Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

7 Aplikasi Pembuat Musik Terbaik di PC

3 min read

aplikasi pembuat musik pc terbaik
Beberapa aplikasi pembuat musik di PC ini bisa Anda coba untuk berkreasi senidiri. Aplikasi ini digunakan oleh profesional maupun pemula.

Tisucoding.com – Apakah Anda memiliki cita-cita untuk mulai melakukan produksi musik Anda sendiri? Apabila iya, maka sekarang ini terdapat beberapa aplikasi pembuat musik PC yang tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Tentu jika dahulu Anda hanya mengetahui produser saja yang mampu menciptakan musik, namun Anda dapat mulai mempelajarinya dengan gaya Anda sendiri.

Anda dapat  mulai mempelajari tentang musik yang Anda suka seperti jazz, rock, pop, dan genre yang lain melalui aplikasi ini. Hal terpenting, meskipun Anda pemula, Anda dapat mengaksesnya karena terdapat fitur yang memang memudahkan untuk Anda.

Anda dapat menambahkan instrument, atau membuat sebuah melodi yang baru setelah mengetahui fitur di dalamnya.

Aplikasi Pembuat Musik PC Gratis

Sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi yang mungkin bisa Anda temukan dengan mudah secara online, namun banyak diantaranya yang jutsru merusak PC dan tidak memiliki fitur unggul yang Anda cari.

Maka dari itu, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat musik Anda sendiri:

1. Image-Line FL Studio 2

Aplikasi pembuat musik pc

Sekilas, nama yang dimiliki oleh kedua aplikasi ini hampir sama. Namun, kegunaan yang ada di dalamnya memiliki beberapa perbedaan. Jenis Image-Line ini lebih cocok untuk Anda yang menyukai musik EDM atau Electronic Dance Music, yang tentunya sekarang ini tengah populer.

Banyak sekali efek-efek elektronik yang akan membuat musik Anda menjadi lebih berwarna.

Fitur yang dimiliki dalam beberapa tombolnya tidak terlalu berbeda, namun Anda tetap dapat melihat tutorialnya di website atau youtube agar lebih dapat melakukan eksplorasi lebih jauh. Pastikan bahwa Anda yang pemula dapat menguasai aplikasi ini dengan cepat.

2. FL Studio Mobile

FL Studio Mobile aplikasi musik pc

Beberapa musisi internasional seperti Alan Walker salah satunya disebut menggunakan FL Studio Mobile saat awal mula berlatih membuat musik.

Aplikasi ini memang sangat mudah untuk digunakan oleh pemula, dengan fitur yang sangat user friendly. Tidak heran, akhirnya aplikasi ini banyak digunakan oleh musisi pemula untuk meracik sebuah musik.

Fitur advance atau pemula biasanya dilengkapi dengan beat, kick, dan hat yang akan membuat inovasi musik yang Anda buat semakin asyik dan berkembang. Anda juga dapat menggunakan fitur editing serta mixing musik dengan cara yang mudah menggunakan aplikasi yang satu ini.

3. Steinberg Cubase 10

Steinberg aplikasi musik pc

Apabila aplikasi yang sebelumnya lebih diberikan untuk pemula, berbeda dengan yang satu ini. Aplikasi ini lebih sering digunakan untuk semi profesional dan profesional yang membuat musik tidak hanya untuk efek EDM.

Anda dapat melakukan produksi untuk banyak genre musik disesuaikan dengan kebutuhan pasaran Anda.

Anda dapat mengatur setiap signature key yang ada di dalam aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi lain yang terkadang masih memiliki template, Anda dapat mengatur musik atau MIDI Anda sendiri dengan mudah.

Tentu saja, skill yang Anda butuhkan sedikit harus meningkat, karena segalanya lebih sering dilakukan secara manual.

4. Ableton Live 10

Aplikasi PC

Mixing atau aplikasi ini sampai sekarang masih populer untuk digunakan. Bahkan tidak hanya untuk editing lagu, namun Anda mungkin akan sering melihat aplikasi ini digunakan untuk membuat stabil suara atau audio.

Fitur yang dimilikinya begitu sederhana, dan membuat Anda dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah, tidak hanya satu audio saja yang dapat Anda edit namun lebih dari dua video.

Anda dapat melakukan split hingga cutting audio sesuai kebutuhan Anda. Tidak heran beberapa orang menggunakan ini untuk membuat musik pembuka dan penutup dalam suatu konten.

5. GarageBand

GarageBande Aplikasi pembuat musik

Anda pecinta Macbook dari Apple? Maka sudah pasti mengetahui aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini terhitung gratis untuk Anda akses, dan menjadi salah satu aplikasi untuk pemula dengan tools atau fitur yang sangat luar biasa.

Salah satu jenis efek yang menarik adalah virtual drummer yang membuat musik Anda menjadi lebih hidup.

6. Music Maker JAM

Aplikasi Music Maker JAM

Apabila Anda menggunakan android, maka music maker ini dapat menjadi pilihan yang terbaik. Terdapat banyak sekali efek mulai dari beats hingga ribuan loops yang disediakan.

Uniknya, aplikasi ini juga dapat dengan mudah membagikan musik yang telah Anda buat ke media sosial.Anda tidak perlu kesulitan membuat musik Anda diketahui khalayak.

7. Presonus Studio One 4

Presonus Studio pembuat musik

Selanjutnya, software atau aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah presonus yang sebenarnya juga cocok untuk pemula maupun profesional dengan menawarkan berbagai macam ragam efek yang menarik.

Aplikasi ini juga masih tergolong gratis untuk diakses.

Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah software ini memiliki tools yang cukup banyak, dan membuat Anda harus rajin dalam melakukan explore ke berbagai macam tools yang ada di dalamnya.

Pastikan Anda dapat memproduksi musik Anda secara maksimal dengan aplikasi yang Anda pilih.

Sambil membuat musik, tentu akan lebih nyaman dengan mendengarkan lagu. Pastikan menggunakan aplikasi pemutar musik terbaik agar kualitas suara tetap bagus. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir di Tisucoding.com

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi