk free atau gratis yang mana ada batasan tertentu. Tapi tidak ada yang salah jika Anda ingin mencobanya.

2. VirtualDub

Aplikasi video VirtualDub

VirtualDub adalah aplikasi pemotong durasi video perangkat PC berbasis Windows dengan lisensi di bawah GNU General Public License atau GPL.

Meskipun tergolong sebagai Software yang sederhana namun tetap bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan dalam mengedit video misalnya saja memotong maupun menggabungkan video.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya adalah adanya fitur Deshaker.

Fitur satu ini dapat meredam getaran yang terdapat di video di saat Anda pengambilan video atau tersebut menstabilkan video yang tergolong bergoyang – goyang.

Anda pun dapat bisa melihat dua layar preview agar dapat membedakan hasil sebelum serta sesudah video yang sudah diedit. Hal paling penting dari semua fitur di atas yakni Anda menggunakannya secara gratis.

3. OpenShot

OpenShot aplikasi pemotong video di pc

Aplikasi pemotong video Openshot sebelumnya bisa digunakan hanya untuk mengedit video serta hanya dapat dijalankan pada PC degan operasi Linux.

Namun semenjak tahun 2014 OpenShot mulai menawarkan beberapa fitur yang tergolong sederhana dan mendukung untuk PC dengan sistem Windows 64 Bit. Fitur aplikasi terbaru ini didukung dengan versi gratis

  • Mengedit video terasa lebih cepat dengan adanya fitur timeline.
  • Di dukung dengan banyak model setidaknya lebih dari 30 transisi
  • Tersedia transisi otomatis yang mana pada saat Anda menggabungkan video maupun gambar jadi bisa langsung diedit.
  • Terdapat banyak efek image
  • Ada fitur transformasi yang mana bisa digunakan untuk mengecil atau membesarkan video serta memindahkan video secara mudah.

4. Lightworks

Lightworks pemotong video

Lightworks merupakan software aplikasi  video cutter terbaik yang profesional dan bisa digunakan oleh semua pengguna termasuk pemula.  Lightwork didukung dengan dua versi, yakni versi gratis serta versi pro berbayar.

Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari versi gratis yakni Anda diharuskan melakukan Activation dengan rutin agar bisa tetap menggunakan software ini.

Hanya saja pada proses aktivasi mungkin tergolong cukup simple serta tidak akan memakan waktu yang banyak jadi Anda pun tidak perlu merasa terganggu pada aturan satu ini.

Dengan versi gratis tetap saja Anda akan bisa mengekspor video jadi MPEG beresolusi maksimal 720p.

5. VideoPad

aplikasi VideoPad gratis

VideoPad adalah software editing video pada PC yang memberikan berbagai macam kemudaan digunakan untuk melakukan proses editing video.

Bahkan jika Anda masih termasuk pemula juga tidak perlu merasa khawatir lagi sebab beberapa fitur dan tools yang ada di dalamnya tergolong sangat sederhana.

PC yang digunakan untuk aplikasi ini juga tidak terlalu rumit sebab didukung pada berbagai macam PC termasuk dengan PC dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Ukuran file yang akan dibuat dari aplikasi ini rendah dan didukung dengan berbagai macam format.

Di atas adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit video yang mana bisa Anda gunakan untuk memotong video.

Selain bisa digunakan pada perangkat PC Anda yang memiliki smartphone juga tetap bisa memotong video dengan beberapa pilihan aplikasi pemotong video terbaik di Android. Selamat mencoba.

Topik Terkait:

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi